present perfect tense: panduan lengkap dan praktis

Present Perfect Tense: Panduan Lengkap dan Praktis

Belajar tentang tenses  dalam bahasa Inggris memang tidak mudah karena banyak sekali jenisnya yang harus dipahami. Salah satu jenis tenses  yang wajib dipahami adalah present perfect tenses. Karena banyak sekali jenisnya terkadang beberapa jenis membuat kita ragu untuk menggunakan karena memiliki kesamaan.

Padahal apabila diteliti lagi ternyata konteks penggunaan tenses ini  sangat terlihat perbedaannya. Salah satu kesulitan yang sering ditemukan oleh  pemula dalam belajar bahasa Inggris adalah present perfect tenses. 

Jenis tenses yang satu ini biasanya digunakan untuk menunjukkan hal yang sudah selesai pada waktu sekarang tetapi memiliki kaitannya di masa mendatang. Perlu dipelajari dengan baik sehingga  kamu bisa menerapkan pada jenis kalimat yang tepat dan tidak membuat penggunaan bahasa Inggris kamu  menjadi kurang baik. 

Mengenal Present Perfect Tense

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa present perfect tenses  merupakan pola kalimat yang digunakan untuk menunjukkan peristiwa yang akan selesai di waktu sekarang tetapi masih memiliki kaitannya dan tidak ada keterangan waktu dalam penggunaannya. Kalimat ini memberikan penekanan pada sesuatu hal yang selesai dilakukan.

Penggunaan tenses dalam bahasa Inggris memang beragam dan harus disesuaikan dengan waktu penyampaian. Sebenarnya belajar present perfect tenses  dan beberapa jenis tenses lainnya bisa dilakukan dengan mudah,  secara otodidak maupun mengikuti kursus bahasa Inggris terbaik.

Baca Juga :
Cara Menggunakan Present Perfect Tense

Mengetahui Fungsi Present Perfect Tenses

Sebenarnya apa fungsi present perfect tenses? Seperti jenis tenses lainnya tentu bisa digunakan untuk menyatakan waktu dari sebuah peristiwa. Tapi untuk present perfect tenses memiliki dua fungsi, yaitu:

  • Dapat menyatakan sebuah peristiwa yang telah selesai dikerjakan atau telah terjadi ketika kalimat tersebut diucapkan dan memiliki dampak dari peristiwa tersebut yang akan dirasakan akibatnya. (contoh: I have cleaned the room -> akibatnya, kamu bisa merasakan dari ruangan yang telah dibersihkan sehingga lebih nyaman).
  • Dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu yang terjadi dari waktu di masa lampau dan masih memiliki hubungannya dengan waktu sekarang,  ketika kalimat tersebut diucapkan. (contoh: he has lived here since 2000)

Dengan memahami contoh kalimat, tentu kamu juga bisa memahami fungsi present perfect tenses. 

Kapan Present Perfect Tense Digunakan?

Jadi present perfect tenses dapat digunakan untuk menunjukkan waktu masa kini dan masa lalu. Tindakan yang diucapkan sebelum sekarang, tetapi tidak secara spesifik dan bisa menghasilkan sebuah akibat daripada tindakan tersebut.

Present perfect tenses dapat digunakan untuk hal yang dilakukan saat ini, tetapi memiliki dampak di masa mendatang. Ada kalimat present perfect tenses  yang digunakan untuk mendeskripsikan, seperti berikut:

  • I have lived in Canada since 1995 (sampai sekarang masih tinggal di Kanada). Kalimat tersebut dapat menunjukkan tindakan atau situasi yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga saat ini.
  • Kemudian ada tindakan yang dilakukan selama periode waktu yang belum selesai atau berakhir. Contoh: He has been to the Cinema Twice this week (menunjukkan minggu ini belum berakhir).
  • Digunakan untuk mengungkapkan tindakan berulang dalam periode yang tidak ditentukan antara masa lalu dan saat ini. Contoh: We have visited Canada  several times. 

Jadi present perfect tenses  dapat digunakan untuk menjelaskan antara hubungan masa kini dan masa lalu dengan waktu tindakan maupun kejadiannya dilakukan sebelum sekarang,  tetapi tidak spesifik.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Rumus Present Perfect Tenses

Untuk menyusun rumus present perfect tenses,  tentu kamu harus memahami rumusnya.  Tense yang satu ini Jenis lebih mudah dikenali karena menggunakan kata kerja bentuk verb ketiga. Rumusnya seperti berikut:

  • Rumah verbal digunakan apabila kalimat tersebut menggunakan kata kerja. 

(+) S + have/has + V3 

(-) S + have/has + not + V3

(?) have/has + S + V3

Perlu diketahui bahwa “have”  digunakan untuk subjek I, You, We, They. Sedangkan Has  akan digunakan untuk  subjek He, She, dan It.

  • Rumus nominal, digunakan jika kalimat tidak menggunakan kata kerja, misalnya menggunakan kata sifat, kata keterangan, atau kata benda.

(+) S + has/have + been + adjective/adverb/noun

(-) S + has/have + not + been + adjective/adverb/noun

(?) has/have + S + adjective/adverb/noun?

Penggunaan Present Perfect Tense Menggunakan Question Words

Penggunaan rumus tersebut sangat penting, sebab bisa menunjukkan waktu yang tepat dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada juga penggunaan rumus question words, seperti berikut contoh kalimat present perfect tenses:

  • QW + Have/has + been + S + V3 + past participle + O

Contohnya: why have you moved the tables? 

Tetapi jika question word  menanyakan subjek,  maka susunan kalimat bisa dibuat seperti berikut:

  • QW + have/has + V3+ C

Contohnya: who has painted the door? 

Contoh Kalimat Present Perfect Tenses

Ada banyak contoh present perfect tenses yang sering digunakan, seperti berikut:

  • I’ve lost my book (saya telah keh kehilangan kunci)
  • Budi has gone to Malaysia (Budi sudah pergi ke Malaysia)
  • Tika has Finished her task ( Tika sudah menyelesaikan tugasnya)
  • Tika has not moved to Surabaya with her family (Tika tidak pindah ke Surabaya bersama keluarganya)
  • Budi and I  have turned in the assignment (Saya dan Budi sudah mengumpulkan tugas)
  • I’ve eaten 5 times in a day (Saya sudah makan 5 kali sehari)

Masih banyak contoh lain dari present perfect tenses,  bahkan ada lebih dari 100 contoh present perfect tenses yang bisa kita temui dalam kegiatan sehari-hari. Kamu juga bisa mulai menerapkan penggunaan present perfect tenses  apabila sudah memahami dengan baik susunan rumusnya dan kapan perlu digunakan.

Baca Juga:
Mengenal Perbedaan Did dan Do

Penutup

Present perfect tenses merupakan pola kalimat yang sering digunakan untuk menunjukkan sebuah kejadian yang sudah selesai pada waktu sekarang tetapi masih memiliki kaitannya dan tidak disebutkan keterangan waktu. Jadi penekanan kalimat lebih ke arah perbuatan yang sudah selesai tetapi memiliki dampak kedepannya. Banyak manfaat ketika kamu memilih ICAN English sebagai kursus bahasa Inggris. Kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi tes kemampuan bahasa Inggris sesuai kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi