tips memilih buku persiapan toefl

Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Buku persiapan TOEFL menjadi salah satu kebutuhan penting ketika kamu mempersiapkan ujian TOEFL. Selain mengikuti kursus persiapan TOEFL, ternyata buku tersebut juga bisa membantu memaksimalkan persiapan. 

Ada berbagai macam jenis buku TOEFL yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Tetapi lebih baik memilih buku yang berkualitas, sehingga lebih mudah untuk mempersiapkan diri menghadapi TOEFL. 

3 Cara Memilih Buku Persiapan TOEFL

Ada 3 jenis TOEFL yang banyak digunakan, yaitu TOEFL PBT, TOEFL CBT, dan TOEFL IBT. Untuk TOEFL PBT atau Paper Based Test, terdiri dari listening, reading, serta structure dengan rentang skor sekitar 217 – 677. Jika kamu mengikuti TOEFL CBT, terdiri dari listening, writing, reading, serta structure. Skor yang didapatkan mulai dari 0 – 300. Nah, untuk TOEFL IBT terdiri dari listening, reading, serta speaking dengan skor 1 – 120.

Untuk bisa menguasai salah satu TOEFL tersebut, paling tidak kamu harus memiliki buku panduan. Nah, berikut ini cara tepat untuk memilih buku panduan TOEFL;

Baca Juga:
Tips Memilih Les Bahasa Inggris untuk Pemula

1. Sesuaikan Buku dengan Skill yang Diinginkan

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu mungkin memiliki kekuatan dan kelemahan pada proses pembelajaran. Misalnya untuk menghadapi tes TOEFL, kamu harus mempelajari listening lebih banyak karena lemah pada bagian tersebut. Maka dari itu pilih buku TOEFL terbaik yang dilengkapi dengan CD audio. 

Dengan buku tersebut dan CD audio yang tersedia, keterampilan listening kamu akan terbantu dengan berbagai macam latihan. Seperti yang kita ketahui bahwa kemampuan listening mni membutuhkan konsentrasi tinggi sebab ada pertanyaan dan pilihan jawaban yang hanya dibacakan 1 maupun 2 kali.

Semakin sering berlatih untuk mendengarkan CD audio tersebut maka akan semakin mudah bagi kamu menjawab pertanyaan listening dan kelemahan kamu bisa teratasi. 

2. Pilih Buku dengan Soal Simulasi

Tips selanjutnya bisa kamu gunakan untuk memilih buku TOEFL adalah cari buku dengan soal simulasi. Selain materi pembelajaran tentang TOEFL pastikan bahwa buku yang kau beli sudah beserta dengan soal simulasi, sehingga bisa membantu para pengguna untuk menghadapi berbagai macam soal tes TOEFL. 

Jauh lebih menarik lagi jika mencoba untuk membeli buku TOEFL dengan jenis tes yang baru. Misalnya dari belajar PBT kemudian mencoba IBT. Hal tersebut memang membutuhkan latihan lebih intens agar kamu terbiasa dengan soal-soal TOEFL IBT. 

3. Gunakan Buku dengan Kolom Penjelasan

Buku panduan TOEFL yang kamu pilih sudah menyediakan CD audio dan soal simulasi, tetapi buku tersebut tidak memberikan kolom penjelasan? Sudah pasti hal tersebut pasti akan mempersulit kamu untuk belajar loh. Disarankan agar kamu juga memilih buku TOEFL yang memiliki kolom penjelasan.

Jadi dalam kolom penjelasan bisa membantu kamu untuk mempelajari grammar serta vocabullary dengan jelas. Tidak hanya itu, tetapi kamu juga bisa memahami poin penting untuk menyelesaikan sebuah soal. Biasanya letak kolom penjelasan pada buku TOEFL ini bervariasi, seperti format soal – jawaban – kolom penjelasan atau format kolom penjelasan – soal – jawaban yang menyajikan penjelasan untuk grammar, vocabulary, dan lain sebagainya.

Dengan kolom penjelasan tersebut, kamu tidak hanya mempelajari soal-soal TOEFL tetapi mencoba untuk memahami Bagaimana cara mengerjakan dan menyelesaikan soal dengan baik.

Ada banyak buku persiapan TOEFL yang laris di pasaran dan bisa kamu pilih untuk mendapatkan persiapan terbaik menghadapi tes bahasa Inggris tersebut. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan, tetapi pastikan bahwa semua kebutuhan kamu dalam menghadapi tes TOEFL bisa didapatkan dari buku tersebut ya.

Rekomendasi Buku Persiapan TOEFL

Persiapan yang maksimal perlu kamu lakukan agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal. Selain memilih buku yang tepat, kamu juga bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di ICAN English untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal.

Ada banyak buku TOEFL yang bisa kamu pilih untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Nah, berikut ini beberapa buku yang laris dipasaran;

Barrons Practice Exercise for the TOEFL

Buku terbitan dari Baron education fokus pada persiapan TOEFL IBT dan TOEFL ITP. Buku ini berisi tentang panduan lengkap belajar TOEFL, mulai dari soal-soal tes TOEFL PBT dan ITP dengan berbagai macam jawaban maupun penjelasan. 

Jadi, buku buku ini didesain untuk level intermediate ke atas dan berisi tentang berbagai macam tips maupun trik bisa mendapatkan Skor TOEFL IBT di atas 95. Tidak perlu merasa khawatir sebab buku ini juga dilengkapi dengan CD yang memiliki seri belajar dan diisi oleh native speaker. 

Kaplan TOEFL IBT Premier

Apabila ingin mendapatkan Skor TOEFL tinggi, kamu bisa memilih buku yang diterbitkan oleh Kaplan. Ada buku Kaplan TOEFL IBT Premier yang di dalamnya berisi practice test, Misalnya seperti speaking, listening, writing, serta reading. 

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai macam grammar beserta penjelasan, tips belajar, hingga strategi persiapan untuk menghadapi tes TOEFL IBT. Bagi kamu yang ingin mencari permasalahan di dalam ujian TOEFL, buku ini menjelaskan permasalahan yang mungkin didapatkan oleh peserta ujian TOEFL IBT. 

Kaplan TOEFL IBT Premier menyediakan berbagai macam solusi, bagaimana cara menghadapi permasalahan tersebut. Dengan demikian kalian bisa mempersiapkan ujian sekaligus berbagai macam kendala yang mungkin terjadi ketika tes TOEFL.

Baca Juga:
Kesalahan Belajar Untuk TOEFL Yang Harus Dihindari

Longman Preparation Course for The TOEFL Test

Buku Longman Preparation Course for The TOEFL Test, termasuk salah satu buku yang laris di pasaran. Jadi buku ini memiliki berbagai macam soal-soal tes TOEFL, seperti listening, struktur serta reading. 

Dalam buku ini dilengkapi dengan pembahasan serta analisis maupun strategi untuk bisa menyelesaikan semua soal. Menariknya lagi di dalamnya ditulis dengan detail dan jelas, sehingga para pemula pun bisa memahami bagian-bagian yang penting ketika menghadapi tes TOEFL. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi