Rekomendasi Tempat Tes SAT di Bandung

Rekomendasi Tempat Tes SAT di Bandung

SAT adalah salah satu bagian dari skema penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Skor SAT yang tinggi bergantung pada apa tujuan yang ingin kamu capai. Mengingat ujian ini sangat penting untuk persyaratan penerimaan studi, beberapa tempat tes SAT di Bandung menyediakan program kursus persiapan.

Ujian ini terdiri dari pertanyaan pilihan ganda dan beberapa pertanyaan jawaban dalam format berbasis komputer. Tes tersebut dibuat dan dikelola oleh College Board.

Apa Perbedaan Antara ACT dan SAT?

The ACT, atau American College Testing adalah ujian populer di tingkat sekolah menengah. Pada tahun 2022, 1,7 juta siswa mengikuti SAT dan 1,35 juta siswa mengikuti ACT.

ACT dirancang untuk menguji kesiapan bakat yang sama, namun pelaksanaannya sedikit berbeda. Misalnya, ada bagian sains, sedangkan SAT tidak. Mata pelajaran ACT juga lebih luas.

Baik SAT maupun ACT adalah ujian terkenal di tingkat sekolah menengah. Beberapa perguruan tinggi lebih memilih satu tes; yang lain mungkin memerlukan keduanya. Sementara, sejumlah perguruan tinggi tidak meminta keduanya karena sifatnya opsional.

Baca Juga:
Kursus PTE di Bandung Untuk Kuliah Luar Negeri

5 Cara Latihan Persiapan SAT

Tes latihan SAT mempengaruhi kemampuan kamu dalam menguasai SAT. Berikut beberapa tip tentang bagaimana cara efektif menggunakan tes latihan dalam persiapan ujian resmi SAT.

1. Utamakan Tes Latihan Resmi

College Board adalah yang membuat pertanyaan SAT resmi, sehingga tes latihannya disediakan untuk memberikan pengalaman yang paling mirip dengan SAT resmi. Peserta tes sebaiknya tetap memprioritaskan tes latihan SAT resmi. College Board telah menyediakan 8 tes latihan gratis, untuk memberi lebih banyak pilihan bagi kandidat.

2. Latihan Tes Diagnostik

Sebelum mulai belajar SAT, sebaiknya ikuti tes diagnostik. Tes ini berfungsi sebagai dasar yang membantu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Misalnya, kamu memperoleh skor 1050 pada SAT diagnostik, maka kamu akan tahu bagian mana yang memperoleh skor terendah. Sehingga, kamu dapat meningkatkan tes latihan di bagian tersebut untuk menghadapi ujian resminya,

3. Mencetak Skor Hasil Tes Latihan

Meskipun College Board berencana untuk mengalihkan SAT ke format digital pada tahun 2024, saat ini kandidat masih terus mengikuti tes SAT berbasis kertas.

Artinya, kamu tetap harus mencetak hasil tes latihan SAT dan mengisinya dengan tangan. Berlatih di atas kertas akan memberi pengalaman yang paling mirip dengan ujian resminya.

4. Tiru Suasana Ujian SAT

Tempat tes SAT di Bandung dan di daerah lainnya memberikan suasana  yang tenang, jauh dari keramaian, dan tanpa gangguan. Jadi, untuk mempersiapkan diri menghadapi tes resmi, maka pastikan juga untuk belajar mengerjakan latihan tes SAT dengan suasana serupa.

Ketika mulai mengerjakan latihan tes, kamu juga harus menyediakan alarm atau timer. Gunakan sebagai batasan waktu. Semakin banyak peraturan yang kamu terapkan seperti halnya di ujian resmi, maka semakin mudah beradaptasi menghadapi ujian SAT nantiya.

5. Gunakan Tes Latihan Terakhir

Kamu mungkin belajar SAT selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Kamu juga mungkin ingin mempersingkat sesi belajar terakhir dan bersantai sebelum hari ujian. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan kinerja saat menghadapi tes SAT resmi esoknya.

Namun sebelum menyelesaikan belajar, ikuti satu tes latihan SAT terakhir sebagai patokan untuk melihat seberapa banyak kemajuan yang kamu lakukan sejak tes diagnostik. Kemudian, hadapi ujian SAT resmi dengan rasa percaya diri.

Baca Juga:
Kursus SAT Preparation di Bandung

Mengapa Harus Ujian SAT?

SAT berperan penting untuk mengukur kesiapan calon mahasiswa yang daftar kuliah di perguruan tinggi luar negeri. Ujian ini menjadi cara perguruan tinggi memperoleh data tunggal. Sehingga, dapat memutuskan penerimaan seluruh kandidat mahasiswa.

Hasil nilai SAT dipadukan dengan nilai sekolah menengah atas, ujian Penempatan Lanjutan, kegiatan ekstrakurikuler, esai pribadi, surat rekomendasi dari guru, dan wawancara penerimaan. Meskipun SAT saat ini bersifat opsional di sebagian besar sekolah, mendapatkan skor tinggi dapat membantu menyeimbangkan profil dan menunjukkan potensi diri.

Sehingga, kamu dapat melakukan studi sarjana dengan tingkat keberhasilan lebih tinggi. Selain itu, dapat meningkatkan peluang untuk diterima. Sebagian besar perguruan tinggi di Amerika mengharuskan pelamar sarjana menyerahkan skor SAT atau skor ACT.

Di negara lain, perguruan tinggi menerima atau mewajibkan skor SAT untuk penerimaan sarjana. Meskipun panitia admisi mempertimbangkan berbagai faktor penilaian di luar SAT, skor tes ini adalah kriteria penting. Kamu dapat menggunakannya sebagai tiket masuk ke universitas yang kompetitif. Tes ini umumnya dilaksanakan bulan Maret, Mei, Agustus, Oktober, dan Desember.

Rekomendasi Tempat Tes SAT di Bandung

Untuk pelajar, kamu bisa mencari tempat tes SAT di Bandung yang disediakan oleh ICAN English. Program kursus persiapan di kelas offline dan online juga membantu agar kamu bisa menghadapi tes SAT tersebut dengan lancar, dan memenuhi skor tinggi. Sehingga hasil ujian yang kamu ikuti dapat berguna untuk masuk ke perguruan tinggi sesuai pilihan.

ICAN English memiliki pengajar berpengalaman yang bisa membantu kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi tes SAT. Dengan pilihan kelas yang fleksibel, kamu bisa memilih metode belajar yang paling tepat dengan minat kamu. Jadi, jangan salah pilih kursus, ya!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.