macam subjek dalam simple present tense

Macam Subjek dalam Simple Present Tense

Subjek dalam simple present tense dibagi dalam beberapa bentuk mulai dari first person plural, second person, third person singular, dan third person plural. Simple present tenses membicarakan sesuatu secara umum, terjadi berulang-ulang atau disebut sebagai kebenaran umum.

Simple present tense juga merupakan tenses yang paling sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Agar kamu bisa mengenali simple present tense, terdapat sejumlah cara yang harus dilakukan, salah satunya yaitu kalimat menggunakan kata kerja berbentuk dasar atau verb 1.

Macam Ciri Kalimat Simple Present Tense

Simple present tense dibagi dalam dua kalimat: Verbal simple present dan nominal simple present tense. Berbagai ciri kalimat simple present tense adalah berikut:

  • Predikat pada kalimat simple present tense berbentuk bare infinitive, atau kata kerja subjek orang ketiga dalam kalimat harus mempunyai akhiran s, es, ataupun ies.
  • Apabila pada kalimat verbal disertai kalimat tanya, maka harus ada tambahan do/does disertai subjek. Pada kalimat nonverbal, diawali penggunaan am, is, dan are.
  • Kalimat simple present tense negative perlu penambahan do not atau does not. Apabila terdapat kata kerja berakhiran huruf s/es/ies, harus dihilangkan.

Pola Simple Present Tense dan Subjek Dalam Kalimat

Tenses adalah bagian dari grammar dasar. Ketika belajar tenses, terdapat beberapa istilah subjek dalam simple present tense yang wajib kamu tahui, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Cara Penggunaan Simple Present Tense

First Person Singular

First person adalah sudut pandang orang pertama. Pronoun first person yang digunakan yaitu I jika diri sendiri merupakan subjeknya. Sementara me/my/mine adalah objek penanda kepemilikan. Gunakan first person singular apabila kamu ingin mengenalkan diri sendiri atau ingin menjelaskan yang berhubungan dengan diri sendiri, sebagaimana contoh berikut:

I am Hannah, I live in Mojokerto.

Dion sent a letter for me.

First Person Plural

Pronoun dipakai untuk first person plural yaitu we jika merupakan subjek, us digunakan sebagai objek dan our/our menunjukkan kepemilikan. Namun, us, dan our/ours sama-sama maknanya mempunyai arti kita dan kami. Sehingga, agar tahu penggunaannya, kamu wajib tahu konteks kalimat:

Contoh sebagai subjek: They are from Sidoarjo

Contoh sebagai objek: They tell us about the latest story.

Second Person

Second person adalah sudut pandang orang kedua, atau orang yang kamu ajak bicara. Pronoun yang digunakan yaitu You, apabila subjek tersebut adalah Your/Your apabila menunjukkan kepemilikan.

Sama halnya dengan we/our/ours, you/your/yours artinya kamu dalam bentuk singular dan kaliam dalam bentuk plural. Berikut adalah contohnya:

They are the best students in this college. Mereka adalah siswa terbaik di kolese tersebut.

Third Person Singular

Pronoun pada third person singular yaitu she, he, dan it. Situasi tersebut terjadi ketika kamu berbicara subjek dalam simple present tense seperti: she is a teller. Dia adalah teller bank.

Sedangkan objek third person singular yaitu: Joanna speaks Spanish. Joanna berbicara Bahasa Spanyol.

Third Person Plural

Pronoun merupakan third person plural yaitu they/them/their. Situasi terjadi ketika sedang membicarakan lebih dari satu orang yang tidak ada di tengah kita.

Contoh kalimat sebagai subjek: They are from the same school. Mereka dari sekolah yang sama.

Sementara jika menjadi objek akan menjadi kalimat seperti ini: I like them! Saya menyukai mereka!

Baca Juga:
Cara Belajar Simple Past Tense

3 Kegunaan Simple Present Tense

Dengan materi pembelajaran tentang subjek dalam simple present tense, terdapat sejumlah kegunaan yang bisa diimplementasikan, sebagaimana berikut:

1. Kejadian Berulang

Kejadian berulang merupakan kejadian rutin terjadi atau kebiasaan dilakukan. Biasanya, terdapat tanda keterangan waktu, sebagaimana contoh berikut:

I am a student Saya seorang murid.

2. Kebenaran Umum

Menjelaskan kebenaran umum atau fakta tidak terbantahkan, sebagaimana contoh kalimat berikut:

The earth is round Bumi itu bulat.

3. Memberikan Instruksi

Berikut adalah contoh memberikan instruksi dengan menggunakan simple present tense: turn of the lamp.

Itulah penjelasan lengkap tentang simple present tense termasuk subjeknya. Kamu bisa bergabung di kelas bahasa Inggris ICAN English kalau tertarik mempelajari materi lainnya. Kami memiliki tutor berpengalaman yang siap membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Kelas online dan offline juga tersedia agar kamu dapat memilih metode pembelajaran yang tepat. Apapun kelas yang kamu pilih, materi akan disesuaikan dengan kebutuan kamu sebagai siswa. Kelas persiapan tes, seperti TOEFL, IELTS, PTE juga tersedia.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi