tips tingkatkan skill reading toefl

Tips Tingkatkan Skill Reading TOEFL

Tes TOEFL memiliki empat bagian dan setiap bagian memiliki tingkat kesulitan sendiri. Jika kamu akan mengambil TOEFL, kamum mungkin sangat menyadari bahwa empat bagian ini terdiri dari Membaca, Mendengarkan, Berbicara dan Menulis. Skill reading TOEFL dan bagian lainnya harus kamu tingkatkan sebelum waktu tes tiba.

Bagian Membaca adalah bagian pertama pada tes. Ini melibatkan membaca bagian yang panjang (minimal enam paragraf) tentang topik tertentu. Topiknya seringkali sangat teknis dan selalu ditulis dengan gaya akademis.

3 Bagaimana Meningkatkan Skill Reading TOEFL?

Bagian Membaca memiliki total tiga atau empat bagian seperti ini, yang masing-masing diikuti oleh dua belas pertanyaan pilihan ganda. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat menguji pengetahuan kosa kata, pemahaman umum dengan pemahaman kalimat atau kata-spesifik.

Skill reading TOEFL perlu kamu miliki untuk bisa mendapatkan skor yang maksimal. Berikut tips tingkatkan skill reading dalam tes TOEFL.

Baca Juga:
Game Bahasa Inggris untuk Melatih Reading

1. Tingkatkan Kecepatan Membaca

Waktu adalah hal terpenting dalam TOEFL. Kamu perlu menilai berapa banyak waktu yang tersisa untuk menyelesaikan bacaan dan memberikan jawaban. Ini lebih sulit daripada kelihatannya, karena kamu tidak akan dihadapkan pada satu teks yang sulit dipahami, tetapi beberapa yang cukup sulit.

Jika kamu ingin memiliki lebih banyak waktu untuk menjawab pertanyaan, kamu perlu membaca setiap bagian hanya dalam 3 atau 4 menit. Selain mempelajari bagian akademik, pastikan untuk membaca materi bahasa Inggris lainnya. Baca literatur, surat kabar, dan majalah bahasa Inggris membaca berbagai gaya penulisan bahasa Inggris akan membantu meningkatkan kecepatan membaca.

2. Tingkatkan Jumlah Kosakata

Cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan pemahaman membaca adalah dengan membangun kosa kata. Saat membaca untuk persiapan ujian, catat kata-kata yang tidak kamu ketahui dan masukkan ke dalam catatan.

Sebagai cara untuk mengingat istilah-istilah baru, tipsnya adalah mengelompokkan kosa kata yang kamu temui menurut arti atau lingkup penggunaannya dan membuat catatan sinonim dan antonim yang relevan.

3. Seimbangkan Membaca dengan Menjawab Pertanyaan

Beberapa peserta tes TOEFL membuat kesalahan dengan membaca seluruh bagian terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan TOEFL. Ini bisa membuang waktu. Jika kamu membaca seluruh bagian sebelum melihat pertanyaan apa pun, kamu tidak akan memperhatikan detail yang tepat untuk setiap pertanyaan.

Sebagai gantinya, cobalah salah satu dari tiga strategi untuk membaca bagian TOEFL. Kamu bisa melihat pertanyaan terlebih dahulu dan kemudian memeriksa bagian untuk jawaban. Atau membaca sekilas bagian untuk gagasan utama sebelum membaca pertanyaan dan memeriksa jawaban. Pilihan lain adalah membaca paragraf demi paragraf, menjawab pertanyaan untuk paragraf segera setelah selesai membacanya.

Baca Juga:
Strategi Mengerjakan Soal Reading TOEFL

Bergabung dalam Kursus Persiapan TOEFL

ICAN English menyediakan kursus persiapan TOEFL di mana siswa bisa belajar secara maksimal dengan bantuan tutor berpengalaman. Sebelum masuk ke kelas, kamu perlu melakukan placement test di mana ini akan berpengaruh terhadap level kemampuan dan materi yang akan diberikan.

TOEFL Reading adalah satu-satunya bagian dari TOEFL yang tidak memiliki trek mendengarkan dan tidak ada batasan waktu per pertanyaan. Jadi, kamu  harus sangat sadar waktu.

Dengan belajar dalam kursus, kamu bisa berlatih dengan simulasi tes TOEFL yang mirip dengan tes sesungguhnya. Jadi kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih maksimal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi