3 rahasia memahami soal tes toefl

Rahasia Memahami Soal Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language adalah salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang yang biasanya digunakan sebagai salah satu persyaratan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, kamu harus tahu rahasia tes TOEFL agar bisa mengerjakannya dengan baik.

Mengingat tes TOEFL memiliki bentuk soal yang cukup rumit. Sehingga, penting untuk kamu melakukan latihan dari jauh-jauh hari. Kamu bisa mengikuti kursus pelatihan khusus juga bisa melakukan latihan mandiri secara konsisten.

3 Rahasia Tes TOEFL yang Harus Kamu Tahu

Dalam tes TOEFL soal yang disajikan menjadi beberapa section diantaranya listening, reading, dan structure. Masing-masing dari bentuk soal tersebut memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Di bawah ini merupakan tips untuk menjawab soal TOEFL yang bisa kamu ikuti ketika sedang mengerjakannya.

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Skor Tes TOEFL Reading

1. Tips Menjawab Soal Listening

Pada section pertama kamu diharuskan untuk menjawab 50 soal listening dengan bentuk pertanyaan berupa audio. Di section ini akan dibagi menjadi tiga bentuk soal dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Pada tiap section tersebut kamu akan dijelaskan mengenai format soal dan cara pengisiannya,

Adapun, tips yang bisa kamu lakukan ketika menjawab bagian ini yakni, usahakan kamu sudah memahami petunjuk untuk menjawab soal. Sehingga, pada saat audio sedang menjelaskan mengenai bentuk soal, kamu bisa membaca soal dan pilihan gandanya untuk mendapatkan gambaran. Lakukan hal serupa pada tiap pertanyaan.

2. Tips Menjawab Soal Reading

Berikutnya, untuk bentuk soal reading. Pada bagian ini kamu diharuskan untuk mengisi 36-65 soal berupa teks atau narasi panjang. Untuk menjawab pertanyaannya, pertama kamu harus membaca pertanyaan dengan hati-hati dan pahami maknanya. Perlu diingat untuk tidak usah membaca teks secara penuh.

Kemudian, setelah kamu membaca soalnya, temukan kata kunci dari pertanyaan tersebut. Lalu, kamu baca teks dengan mencari kata kunci yang ada pada soal dan pilih jawaban yang sesuai. 60% jawaban dari reading section bisa kamu temukan pada kalimat yang mengandung kata kunci.

Baca Juga:
Kunci Sukses Menghadapi Tes TOEFL

3. Tips Menjawab Soal Structure

Terakhir, yakni bentuk soal structure. Adapun, tips yang bisa kamu lakukan untuk mengisi soalnya yakni, dalam menganalisis soal temukan apa yang hilang dalam kalimat tersebut. Karena, pada umumnya kalimat dalam bahasa inggris harus mengandung subjek dan predikat. Sesuatu yang hilang dalam kalimat tersebut bisa jadi merupakan jawaban yang tepatnya.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL, kamu perlu belajar secara maksimal. Kelas persiapan TOEFL tersedia di ICAN English untuk membantu kamu belajar dan mempersiapkan diri sebelum tes TOEFL dimulai.

Ketika sedang mengerjakan soal TOEFL kamu harus memberikan fokus dan mengerjakannya secara tenang. Beberapa tips rahasia tes TOEFL di atas bisa kamu jadikan gambaran ketika hendak mengerjakan soal TOEFL.

Benefit Mengikuti Tes TOEFL

TOEFL telah lama menjadi tes yang diakui secara internasional di banyak universitas di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia, namun menjadi tolok ukur bagi para profesional di profesi pengajar dan dunia bisnis.

Tes ini dibagi menjadi empat bagian: membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara, pada dasarnya semua keterampilan yang harus dimiliki siswa untuk berada di kelas akademik.

Salah satu alasan penting mengapa tes ini paling disukai oleh sebagian besar universitas dan perguruan tinggi adalah karena tes ini mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris secara akurat dan sempurna. Oleh karena itu, ini sangat dapat diandalkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi