mengenal adverb of manner dalam bahasa inggris

Mengenal Adverb of Manner dalam Bahasa Inggris

Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang akan kamu pelajari di bangku sekolah. Secara umum, pola pembentukan kalimat dalam bahasa inggris memiliki kesamaan dengan pola kalimat bahasa Indonesia. Kamu mungkin sudah tahu tentang pola kalimat berupa subjek, predikat, dan keterangan. Salah satu bentuk keterangan tersebut dinamakan dengan adverb of manner.

Adverb atau dalam bahasa Indonesia kamu kenal sebagai kata keterangan memiliki peran sebagai pelengkap suatu kalimat dalam bahasa inggris. terdapat beberapa jenis keterangan yang bisa digunakan dalam bahasa inggris diantaranya adverb of time (keterangan waktu), frequency (jumlah atau kuantitas), dan manner (cara).

Definisi, Rumus Dan Contoh Penggunaan Adverb Of Manner

Suatu kalimat dalam bahasa inggris perlu memenuhi pola-pola tertentu agar membuat kalimat tersebut jadi lengkap dan mudah dipahami. Salah satu pola kalimat yang terkadang harus ada dalam pembuatan kalimat dalam bahasa inggris yakni adverb of manner. Berikut merupakan penjelasan mengenai materi tersebut.

Definisi

Kamu mungkin sering bercerita kepada seseorang dan terkadang kamu menambahkan keterangan di belakang objek kalimat yang kamu ucapkan baik secara sadar maupun tidak. misalnya, Dodi mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan cepat kata dengan cepat tersebut merupakan keterangan yang menjelaskan tentang bagaimana suatu hal terjadi.

Kata tersebut dinamakan sebagai adverb of manner dalam bahasa inggris. Melihat contoh kata di atas dapat disimpulkan bahwa kara dengan cepat berfungsi sebagai penambah keterangan bagaimana Dodi mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Adverb of manner sendiri dapat didefinisikan sebagai keterangan cara terkait bagaimana sesuatu dapat terjadi. Dalam bahasa inggris sendiri, untuk mengubah suatu kata kerja (verb) atau kata sifat (adjective) menjadi kata keterangan cara, maka kamu harus menambahkan akhiran ly pada bagian akhir kata. Contohnya; quickly (dengan cepat), softly (dengan lembut), dan sebagainya.

Baca Juga:
Materi Dalam Pelajaran Basic Bahasa Inggris

Rumus dan cara penggunaanya

Setiap struktur gramatikal dalam bahasa inggris dalam penyusunannya harus dilakukan secara tepat agar makna yang ingin disampaikannya selaras dengan apa yang dimaksudkan. Begitu pula dengan menggunakan kata keterangan jenis ini. terdapat berbagai ketentuan yang harus kamu penuhi dan perhatikan mengenai penggunaanya.

Pertama, kamu bisa menempatkannya sebelum verb (kata kerja) juga objek. Pola ini digunakan ketika kamu hendak melakukan penekanan pada adverb tersebut. Sehingga, kata keterangan disini bukan hanya ditempatkan sebagai tambahan saja, melainkan juga sebagai penyempurna dan penguat makna dari yang ingin disampaikan dalam kalimat yang ditulis.

Kedua, adverb jenis ini juga bisa diletakan sebelum preposisi (kata depan seperti; in, on, at, under, in front of, dan lainnya). namun, jika dalam sebuah kalimat terdapat preposisi yang diletakan sebelum objek, maka keterangan cara diletakan setelah objek dalam sebuah kalimat.

Ketiga, adverb jenis ini bisa diletakan setelah intransitive verb. Intransitive verb sendiri merupakan sebuah kata kerja yang tidak memerlukan objek di belakangnya misal; sleep, fall, grow, dan masih banyak lagi.

Keempat, adverb jenis ini bisa juga diletakan pada awal kalimat dalam bahasa inggris. Contohnya; mysteriously, the books on the table missing when I go to bathroom (secara misterius, buku-buku yang ada di atas meja menghilang ketika aku pergi ke dapur). kata mysteriously dalam kalimat tersebut merupakan kata keterangan cara yang berasal dari kata mysterious.

Baca Juga:
Cara Praktis Belajar Bahasa Inggris

Contoh Penggunaanya

Penulisan kata keterangan jenis ini sangatlah mudah. Sebagian besar dari jenis adverb ini yakni berupa adjective atau kata sifat dengan tambahan ly di akhir katanya. Namun, terdapat beberapa adverb jenis ini yang masuk kedalam kategori irregular atau tidak membutuhkan tambahan ly di akhir kata. Untuk bentuk adverb ini kamu hanya cukup menghafalnya karena sedikit.

Berikut merupakan contoh kata keterangan yang regular atau dengan tambahan ly di akhir katanya. Kata-kata tersebut diantaranya; suddenly, unexpectedly, rarely, beautifully, finally, openly, gently, tidily, amazingly, tenderly, wisely, poorly, impressively, humbly, dan sebagainya. Sedangkan contoh bentuk irregular diantaranya; well, fast, hard, late, wrong, far, straight.

Selanjutnya, mengenai contoh kalimat dengan menggunakan jenis adverb ini. Misalnya, he can write his essay neatly (dia bisa menulis esainya dengan rapi). jenis adverb yang digunakannya merupakan bentuk regular dengan tambahan ly di akhir kata.

Agar bisa lebih paham, kamu bisa menyimak contoh berikutnya. Her group deliver the presentation well enough (kelompok dia menyampaikan presentasinya dengan cukup baik. adverb yang digunakan merupakan bentuk irregular tanpa tambahan ly di akhir kata.

Baca juga:
Belajar Mengenal Verb Dalam Bahasa Inggris

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Kursus

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan kemampuan dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami adalah kursus bahasa Inggris di Jakarta Utara, Tangerang, Samarinda, Balikpapan dan lainnya. Tutor yang kami hadirkan telah melewati serangkaian pelatihan dan memiliki pengalaman yang cukup lama. Jadi, kamu bisa belajar secara maksimal dari pada ahlinya.

Berikut merupakan penjelasan mengenai adverb of manner atau kata keterangan yang menjelaskan terkait bagaimana serta bagaimana tindakan suatu kejadian dilakukan. Materi ini penting untuk diketahui karena akan sangat berguna ketika hendak melakukan komunikasi dalam bahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi