Rekomendasi Buku Bahasa Inggris Untuk Pemula

Rekomendasi Buku Bahasa Inggris Untuk Pemula

Ada banyak rekomendasi buku bahasa Inggris untuk pemula yang bisa dijadikan acuan belajar. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisa melalui berbagai macam cara, salah satunya dengan membaca buku Bahasa Inggris.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris telah menjelma menjadi bahasa utama yang melintasi berbagai belahan dunia. Bahkan, sejumlah entitas perusahaan di Indonesia menjadikan penguasaan bahasa Inggris sebagai prasyarat esensial bagi karyawan-karyawannya, sebagai penunjang tingkat profesionalisme dalam menjalankan tugas.

Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi individu untuk menguasai bahasa Inggris, sebagai kunci utama untuk melancarkan proses komunikasi dalam ranah profesional.

Pilihan Buku Bahasa Inggris untuk Pemula

Ada banyak buku bahasa Inggris yang dapat dimanfaatkan oleh pemula untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Nah, berikut ini beberapa judual buku bahasa Inggris yang bisa dicoba.

English Classics: The Happy Prince and Other Tales

Pertama ada buku “English Classics: The Happy Prince and Other Tales” karya Oscar Wilde. Buku ini merangkum kisah-kisah menarik dalam bahasa Inggris. Jadi buku ini adalah kumpulan cerita pendek yang awalnya dirancang untuk menghibur anak-anak.

Berhasil dipublikasikan pada tahun 1888, membuat buku ini banyak diminati. Sekalipun sasarannya adalah anak-anak, namun tak ada larangan bagi kaum dewasa untuk membacanya demi meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Ada beberapa kisah pendek yang akan kamu temui dalam buku ini, seperti berikut:

  • The Happy Prince
  • The Nightingale and the Rose
  • The Selfish Giant
  • The Devoted Friend
  • The Remarkable Rocket

Salah satu ceita yang mencuri perhatian dalam buku ini ialah “The Happy Price,” dimana memaparkan kisah ketidak kegembiraan seorang pangeran setelah tubuhnya berubah menjadi patung di pusat kota. Keputusasaan datang ketika dia menyadari bahwa banyak rakyatnya menderita kelaparan. Maka, dengan murah hati, dia mewariskan kekayaan dan emasnya kepada warganya melalui perantara seekor burung layang-layang.

English Classics: The Jungle Book

Sudah pernah dengar tentang English Classics: The Jungle Book karya Rudyard Kipling? Buku ini sangat populer. The Jungle Book, sebuah judul buku dan film, menyajikan cerita yang tidak jauh berbeda dan sangat menarik. Karya ini tidak hanya sekadar cerita biasa, melainkan sebuah legenda abadi yang memadukan mitos, petualangan, dan nilai moral dalam kisah epik tentang persahabatan antara seorang anak manusia dan hewan-hewan rimba.

Mowgli, sang bocah kecil, diselamatkan dari cengkeraman harimau buas, Shere Khan, oleh kawanan serigala yang setia. Dalam lingkungan kawanan serigala, Mowgli tumbuh dan belajar aturan-aturan rimba. Bersama sahabat setianya, Baloo sang beruang, dan Bagheera si macan kumbang, Mowgli memulai petualangan di rimba dan menghadapi musuh terbesarnya, Shere Khan.

Namun, cerita tidak hanya fokus pada perjalanan Mowgli; kita juga akan terhanyut dalam fabel-fabel menarik lainnya, seperti kisah tentang Kotick sang singa laut putih, Rikki-Tikki-Tavi sang garangan berani, dan Toomai sang pawang gajah yang kecil. Selain menggunakan bahasa yang ringan, buku ini akan membantu kamu menemukan banyak kosakata baru dalam bahasa Inggris.

English Classics: The Wind In The Willows

Ditulis oleh Kenneth Grahame, seorang penulis berkebangsaan Inggris, buku berkepala “The Wind In The Willows” pertama kali menyapa pembaca sekitar tahun 1908. Keseluruhannya, karya ini mempersembahkan kisah menarik mengenai empat makhluk antropomorfik, yaitu hewan yang dianugerahi sifat dan kemampuan sebagaimana layaknya manusia.

