Adverb of Manner

Mengenal Adverb of Manner dalam Bahasa Inggris

Jun 22, 2022 | Bahasa Inggris

Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang akan kamu pelajari di bangku sekolah. Secara umum, pola pembentukan kalimat dalam bahasa inggris memiliki kesamaan dengan pola kalimat bahasa Indonesia. Kamu mungkin sudah tahu tentang pola kalimat berupa subjek, predikat, dan keterangan. Salah satu bentuk keterangan tersebut dinamakan dengan adverb of manner.

Adverb atau dalam bahasa Indonesia kamu kenal sebagai kata keterangan memiliki peran sebagai pelengkap suatu kalimat dalam bahasa inggris. terdapat beberapa jenis keterangan yang bisa digunakan dalam bahasa inggris diantaranya adverb of time (keterangan waktu), frequency (jumlah atau kuantitas), dan manner (cara).

Baca Juga: MATERI DALAM PELAJARAN BASIC BAHASA INGGRIS

Definisi, Rumus Dan Contoh Penggunaan Adverb Of Manner

Suatu kalimat dalam bahasa inggris perlu memenuhi pola-pola tertentu agar membuat kalimat tersebut jadi lengkap dan mudah dipahami. Salah satu pola kalimat yang terkadang harus ada dalam pembuatan kalimat dalam bahasa inggris yakni adverb of manner. Berikut merupakan penjelasan mengenai materi tersebut.

1. Definisi

Kamu mungkin sering bercerita kepada seseorang dan terkadang kamu menambahkan keterangan di belakang objek kalimat yang kamu ucapkan baik secara sadar maupun tidak. misalnya, “Dodi mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan cepat” kata “dengan cepat” tersebut merupakan keterangan yang menjelaskan tentang bagaimana suatu hal terjadi.

Kata tersebut dinamakan sebagai adverb of manner dalam bahasa inggris. Melihat contoh kata di atas dapat disimpulkan bahwa kara “dengan cepat” berfungsi sebagai penambah keterangan bagaimana Dodi mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Adverb of manner sendiri dapat didefinisikan sebagai keterangan cara terkait bagaimana sesuatu dapat terjadi. Dalam bahasa inggris sendiri, untuk mengubah suatu kata kerja (verb) atau kata sifat (adjective) menjadi kata keterangan cara, maka kamu harus menambahkan akhiran “ly” pada bagian akhir kata. Contohnya; quickly (dengan cepat), softly (dengan lembut), dan sebagainya.

2. Rumus dan cara penggunaanya

Setiap struktur gramatikal dalam bahasa inggris dalam penyusunannya harus dilakukan secara tepat agar makna yang ingin disampaikannya selaras dengan apa yang dimaksudkan. Begitu pula dengan menggunakan kata keterangan jenis ini. terdapat berbagai ketentuan yang harus kamu penuhi dan perhatikan mengenai penggunaanya.

Pertama, kamu bisa menempatkannya sebelum verb (kata kerja) juga objek. Pola ini digunakan ketika kamu hendak melakukan penekanan pada adverb tersebut. Sehingga, kata keterangan disini bukan hanya ditempatkan sebagai tambahan saja, melainkan juga sebagai penyempurna dan penguat makna dari yang ingin disampaikan dalam kalimat yang ditulis.

Kedua, adverb jenis ini juga bisa diletakan sebelum preposisi (kata depan seperti; in, on, at, under, in front of, dan lainnya). namun, jika dalam sebuah kalimat terdapat preposisi yang diletakan sebelum objek, maka keterangan cara diletakan setelah objek dalam sebuah kalimat.

Ketiga, adverb jenis ini bisa diletakan setelah intransitive verb. Intransitive verb sendiri merupakan sebuah kata kerja yang tidak memerlukan objek di belakangnya misal; sleep, fall, grow, dan masih banyak lagi.

Keempat, adverb jenis ini bisa juga diletakan pada awal kalimat dalam bahasa inggris. Contohnya; mysteriously, the books on the table missing when I go to bathroom (secara misterius, buku-buku yang ada di atas meja menghilang ketika aku pergi ke dapur). kata “mysteriously” dalam kalimat tersebut merupakan kata keterangan cara yang berasal dari kata “mysterious”.

Baca Juga: CARA PRAKTIS BELAJAR BAHASA INGGRIS

3. Contoh Penggunaanya

Penulisan kata keterangan jenis ini sangatlah mudah. Sebagian besar dari jenis adverb ini yakni berupa adjective atau kata sifat dengan tambahan “ly” di akhir katanya. Namun, terdapat beberapa adverb jenis ini yang masuk kedalam kategori irregular atau tidak membutuhkan tambahan “ly” di akhir kata. Untuk bentuk adverb ini kamu hanya cukup menghafalnya karena sedikit.

Berikut merupakan contoh kata keterangan yang regular atau dengan tambahan “ly” di akhir katanya. Kata-kata tersebut diantaranya; suddenly, unexpectedly, rarely, beautifully, finally, openly, gently, tidily, amazingly, tenderly, wisely, poorly, impressively, humbly, dan sebagainya. Sedangkan contoh bentuk irregular diantaranya; well, fast, hard, late, wrong, far, straight.

Selanjutnya, mengenai contoh kalimat dengan menggunakan jenis adverb ini. Misalnya, he can write his essay neatly (dia bisa menulis esainya dengan rapi). jenis adverb yang digunakannya merupakan bentuk regular dengan tambahan “ly” di akhir kata.

Agar bisa lebih paham, kamu bisa menyimak contoh berikutnya. Her group deliver the presentation well enough (kelompok dia menyampaikan presentasinya dengan cukup baik. adverb yang digunakan merupakan bentuk irregular tanpa tambahan “ly” di akhir kata.

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan kemampuan dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami adalah kursus bahasa Inggris di Jakarta Utara, Tangerang, Samarinda, Balikpapan dan lainnya. Tutor yang kami hadirkan telah melewati serangkaian pelatihan dan memiliki pengalaman yang cukup lama. Jadi, kamu bisa belajar secara maksimal dari pada ahlinya.

Berikut merupakan penjelasan mengenai adverb of manner atau kata keterangan yang menjelaskan terkait bagaimana serta bagaimana tindakan suatu kejadian dilakukan. Materi ini penting untuk diketahui karena akan sangat berguna ketika hendak melakukan komunikasi dalam bahasa inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH