apa fungsi sertifikat ielts? cari tahu di sini!

Apa Fungsi Sertifikat IELTS? Cari Tahu Di sini!

IELTS adalah ujian bagi mereka yang ingin tinggal di negara-negara berbahasa Inggris karena imigrasi, pendidikan atau pelatihan praktis membutuhkan sertifikat IELTS. Ujian ini memungkinkan penentuan tingkat bahasa Inggris seseorang yang bukan bahasa ibunya.

Kamu membutuhkan sertfiikat IELTS jika berencana untuk tinggal di Australia, Kanada, New Zealand, dan untuk belajar di institusi pendidikan tinggi di negara-negara tersebut. Sertifikat tes ini juga berlaku di universitas Inggris, Amerika dan Irlandia. Bahkan, jumlah institusi yang mengakui hasil IELTS terus meningkat.

Kegunaan Sertifikat IELTS

Sertifikat IELTS akan berlaku selama 2 tahun. Ketika periode ini berakhir, kamu perlu mengkonfirmasi tingkat kemahiran kembali atau dengan kata lain mengulang tes tersebut.

Baca Juga:
Kegunaan IELTS yang Perlu Kamu Tahu

Setelah kamu menyelesaikan ujian IELTS, kamu akan menerima Test Report Form (TRF). Formulir Laporan Tes kamu akan dicetak 13 hari setelah tanggal tes kamu. Formulir ini bisa diambil di pusat pengujian, atau dapat dikirimkan langsung kepadamu. Kamu hanya akan menerima satu salinan asli Formulir Laporan Pengujian, maka kamu harus menjaganya agar tetap aman.

Kamu juga bisa melihat hasil tes IELTS secara online. Jika kamu telah mengikuti tes berbasis kertas, kamu akan melihat hasilnya dalam waktu 13 hari setelah hari tes. Jika kamu telah mengikuti tes berbasis komputer, maka hasilnya akan keluar dalam waktu 3-5 hari dari tanggal tes.

Kamu dapat memiliki hingga 5 salinan resmi Formulir Laporan Tes yang akan dikirim ke organisasi dan institusi yang ditunjuk (misalnya, universitas, pemberi kerja, dan otoritas imigrasi). Salinan tambahan dapat dikirim dengan biaya tambahan.

Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar organisasi tidak akan menerima hasil yang sudah lebih dari dua tahun. Hal ini dimaksudkan untuk menilai tingkat bahasa Inggris kamu secara lebih akurat.

Karena sertifikat IELTS begitu penting di banyak aspek, beberapa siswa memutuskan untuk bergabung dalam kursus persiapan IELTS untuk mendapatkan skor terbaik. ICAN English menawarkan kelas ini dan diajarkan oleh tutor berpengalaman agar dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dan mempersiapkan diri sebelum tes dimulai.

Baca Juga:
Apa Saja Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris?

Mengenal Struktur Tes IELTS

Dalam tes IELTS, kamu harus menunjukkan keterampilan bahasa dasar. Ujian dibagi menjadi empat bagian utama, yakni Mendengarkan, Menulis, Membaca, dan Berbicara.

Sehubungan dengan hal tersebut maka tes bersifat terpadu, artinya kecakapan pada semua tingkatan merupakan hasil akhir. Misalnya, untuk memverifikasi keterampilan menulis dan berbicara, kamu juga perlu memiliki beberapa informasi yang telah dibaca atau didengar sebelumnya.

IELTS sendiri memiliki dua versi. Modul akademik adalah varian bagi mereka yang ingin belajar di universitas atau sekolah pascasarjana. Sedangkan, modul umum adalah untuk mereka yang ingin pergi ke luar negeri untuk bekerja atau untuk menetap di luar negeri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi