Apa itu Comparative Degree

Apa itu Comparative Degree? Penjelasan Lengkap di Sini!

Apa itu comparative degree merupakan perbandingan tingkat pertama. Fungsinya adalah untuk mengevaluasi dan membedakan kualitas serupa atau kualitas yang dimiliki oleh subjek dalam konteks tertentu.

Pada pembahasan ini, kamu akan mengenal tentang comparative degree, perbedaannya dengan positive dan superlative degree, cara penggunaannya beserta contoh untuk membantu memahaminya dengan baik.

Belajar Comparative Degree

Memahami cara menggunakan comparative degree akan menambah variasi pada struktur kalimat. Variasi ini membuat tulisan lebih menarik dan tidak monoton. Agar lebih jelas, berikut adalah penjelasan tentang apa itu comparative degree hingga aturan penggunaannya:

Aturan Penggunaan

Comparative Degree dapat digunakan untuk membandingkan kualitas suatu subjek dengan subjek lain yang memiliki kualitas yang sama. Comparative degree juga umumnya dibentuk dengan menambahkan ‘-er’ di akhir kata sifat diikuti dengan ‘than’.

Sebaliknya, untuk kata sifat bersuku banyak, kata sifat tersebut tetap sama dan menggunakan kata ‘more’ sebelum kata sifat. Untuk kata sifat bersuku kata satu yang memiliki vokal di antara dua atau tiga konsonan, kamu harus menggandakan konsonan terakhirnya lalu menambahkan ‘-er’ di akhir kata sifat diikuti dengan ‘than’.

Baca juga : Definisi Superlative Degree, Contoh Dan Bentuk Penggunaannya!

Contoh Kalimat

Berikut beberapa kalimat yang bisa kamu rujuk untuk memahami bagaimana penggunaan comparative degree:

Their performance today is better than yesterday.

Joko is more liked than Agung in our school lately.

This is less than what I had yesterday.

My grades are higher than the previous semester.

Dengan memahami apa itu comparative degree, memungkinkan perbandingan yang lebih tepat antara dua entitas. Pemahaman ini membantu menyampaikan gagasan bahwa yang satu lebih atau kurang dari yang lain, memberikan kejelasan dalam komunikasi. 

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Seputar Degree Of Comparison

Mengapa Harus Belajar Comparative Degree

Menggunakan tingkat komparatif memperkaya deskripsi. Sehingga, kamu jadi lebih mudah menyoroti perbedaan dalam ukuran, kuantitas, kualitas, atau intensitas antara dua hal. Pemahaman inilah yang nantinya akan menambah kedalaman dan detail pada ekspresi.

Penguasaan tingkat komparatif meningkatkan kemampuan untuk mengekspresikan ide dan pendapat lebih jelas. Hal ini memungkinkan kamu dalam mengartikulasikan preferensi, perbedaan, atau preferensi dengan lebih akurat.

Baca juga : Bentuk Dan Contoh Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Dalam penulisan akademis, kemampuan menggunakan comparative degree juga sangat penting untuk menyajikan argumen yang berbeda-beda. Kamu jadi lebih mudah membandingkan temuan penelitian, mendiskusikan tren, atau menganalisis data secara efektif.

Ketika membuat argumen persuasif, kemampuan menggunakan comparative degree menjadi alat yang ampuh. Hal ini akan membantu menyoroti keuntungan atau kerugian dari pilihan atau opsi tertentu, sehingga mempengaruhi pembaca atau pendengar.

Baca juga : Rumus Comparative Adjective Dan Pola Kalimat

Butuh meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris secara efektif dalam waktu dekat? Daftar sekarang di ICAN English, tempat kursus Bahasa Inggris kredibel dengan metode pembelajaran yang intensif untuk semua kalangan. Sudah saatnya semua orang mahir berbahasa Inggris untuk berbagai kebutuhan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.