Situs Belajar Listening Bahasa Inggris untuk Pemula

Situs Belajar Listening Bahasa Inggris untuk Pemula

Situs belajar listening bahasa Inggris akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan mendengar dalam bahasa Inggris. Ketika belajar bahasa Inggris, maka ada 4 aspek yang perlu ditingkatkan, mulai dari reading, writing, speaking, dan listening. Banyak sekali pemula yang baru belajar bahasa Inggris merasa bahwa sesi listening adalah salah satu bagian paling sulit untuk pelajari.

Untuk bisa menguasai listening dalam bahasa Inggris, disarankan agar lebih banyak berlatih. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle, sering-sering mendengarkan podcast bahasa Inggris, mendengarkan radio bahasa Inggris, dan satu lagi kamu bisa mencoba untuk belajar dari situs pembelajaran bahasa Inggris yang menyediakan sesi listening.

Memanfaatkan berbagai macam media untuk meningkatkan kemampuan listrik bahasa Inggris adalah salah satu cara yang tepat. Ada banyak sekali materi yang bisa dipelajari dan membantu kamu untuk terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Lantas apa saja situs belajar listening bahasa Inggris yang cocok bagi pemula?

Situs Belajar Listening Bahasa Inggris

Apabila ingin meningkatkan kemampuan listening kamu, berikut ini beberapa situs yang direkomendasikan sebagai sarana belajar.

BBC Learning English

Pertama ada BBC Learning English yang dikelola oleh BBC, yaitu sebuah perusahaan penyiaran asal Inggris yang terkenal di seluruh dunia. Di dalamnya, tersedia berbagai kursus untuk berbagai tingkatan, serta pilihan program yang mencakup kebudayaan, bahasa, dan peristiwa terkini. BBC Learning English menarik karena memungkinkan pengguna untuk mengunduh artikel dan posting dalam format PDF serta file audio.

Bagi yang ingin meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris secara online, situs ini menyediakan berbagai rekaman video dan audio. Sebagai contoh, dalam bagian “Words in the News,” pengguna dapat menonton video singkat tentang topik-topik menarik.

Jika tujuannya adalah memperluas kosakata, pengguna dapat mengklik bagian ‘The English We Speak’, yang fokus pada ekspresi idiom. Selain itu, ada program ‘6 Minute English’ yang dapat meningkatkan pemahaman dalam berbagai bidang seperti kesehatan, ilmu pengetahuan, budaya, dan bahkan kopi.

VOA Learning English

Selanjutnya ada VOA Learning English yang merupakan platform terkemuka untuk belajar bahasa Inggris secara online yang dianggap sangat efektif. VOA merupakan kependekan dari Voice of America, sebuah layanan berita dan media yang dikelola oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Website ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam belajar bahasa Inggris secara daring. Tentunya hal ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai berbagai sumber yang diperlukan. Bahkan kamu dapat menavigasi ke level bahasa Inggris, tipe media, atau topik tertentu melalui menu di bagian atas situs.

VOA Learning English menyajikan program radio bernama Learning English Broadcast dan program video bernama Learning English TV. Keduanya berisi berita terkini yang disampaikan dalam bahasa Inggris yang sederhana, memudahkan kamu untuk mengikuti dan mendengarkan.

Bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan mendengarkan, terdapat program unggulan seperti In the News, American Mosaic, the Making of a Nation, dan lainnya. Namun, jika fokus untuk memperluas kosakata dan meningkatkan kemampuan membaca, maka dapat mencoba program seperti This is America, Words and Their Stories, English in a Minute, dan sebagainya.

British Council

Selanjutnya juga ada British Council sebagai situs belajar listening bahasa Inggris bagi pemula. Website ini dapat diakses secara gratis dan menyediakan berbagai permainan, cerita, aktivitas mendengarkan, serta latihan tata bahasa Inggris yang komprehensif.

Kamu dapat dengan mudah mencari fitur-fitur atau topik favorit pada peta situs untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai semua yang ditawarkan oleh website ini. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam menemukan semua fasilitas yang disediakan oleh British Council.

Kamu juga dapat menemukan beragam aktivitas mendengarkan dan konten video melalui bagian Listen & Watch. Selain itu, website ini juga menyediakan bagian khusus untuk latihan tata bahasa, materi praktek ujian IELTS, serta bahan-bahan terkait bisnis dan pekerjaan.

EnglishTopic.net

Sudah pernah dengar tentang EnglishTopic.net? Termasuk salah satu situs belajar listening bahasa Inggris yang direkomendasikan karena keunggulannya. Website English Topic. Net merupakan pilihan alternatif yang sangat tepat untuk belajar bahasa Inggris secara daring. Situs ini dirancang dengan tata letak yang sederhana untuk memenuhi berbagai kebutuhan peningkatan kemampuan bahasa Inggris, termasuk dalam aspek listening, reading, writing, dan juga pengetahuan kosakata.

Tidak hanya itu, tetapi English Topic menawarkan layanan pengajar bahasa Inggris secara daring. Kamu dapat berinteraksi langsung dengan pengajar dan meminta pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan. Para pengajar ini dengan senang hati akan merespons setiap permintaan yang kamu sampaikan.

Elllo

Elllo merupakan pilihan yang efektif dan efisien untuk belajar bahasa Inggris secara online. Fokus utama website ini adalah memperbaiki kemampuan mendengarkan atau listening, dengan lebih dari 1300 pelajaran mendengarkan yang telah tersedia.

Website ini menyajikan beragam topik yang dibagi berdasarkan tingkat kesulitan. Menariknya lagi, setiap pelajaran mendengarkan disertai dengan transkrip yang mencakup kosakata dan kuis. Bahan mendengarkan juga dapat diunduh dalam format MP3, memudahkan kamu untuk belajar bahasa Inggris di mana saja.

Penting untuk dicatat bahwa setiap pelajaran mendengarkan tidak hanya melibatkan penutur asli, tetapi juga non-native, sehingga kamu dapat terbiasa dengan berbagai aksen yang berbeda. Ada banyak kuis yang disediakan dan tidak terlalu sulit, sehingga dapat membantu kamu berlatih kata-kata, frasa, dan idiom yang dianggap penting.

Baca Juga: Materi Listening yang Harus Kamu Pelajari

Tips Belajar Listening

Setelah mendapatkan situs belajar listening bahasa Inggris yang cocok  bagi pemula, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan tips-tips menarik untuk meningkatkan kemampuan listening, seperti berikut:

  • Berikanlah fokus dan perhatian untuk mendengarkan pembicara dengan cermat. Dengan niat dan fokus listening yang maksimal, kamu akan dengan mudah mengikuti alur pembicaraan dan tidak melewatkan informasi penting dari topik yang dibahas.
  • Manfaatkan waktu sebaik mungkin. Dalam rentang 24 jam, pasti terdapat momen-momen luang yang dapat kamu manfaatkan untuk tetap produktif. Contohnya, saat menunggu transportasi umum, memasak, atau membersihkan rumah, kamu bisa memanfaatkannya dengan belajar listening. Mendengarkan podcast sambil melakukan aktivitas lain dapat menjadi cara efektif untuk memanfaatkan waktu tersebut.
  • Menggunakan mode slow motion ketika sedang belajar listening adalah salah satu cara  yang efektif. Ketika kamu sedang mendengarkan podcast alat untuk menonton video berbahasa Inggris, cobalah untuk menggunakan mode slow motion sehingga lebih memahami dan mengerti Bagaimana cara melafalkan kosakata bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Masih banyak sekali tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan listening. Selain belajar dari situs belajar listening bahasa Inggris yang bagus, kamu juga bisa bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris terbaik ICAN English. Melalui lembaga kursus bahasa Inggris profesional, kamu memiliki kesempatan untuk belajar meningkatkan kemampuan listening dengan metode yang sesuai dengan kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web