Rumus Kalimat Future Tense dan Aturan Penggunaannya

Rumus Kalimat Future Tense dan Aturan Penggunaannya

Bentuk ‘future tense’ dari kata kerja apa saja mengacu pada konjugasi kata kerja. Fungsinya adalah untuk mewakili suatu tindakan yang akan terjadi di masa depan atau akan berlanjut di masa depan. Mempelajari rumus kalimat future tense sangat penting untuk mengembangkan gagasan yang lebih jelas tentang penggunaan tense tersebut.

Mempelajari future tense dalam bahasa Inggris menawarkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan komunikasi efektif dan pemahaman bahasa yang lebih mendalam.

Panduan Penggunaan Kalimat Future Tense

Fungsi utama rumus future tense adalah untuk menyatakan tindakan yang akan terjadi di masa depan. Memahami tense ini memungkinkan kamu untuk mengkomunikasikan maksud, rencana, dan prediksi dengan lebih akurat. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang kalimat future tense:

Jenis Future Tenses

Future tense dapat digunakan dalam empat bentuk berbeda untuk menunjukkan bagaimana tindakan di masa depan berperilaku berbeda dalam berbagai situasi, yaitu:

  • Simple Future Tense – digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan yang akan terjadi di masa depan.
  • Future Continuous Tense – digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan yang akan terjadi di masa depan.
  • Future Perfect Tense – digunakan untuk mewakili suatu tindakan yang dimulai di masa sekarang dan akan terjadi di masa depan.
  • Future Perfect Continuous Tense – digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan yang sedang terjadi di masa sekarang dan akan selesai suatu saat di masa depan.

Rumus Future Tenses dan Contohnya

Penggunaan bentuk future tenses membantu menyampaikan gambaran waktu dan memperjelas kapan suatu tindakan diperkirakan akan terjadi. Hal ini penting untuk menghindari kebingungan dan memastikan bahwa pesan dipahami dengan benar, berikut adalah rumus kalimat future tense:

Simple Future TenseFuture Continuous TenseFuture Perfect TenseFuture Perfect Continuous Tense
subjek + will/shall + base form of the verb
Contoh:Budi will go to Magelang next month.
subjek + will/shall + be + verb-ing (-ing form of the verb) Contoh:Susan and Dona will be working on the project tomorrow.subjek + will/shall + have + past participle of the verb Contoh:By next year, Sarah will have completed her bachelor degree.subjek + will/shall + have + been + verb-ing (-ing form of the verb) Contoh:By the time we arrive, Budi will have been waiting for two hours.

Menganalisis bagaimana future tense mengubah strukturnya ketika digunakan dalam kalimat interogatif positif, negatif, interogatif, dan negatif.

PositiveNegativeInterrogativeNegative Interrogative
subjek + Will + Base form of the verb Contoh:Budi will go to our office tomorrow.subjek + Will not/Won’t + Base form of the verb Contoh:Budi will not/won’t go to our office tomorrow.Will + subjek + Base form of the verb Contoh:Will Budi go to our office tomorrow?     Won’t + subjek + Base form of the verb Contoh:Won’t Budi go to our office tomorrow?

Saat mendiskusikan kejadian di masa depan, kemampuan menggunakan rumus future tense sangat penting untuk mengungkapkan rencana, jadwal, dan aktivitas yang terorganisir. Hal ini sangat berharga dalam lingkungan profesional dan akademis.

Baca Juga: Perubahan Kata Kerja Future Tense

Pentingnya Belajar Rumus Future Tense

Future tense digunakan untuk membuat prediksi dan berspekulasi tentang kejadian di masa depan. Mempelajari aspek bahasa ini memungkinkan kamu untuk mengungkapkan ketidakpastian atau membuat tebakan tentang apa yang mungkin terjadi. Baik dalam narasi tertulis maupun lisan, bentuk masa depan digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang akan terjadi sebagai bagian dari alur cerita.

Future tense sering digunakan untuk menyatakan permintaan, ajakan, atau penawaran yang sopan. Mempelajari cara menggunakan future tense dengan tepat akan berkontribusi pada komunikasi yang efektif dan sopan. Penguasaan future tense menunjukkan tingkat kemahiran berbahasa yang lebih tinggi.

Pola kalimat ini berguna untuk menulis esai, laporan, atau karya kreatif, pemahaman kuat tentang bentuk masa depan. Sehingga, kamu dapat mengartikulasikan ide dan rencana berorientasi masa depan dengan tepat. Kamu juga bisa meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris lainnya, termasuk belajar materi tenses di tempat kursus ICAN English sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web