Keempat karakter tersebut meliputi Rat, sang tikus air yang lincah; Mr. Toad, sang kodok berkepala tinggi; Mole, tikus tanah yang penuh semangat; dan Badger, sang luwak bijak. Bahkan, alur cerita yang terkandung dalam buku ini telah diabadikan dalam bentuk film, dihasilkan oleh Walt Disney pada tahun 1949, dengan judul “The Adventures of Ichabod and Mr. Toad.”

English Classics: The Wonderful Wizard of Oz

Bagi para pembaca, judul buku ini tentu sudah menjadi bagian dari kenangan tak terlupakan. Yup, inilah buku anak-anak legendaris yang melambung tinggi sejak era 1900, karya Lyman Frank Baum. Buku ini sangat cocok bagi para pemula untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, sebab bahasa yang digunakan sangat sederhana dan mudah dipahami. 

Keseluruhan cerita dalam buku ini membawa kita menyusuri petualangan seorang gadis berani bernama Dorothy Gale, yang didampingi oleh kawan-kawannya. Di antaranya terdapat Scarecrow, sang manusia jerami yang penuh hikmah; Tinman, tukang pemotong kayu yang berhasrat memiliki hati; dan Lion, si singa penakut yang berkeinginan untuk menggenggam keberanian.

English Classics: Treasure Island

Berkonsep petualangan, buku ini merupakan karya Robert Louis Stevenson yang melihat dunia pada tahun 1883. Ceritanya membawa kita ke dalam dunia perompak dan misteri harta karun yang tersembunyi di sebuah pulau.

Jim Hawkins, awalnya hanya berurusan dengan Admiral Benbow, sebuah penginapan yang dimiliki oleh ayahnya. Kesehariannya berubah drastis ketika seorang bajak laut tua mampir ke penginapan dan meninggalkan peta harta karun.

Bersama rekan-rekannya yang memiliki latar belakang beragam, termasuk seorang dokter, hakim, dan mantan kapten kapal, Jim memulai petualangan laut menuju pulau harta karun. Perjalanan mereka tidak hanya dipenuhi dengan rintangan, tapi juga dicirikan oleh pengkhianatan dari beberapa kru kapal. Meskipun Jim beberapa kali berada di ambang kematian, keberaniannya dan kerja kerasnya sungguh membuktikan nilai yang tak ternilai.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Belajar Grammar Bahasa Inggris

Tips Membaca Buku Bahasa Inggris

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membaca buku Bahasa Inggris agar lebih mudah untuk dipahami. Jika kamu belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus, tidak perlu ragu untuk membaca buku dalam bahasa Inggris. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan:

  • Cari buku bahasa inggris dengan pilihan kata-kata yang sederhana
  • Sediakan kamus sebagai pendamping
  • Pilih buku sesuai genre favorit kamu
  • Pastikan memilih buku dengan memiliki jumlah halaman standard
  • Baca ulasan atau sinopsis buku sebelumnya
  • Integrasikan kebiasaan membaca setiap hari
  • Berikan waktu istirahat saat mata lelah dari bacaan
  • Tentukan waktu membaca yang paling nyaman
  • Tandai kosakata sulit dengan pena
  • Gunakan jari atau pena sebagai panduan saat membaca
  • Temukan tempat baca yang cocok untuk kamu

Dengan beberapa tips tersebut akan mudah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi pemula. Pilih salah satu rekomendasi buku bahasa Inggris untuk pemula yang bisa membantu memahami tata bahasa serta memperbanyak kosakata dalam bahasa Inggris.

Apabila ingin lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, maka mengikuti program kursus bahasa Inggris bisa menjadi pilihan yang tepat. ICAN English bisa menjadi tempat terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dalam berbagai aspek, mulai dari listening, writing, speaking, hingga reading.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web