soal toefl listening dan pembahasannya

Soal TOEFL Listening Dan Pembahasannya

Salah satu bagian soal dari TOEFL yakni berbentuk audio. Pada bagian ini kamu harus mengerti apa yang diucapkan oleh native speaker untuk bisa menjawab pertanyaannya. Sehingga, penting untuk mempelajari soal TOEFL listening dan pembahasannya sebelum mengikuti tes.

Soal listening TOEFL memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, terlebih jika kamu tidak biasa mendengar bahasa inggris yang diucapkan native speaker. Dengan melakukan latihan soal secara rutin akan membantu kamu agar lebih terbiasa.

Contoh Soal TOEFL Listening Dan Pembahasannya

Soal listening dalam TOEFL dibagi menjadi tiga part yaitu, part A, part B, dan part C. Berikut, merupakan beberapa contoh soal TOEFL listening dan pembahasannya yang bisa kamu pelajari.

1. Soal listening part A

Pada part ini kamu akan mendengarkan percakapan singkat dari dua orang seperti berikut:

Man: how was the party last night?

Woman: I expected twenty people to come to my party, but surprisingly thirty showed up.

Narrator: how many people come to the party?

  • Thirty people
  • Thirteen people
  • Twenty people
  • Twenty one people

Jawaban (A): pada percakapan tersebut, woman mengatakan perkiraan jumlah orang yang akan datang ke pestanya, kemudian jawaban yang tepat berada di akhir kalimat karena woman mengatakan jumlah orang yang datang sesungguhnya.

Baca Juga:
Tips Melewati Ujian Listening Bahasa Inggris

2. Soal listening part B

Pada part ini, kamu akan mendengarkan percakapan yang lebih panjang dibanding part A antara dua orang dan biasanya diikuti oleh lebih dari satu soal. Berikut merupakan  contoh soal TOEFL listening dan pembahasannya:

Man: the weather today is not that good

Woman: how about the party, will you come there?

Man: I dont feel like going out there, I just want to stay home instead.

Woman: ok, I think I will watch the new movie

Narrator: what does the man want to do?

  • Watch movie
  • Go to party
  • Stay at home
  • Sleep

Jawaban (C): di awal kalimat man mengungkapkan bahwa dia tidak ingin keluar rumah, kemudian jawaban dari soal tersebut berada dia akhir kalimat ketika man mengungkapkan hal yang akan dia lakukan.

3. Soal listening part C

Pada part ini, kamu akan mendengarkan seseorang yang menyampaikan atau menjelaskan sesuatu, layaknya ceramah. Pada bagian ini, akan diikuti oleh lebih dari satu soal layaknya part B. berikut contoh sederhana script listening part C:

One direction is a boyband from United Kindom and Irish. The group are composed of Zayn, Niall, Harry, Liam, and Louis. This group signed with Simon Cowells record label: Syco Records. Their most popular song was what makes you beautiful.

Narrator: what One Directions most popular song?

  • What makes you beautiful
  • Irish
  • Beautiful
  • United Kingdom

Jawaban (A): soal tersebut berisikan tentang penjelasan mengenai boyband One Direction yang beranggotakan lima orang. Kemudian, di akhir kalimat dijelaskan bahwa lagu yang paling terkenalnya yaitu berjudul what makes you beautiful

Tips Saat Mengerjakan Soal Listening Dalam TOEFL

Setelah mengetaui beberapa contoh soal listening dalam TOEFL, kamu akan mendapatkan gambaran terkait soal yang kelak akan muncul. Perlu persiapan yang matang untuk bisa mengikuti tes ini dengan baik. Untuk itu, banyak orang yang memilih bergabung dalam kursus persiapan TOEFL untuk mendapatkan skor maksimal. Berikut, merupakan tips yang bisa kamu ikuti saat melaksanakan tes TOEFL.

Baca Juga:
Situs Untuk Latihan Listening TOEFL

1. Baca Pilihan Ganda Sebelum Audio Diputar

Tips pertama yaitu, sebaiknya kamu membaca pilihan jawaban sebelum audio di putar. Sebelum speaker menyampaikan soal, biasanya akan menjelaskan sistemnya terlebih dahulu. Kamu bisa melewatkan hal tersebut dan cukup fokus membaca pilihan jawaban saja.

2. Fokus Mendengarkan

Berikutnya, ketika speaker menyampaikan soal sebaiknya fokuskan pada apa yang dikatakannya. Karena kamu telah membaca pilihan jawaban, maka ketika kamu mendengarkan audio kamu juga bisa mencocokannya dengan pilihan jawaban tersebut.

Soal TOEFL listening dan pembahasan berikut dapat kamu jadikan gambaran kelak menghadapi soal sesungguhnya. Latihan rutin dan bertahap penting dilakukan sebagai langkah persiapan sebelum melakukan tes TOEFL. Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web