Rumus Adverb of Manner dan Cara Penggunaannya

Rumus Adverb of Manner dan Cara Penggunaannya

Rumus adverb of manner memodifikasi kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. Rumus ini membantu menjawab pertanyaan ‘how…?’ Kadang-kadang adverb of manner dapat ditemukan di awal kalimat atau setelah kata kerja yang dimodifikasi.

Adverb of manner juga akan menjawab pertanyaan “Bagaimana sesuatu dapat dilakukan?” Rumus ini memainkan peran penting dalam memberikan detail dan konteks dalam kalimat, menjadikannya elemen penting dalam bahasa Inggris.

Penggunaan Adverb of Manner

Pelajar harus memahami apa itu rumus adverb of manner, sehingga dapat menggunakannya dalam ucapan dan kalimat. Kamu dapat belajar menggunakan fronted adverbials untuk memodifikasi kata kerja. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang jenis adverb ini.

Rumus dan Contoh Adverb of Manner

Tidak ada rumus adverb of manner yang panjang atau rumi layaknya tenses. Biasanya, untuk menyatakan adverb of manner adalah dengan menggunakan pola berikut: adjective + ly.

Berikut beberapa contoh adverb of manner secara yang umum:

  • Sadly
  • Slowly
  • Happily
  • Unfortunately
  • Suddenly
  • Awkwardly
  • Bravely
  • Mysteriously
  • Frantically
  • Anxiously
  • Courageously
  • Silently
  • Curiously
  • Unexpectedly

Pembelajaran adverb of manner sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara dan menulis ketika memodifikasi kata lain. Kata keterangan di depan sering digunakan dalam penulisan dan diikuti dengan koma.

Penggunaan Adverb of Manner dalam Kalimat

Banyak pelajar berasumsi bahwa adverb of manner untuk menggambarkan cara atau waktu. Hal ini sering kali benar, namun tidak membantu membedakan kata keterangan dari kelas kata lain yang dapat digunakan sebagai kata keterangan, seperti frasa preposisi, frasa kata benda, dan klausa bawahan.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan adverb of manner:

  • Joko is snoring loudly. (adverbs: loudly)
  • That game was really exciting! (adjective: really)
  • We don’t watch Netflix very often. (adverb: very)
  • Lucky us, it didn’t rain. (adverb: lucky)

Pmahaman adverb of manner membantu kamu dalam memahami berbagai jenis kata keterangan dan penggunaannya dalam konteks dan penerapan tata bahasa berbeda. Pemahaman terhadap adverb of manner juga membantu dalam mengidentifikasi dan menggunakan frasa adverbial/preposisional untuk menyempurnakan tulisan.

Baca Juga: Mengenal Adverb of Manner dalam Bahasa Inggris

Cara Belajar Adverb of Manner

Sekarang, kamu sudah mengetahui seperti apa rumus adverb of manner, atau pola untuk membuat kata keterangan cara ini. Agar cara belajar lebih menarik, kamu bisa mengumpulkan beberapa kata kerja terlebih dahulu. Selanjutnya, tambahkan adverb of manner di samping verb tersebut. Contoh, pada verb “jump”, kamu bisa menambahkan adverb of manner “highly”, “happily” atau “excitedly”.

Jika kamu masih kesulitan meningkatkan kemampuan dalam memahami penggunaan adverb of manner ataupun detil grammar lainnya, belajar saja di ICAN English! Kami memiliki banyak program kursus Bahasa Inggris yang akan membuat proses belajar terasa menyenangkan. Semua kelas dirancang untuk mencapai kebutuhan belajar personal dengan kelas yang interaktif, namun tetap intensif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web