berapa skor ielts maksimal yang bisa kamu dapatkan?

Berapa Skor IELTS Maksimal yang Bisa Kamu Dapatkan?

Ketika kamu hendak mengikuti tes, tentu kamu ingin mengetahui skor tertinggi yang memuaskan, salah satunya ketika sengan mengikuti tes IELTS. Dengan meraih skor IELTS maksimal, peluang kamu bisa mendapatkan pendidikan, beasiswa atau pekerjaan akan lebih terbuka lebar.

Cara Mengetahui dan Menghitung Skor Ielts Maksimal

Nilai maksimal tentu sangat diinginkan kamu ketika mengikuti tes IELTS. Dengan mendapatkan nilai yang maksimal di tes tersebut kamu bisa mendapatkan kesempatan yang lebih terbuka untuk meraih keinginnan. Berikut merupakan informasi mengenai sistem penilaian IELTS

Baca Juga:
Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Skor Listening (Mendengarkan) Dan Reading (Membaca)

Perlu diketahui soal listening dan reading terdiri dari 40 pertanyaan, dan setiap jawaban yang benar akan mendapatkan skor 1. Kemudian, skor total dari jumlah skala 40 konversi adalah 9 sehingga rincian dari penilainnya, jika jawaban benar 39-40 soal, maka kamu mendapatkan skor 9 atau skor sempurna.

Skor Writing (Menulis)

Untuk soal menulis nilai maksimal yang ditentukan sedikit berbeda dengan membaca dan mendengarkan. Parameternya diukur berdasarkan pencapaian dari dua model soal. Adapun, aspek yang dinilai yakni berasal dari koherensi, kohesi dalam bahasa, kosakata, rentang dan akurasi tata bahasa.

Kemudian, keseluruhan kriteria tersebut dianggap sama rata dengan masing-masing point 9 jika jawabannya sempurna. Misalnya, jawaban kamu dalam aspek koherensi dianggap sempurna, maka akan diberikan nilai 9, begitu pula untuk aspek lainnya. Setelah itu, nilai tersebut akan dikonversikan.

Skor Speaking (Berbicara)

Terakhir, untuk sistem penilaian soal bentuk speaking. Adapun, untuk mendapatkan skor sistemnya hampir sama dengan sistem yang diterapkan pada sesi writing. Aspek penilainnya tentukan dari 4 faktor diantaranya, kelancaran dan koherensi berbicara, kosakata, jangkauan, dan akurasi dalam tata bahasa, pengucapan.

Baca Juga:
Skor Maksimal TOEFL iBT, Pelajari Strateginya!

Kalkulasi Skor IELTS

Agar skor IELTS kamu maksimal, kamu perlu mempersiapkan diri dengan benar. Kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan IELTS di ICAN English untuk mendapatkan nilai IELTS yang maksimal.

Setelah mengetahui terkait sistem penilaian dari tiap sesi soal. Berikutnya, mengenai kalkulasi perhitungan tes IELTS agar mendapatkan skor yang maksimal. Berikut kalkulasi nya; Skor IELTS band adalah nilai rata-rata dari masing-masing tes (Listening, Reading, Writing, Speaking). Jumlah dari 4 bagian tes akan di bagi 4 dan dianggap skor total band.

Lalu ketika nilainya mencapai titik desimal, skor kamu akan dibulatkan ke setengah atau ke seluruh band terdekat. Contohnya sebagai berikut : jika kamu mendapatkan nilai tes 7,25 maka akan dibulatkan ke 7,5, jika kamu mendapatkan nilai 7,75 maka dibulatkan ke 8. Adapun, untuk skor maksimal dari tes IELTS yakni, 9.

Untuk mendapatkan skor IELTS maksimal, kamu perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi nya dan perhitungan skor nya. dengan begitu kamu bisa lebih efektif dan percaya diri ketika mengerjakan tes dan peluang lebih besar mendapatkan nilai yang maksimal di Tes IELTS.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi