Rumus Comparative Adjective dan Pola Kalimat

Rumus Comparative Adjective dan Pola Kalimat

Rumus comparative adjective sangat penting untuk membantu membandingkan dua hal dan menonjolkan kualitas kontrasnya. Dengan menggunakan rumus ini, kamu dapat mengungkapkan bagaimana suatu hal lebih unggul, lebih rendah, atau berbeda.

Kata comparative adjective mengacu pada kata atau kata sifat yang kamu gunakan untuk membandingkan dua hal (orang, kelompok, atau benda) secara umum. Sesuai dengan namanya, istilah tersebut menunjukkan tingkat kualitas lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan dengan yang lain.

Aturan Pola Kalimat dan Rumus Comparative Adjective 

Rumus comparative adjective ini dibentuk dengan menambahkan akhiran seperti “-er” atau menggunakan kata “more” atau “less”. Misalnya, dalam frasa “bigger house”, “bigger” adalah comparative adjective yang membandingkan ukuran satu rumah dengan rumah lainnya.

Comparative adjective mengikuti serangkaian aturan saat membuat perbandingan. Untuk sebagian besar kata sifat dengan satu suku kata, tambahkan “-er” di akhir kata sifat. Sedangkan ketika berhadapan dengan kata sifat yang lebih panjang, menggunakan “more” atau “less” sebelum bentuk positif dari kata sifat tersebut.

One-Syllable Adjectives

Saat membuat perbandingan dengan kata sifat ini, terdapat aturan sederhana. Kamu bisa menambahkan “-er” di akhir kata sifat untuk menunjukkan tingkat kualitas yang lebih tinggi yang dijelaskannya, seperti contoh berikut:

  • Strong – Stronger
  • Smart – Smarter
  • Fast – Faster
  • Slow – Slower

One-Syllable Adjectives Berakhiran Consonant-Vowel-Consonant

Kata sifat ini memiliki pola, seperti “big”, “hot”, atau “wet”. Perhatikan contoh-contoh ini untuk penjelasan detailnya.

  • Big – Bigger
  • Hot – hotter
  • Dim – dimmer

Two-Syllable Adjectives Berakhiran -y

Kata sifat ini mengikuti aturan tertentu ketika membentuk comparative adjective. Kamu harus membuang “-y” dan menggantinya dengan “-ier”. Aturan ini berlaku untuk sebagian besar kata sifat, terlepas dari apakah “-y” didahului oleh konsonan atau vokal. Misalnya:

  • Lucky – luckier
  • Pretty – prettier
  • Early – earlier
  • Busy – busier

Two-Syllable Adjectives Berakhiran in –er, -le, or –ow

Untuk membentuk comparative degree dengan kata sifat ini, tambahkan “-er” di akhir kata sifat. Selain itu, aturan ini berlaku untuk sebagian besar kata sifat yang termasuk dalam kategori ini, berikut contohnya:

  • Shallow – shallower
  • Clever – cleverer
  • Subtle – subtler
  • Gentle – gentler

Adjectives dengan 2 Syllables atau Lebih

Untuk kata sifat dengan dua suku kata atau lebih, kita menggunakan kata “more” atau “less” sebelum kata sifat bentuk positif untuk membentuk derajat perbandingan. Misalnya:

  • Difficult – more difficult
  • Dangerous – more dangerous
  • Informative – less informative
  • Expensive – less expensive

Kata sifat komparatif sering kali digunakan dengan “than” untuk menghubungkan dua hal yang dibandingkan. Namun demikian, adalah mungkin untuk menghilangkan “than” sambil mempertahankan perbandingan yang jelas.

Cara Menggunakan Comparative Adjectives 

Menggunakan rumus comparative adjective dalam kalimat sangatlah mudah. Kamu dapat meletakkan kata yang digunakan sebagai subject complement dengan linking verbs atau sebelum kata benda/kata ganti yang diubahnya. Berikut contoh kata sifat komparatif dalam kalimat.

Untuk menggunakan kata comparative adjective hanyalah dengan melihat objeknya. Jika ada dua hal yang ingin dibandingkan, maka kamu bisa menggunakan kata sifat jenis ini.

Asah Bahasa Inggris kamu dengan bergabung di ICAN English. Ada berbagai kelas yang menarik dan tersedia untuk pemula hingga level advanced. Selain mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang materi ini, kamu juga akan belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan cara menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web