Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Lulus kuliah dari jurusan bahasa Inggris lebih banyak dihubungkan dengan prospek karier bidang edukasi maupun mengajar. Padahal, prospek kerja lulusan pendidikan bahasa Inggris sangat banyak. Kamu bisa berkarier di bidang konselor, penasihat karier,dan lain-lain.

Bagi mahasiswa yang sudah lulus maupun masih kuliah jurusan bahasa Inggris, tidak perlu khawatir dengan karier di masa depan. Pandai berbahasa Inggris membawa kamu memiliki karir bagus. Banyak perusahaan yang merekrut lulusan bahasa Inggris.

10 Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Skill yang dimiliki mahasiswa jurusan bahasa Inggris yaitu listening, speaking, reading, writing dan grammar. Semua keterampilan tersebut tidak hanya dibutuhkan dalam bidang pendidikan saja, tetapi juga di bidang bisnis, hingga industri lainnya.

Berikut adalah apa saja prospek kerja lulusan pendidikan bahasa Inggris:

1. PR atau Marketing

Lulusan pendidikan bahasa Inggris dapat berkarier di bidang Public Relations (PR) atau marketing. Aset yang akan membantu kamu memiliki karier ini diperoleh dari mata kuliah creative writing atau copywriting.

Jurusan pendidikan bahasa Inggris membuat kamu mempelajari cara bersosialisasi kepada banyak orang, menjadi lebih kreatif dan bagaimana cara menyampaikan ide. Berkarier di bidang Public Relations mengharuskan kamu berkomunikasi dengan orang dalam usaha memasarkan produk maupun berbagi informasi.

Kamu bisa memiliki karir sebagai seorang social media manager dan copywriter. Pilihan lainnya adalah menjadi account executive.

2. Media atau Jurnalisme

Prospek karir lulusan bahasa Inggris selanjutnya adalah berkarier di bidang media atau menjadi jurnalis. Dengan memilih jurusan bahasa Inggris pada saat kuliah, kamu dapat mengajarkan bahasa asing kepada orang lain.

Selain itu, kamu bisa belajar menulis dengan baik dan benar menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Lulusan jurusan bahasa Inggris memiliki kemampuan berpikir lebih kritis dan dapat menganalisis.

Karir media atau jurnalisme membutuhkan skill berpikir kritis dan kemampuan analisa. Kamu bisa mengerti inti permasalahan, sehingga dapat menyampaikan dengan objektif. Adapun  karir yang bisa kamu pilih adalah reporter, jurnalis, penulis berita dan content writer. 

Baca juga:
Percakapan Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

3. Human Resource

Lulusan pendidikan dari jurusan bahasa Inggris dapat berkarir di bidang human resource. Tugas yang akan kamu jalani adalah merekrut, menilai, mewawancarai dan menempatkan kandidat.

Seseorang dengan karir human resource harus mempunyai keahlian interpersonal skill yang baik, mampu mendengarkan dan berbicara yang bagus, dan perhatian dengan detail. 

Keahlian interpersonal kamu akan dilatih dan digali dengan cara mengerti sikap dan perilaku mahasiswa di jurusan ini. Kamu diajarkan untuk berempati kepada orang lain dan mampu menyampaikan pendapat sesuai data dan fakta.

Skill tersebut merupakan komponen penting dan dibutuhkan untuk seseorang berkarir di bidang human resource. Karir yang kamu pilih, yaitu staf human resource perusahaan sampai menjadi human resource specialist.

4. Digital Copywriter

Prospek kerja lulusan pendidikan bahasa Inggris yaitu digital copywriter. Tanggung jawabnya adalah memproduksi konten untuk website.

Kamu dapat memiliki karir secara freelance maupun bekerja sebagai karyawan di perusahaan. Tugas kamu adalah menyampaikan keunggulan pada sebuah produk atau pelayanan, serta memproduksi pengetahuan dan konten pendukung.

5. Private Tutor

Apabila kamu tidak berkeinginan bekerja di lingkungan pendidikan formal, kamu dapat memilih karir menjadi private tutor bahasa Inggris. Waktu yang digunakan untuk private tutor tidak harus lama dan tidak setiap hari. Atau, kamu bisa menjadi  online tutor.

Kamu dapat mengimplementasikan pelajaran sesama kuliah yang membuat bekerja lebih rileks. Memilih karir private tutor menjadi pilihan yang tepat. 

6. Konsultan Pendidikan

Memilih karir sebagai konsultan pendidikan memerlukan ilmu dan pengalaman pada saat mengajar. Pengalaman tersebut berguna untuk mengembangkan kurikulum.

Kamu dapat berkarir dengan organisasi dan berlatih mengenali sampai mendukung kebutuhan organisasi tertentu. Memilih karir menjadi konsultan pendidikan bahasa Inggris, wajib mempunyai bekal ilmu general yang dibutuhkan maupun spesifikasi dalam bidang tertentu. 

7. Copy Editor / Proofreader

Prospek kerja lulusan bahasa Inggris yang dapat kamu pilih yaitu copy editor / proofreader. Dengan memilih karir ini, tugas dan tanggung jawab penting kamu yaitu memastikan sebuah tulisan atau konten jelas, konsisten, lengkap serta kredibel. Tugas lainnya adalah mengedit dan memperbaiki sebuah kesalahan kata, memastikan tulisan sudah layak ditayangkan.

8. Konselor

Berkarir di bidang konselor, akan membuat kamu berkomunikasi dengan klien. Hal yang kamu lakukan adalah mendengarkan dan memberikan empati. Kamu akan bergerak di bidang, seperti: masalah hubungan personal, penyakit, job uncertainty dan gangguan kecemasan.

Sebagai konselor kamu tidak langsung memberikan solusi. Akan tetapi, kamu akan membantu klien dalam menemukan solusi untuk dirinya sendiri. Tidak cuma untuk individu dan personal, seorang konselor bisa berkarir untuk grup dan organisasi tertentu. 

9. Information Officer

Memilih karir di bidang information officer, kamu akan berhubungan dengan electronic information seperti database, content management system, dan sumber informasi digital. Tugas penting kamu yaitu mengelola informasi dan bekerja dengan pihak internal dan eksternal perusahaan. Mempunyai dasar pengetahuan bahasa Inggris tentu membuat kamu mampu mengelola informasi dengan baik. Information officer seringkali bergerak diberbagai bidang seperti karir, komersial, pendidikan, finansial, kesehatan dan hukum.

10. Mentor Belajar / Learning Mentor

Menjadi seorang mentor membuat kamu memiliki tugas untuk membantu individu mengetahui potensi yang dimiliki dan dapat menggunakan dengan maksimal. Kamu akan berkomunikasi langsung dengan guru maupun staf lain untuk mencari tahu kebutuhan pembelajaran serta memberikan dukungan. 

Mentor belajar tidak hanya bekerja untuk sebuah organisasi, akan tetapi untuk individual juga. Mentor bukan hanya bekerja untuk membantu anak muda, namun juga untuk dewasa dan profesional. Seorang mentor  memiliki cakupan pekerjaan yang sangat luas. 

Baca juga :
Manfaat Belajar Bahasa Inggris Dalam Dunia Pendidikan

Skill Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Prospek kerja lulusan pendidikan bahasa Inggris sangat banyak. Kamu bisa memanfaatkan keterampilan komunikasi, kemampuan memahami orang lain, dan berpikir kreatif. Apalagi kamu sudah dibekali dengan kemampuan menyampaikan ide, manajemen waktu yang baik, dan mampu menghasilkan tulisan berkualitas.

Jika kamu tertarik belajar Bahasa Inggris untuk kebutuhan kuliah di jurusan ini, kamu bisa memanfaatkan tempat kursus Bahasa Inggris terbaik, ICAN English. Tidak hanya memberikan kemudahan belajar dengan dukungan tutor, kamu juga akan mendapatkan pengalaman belajar dengan metode menyenangkan.

ICAN English memastikan kamu dapat mengikuti kursus agar lebih siap menjalani perkuliahan nantinya. Atau, jika kamu sudah lulus jurusan ini, kamu bisa bergabung di kelas English for Business agar Bahasa Inggris kamu semakin fasih!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.