Rumus Conditional Type 3 dan Cara Penggunaannya

Rumus Conditional Type 3 dan Cara Penggunaannya

Ketika kamu berbicara tentang sesuatu yang tidak mungkin, kamu perlu menggunakan rumus conditional type 3. Jenis kalimat ini sering digunakan dalam bahasa Inggris dan kita dapat melihat contohnya dalam kalimat ‘If I had wings, I would…’

Pada artikel ini, kamu akan belajar lebih spesifik tentang rumus dan penggunaan kalimat kondisional tipe 3. Dengan mempelajari penjelasan berikut, diharapkan kamu jadi lebih tahu penggunaan tipe 3 ini untuk percakapan sehari-hari.

Panduan Belajar Rumus Conditional Sentence Type 3

Agar kamu bisa lebih fasih berbahasa Inggris, kamu wajib tahu penggunaan conditional type 3 dengan menyimak penjelasan berikut:

Rumus

Rumus conditional type 3 adalah: if +Past Perfect, S+ Modal auxiliaries (would/could/might) + have + Past Participle.

Seperti halnya kalimat conditional lainnya, kalimat Type 3 terdiri dari dua klausa, sebuah klausa “if” dan sebuah klausa utama. Gunakan bentuk kata kerja berbeda di setiap bagian kalimat tersebut.

Kalimat kondisional ketiga digunakan untuk menjelaskan bahwa keadaan sekarang akan berbeda jika terjadi sesuatu yang berbeda di masa lalu. 

Contoh Penggunaan Kalimat Conditional 3

Berikut adalah contoh-contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • If the team had played better, they would have qualified for the finals. (Fakta sebenarnya: Tidak bermain lebih baik / Konsekuensinya: Tidak lolos kualifikasi babak final)
  • If you had told me earlier, I would have helped you with the project. (Fakta sebenarnya: Kamu tidak bilang lebih awal /Konsekuensinya: Tidak mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan proyek tersebut)

Saat menggunakan kondisi ketiga, kita menggunakan past perfect (yaitu had + past participle) di klausa if. Modal bantu (/would/could/should) + has + past participle pada klausa utama mengungkapkan situasi teoritis yang bisa saja terjadi.

Kapan Harus Menggunakan Conditional Sentence Type 3

Rumus conditional type 3 digunakan untuk membahas situasi tidak nyata atau hipotesis di masa lalu dan hasil hipotesis terkait. Hal ini sangat berguna untuk mengungkapkan penyesalan, membicarakan peluang yang hilang, dan merefleksikan pilihan masa lalu dan potensi konsekuensinya.

Gunakan kalimat ini untuk mengungkapkan penyesalan karena tidak mengambil tindakan tertentu di masa lalu karena kamu tidak menyadari situasi tertentu. Atau, ketika kamu ingin berbicara tentang tindakan yang tidak terjadi di masa lalu, dan hasil hipotesisnya jika hal itu terjadi.

Bahkan jika kamu ingin membahas peluang yang terlewatkan di masa lalu dan potensi hasil positif yang bisa dihasilkan, kamu bisa menggunakan conditional sentence tipe ketiga. Rumusnya juga berguna untuk mengeksplorasi skenario alternatif di masa lalu dan konsekuensi yang mungkin terjadi setelah pilihan yang berbeda.

Mau belajar Bahasa Inggris lebih fasih? Gunakan layanan kursus belajar Bahasa Inggris ICAN English yang tersedia dalam banyak pilihan! Adanya kelas yang nyaman lengkap dengan fasilitas belajar yang sudah disiapkan membuat kamu jadi lebih cepat memahami Bahasa Inggris. Buat tujuan belajar kamu dari sekarang, dan hubungi tim kami untuk memulai belajar hari pertama di ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web