Belajar TOEFL dasar

Tips Belajar TOEFL dari Dasar

Mar 19, 2022 | TOEFL

TOEFL merupakan jenis tes yang paling dibutuhkan untuk saat ini. Belajar TOEFL dasar menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Apabila berniat untuk mengikuti ujian TOEFL. Karena pengetahuan atau materi dalam TOEFL akan cukup berbeda dengan bahasa Inggris pada umumnya.

Output dari tes TOEFL adalah sertifikat yang berisikan skor. Sertifikat ini nantinya akan dipakai untuk mendaftar ke perusahaan, universitas, atau institusi lainnya. Untuk dapat lulus TOEFL, skor minimal yang harus didapatkan adalah 450. Namun, biasanya setiap instansi mematok minimal skor yang berbeda.

Baca Juga: APA SAJA MATERI DASAR TOEFL?

4 Tips Belajar TOEFL Dasar

Bagi para pemula, sebaiknya memulai belajar TOEFL dari dasar. Hal tersebut akan memudahkan untuk kedepannya. Usahakan untuk tidak langsung mempelajari dari yang kompleks. Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mempelajari TOEFL dasar. Simak beberapa tips belajar TOEFL dasar di bawah ini!

1. Pahami Basic Grammar (Grammar Dasar)

Tips pertama adalah cobalah untuk memahami grammar dasar terlebih dahulu, Karena TOEFL memang akan banyak mengusung materi terkait grammar. Bahkan terdapat bagian TOEFL yang khusus membahas grammar. Yaitu pada bagian structure and written expression. Sehingga, disarankan untuk memahami dasarnya terlebih dahulu.

Selain itu, basic grammar pun akan membantu kamu dalam memahami berbagai jenis soal TOEFL yang lebih kompleks. Saat ini, materi terkait basic grammar mudah untuk didapatkan. Misalnya, melalui video-video pembelajaran yang tersedia di YouTube. Mulailah untuk memahami materi basic grammar tersebut.

2. Mendengarkan Speech atau Seminar Berbahasa Inggris

Tips belajar TOEFL dasar berikutnya adalah dengan menonton serta mendengarkan speech berbahasa Inggris. Dalam ujian TOEFL, terdapat bagian atau skill listening. Pada bagian tersebut, peserta akan diminta mendengarkan beberapa audio berbahasa Inggris. Kemudian akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dari audio tersebut.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mendengarkan speech berbahasa Inggris dengan rutin dan tanpa subtitle. Selain itu, cobalah untuk memahami apa yang dibicarakan oleh speaker. Karena hal tersebut akan membantu kamu dalam meningkatkan skill listening. Sehingga akan semakin terbiasa mendengarkan audio berbahasa Inggris dan memahaminya.

3. Membaca Tulisan Ilmiah

Tips berikutnya adalah dengan banyak membaca tulisan atau teks yang bersifat ilmiah, misalnya seperti jurnal, artikel penelitian, dan sebagainya. Selain listening, tes TOEFL pun memiliki tes untuk skill reading. Dalam bagian reading, peserta akan diberikan beberapa teks 1-2 paragraf yang dilengkapi dengan beberapa soal atau pertanyaan.

Sehingga cobalah untuk membiasakan diri dalam membaca bacaan atau teks bahasa Inggris. Namun, pastikan untuk membaca teks yang bersifat ilmiah. Karena dalam TOEFL pun teks yang muncul adalah teks ilmiah. Bukan teks sederhana yang biasa diajarkan di SMP atau SMA. Cobalah untuk membaca teks-teks penelitian atau berita.

Baca Juga: TIPS BELAJAR TES TOEFL BAGI PEMULA

Cara Memaksimalkan Kemampuan Setelah Belajar TOEFL Dasar

Selain belajar TOEFL, kamu perlu untuk memaksimalkan kemampuan TOEFL. Caranya adalah dengan mempraktikan apa yang telah dipelajari atau bergabung dengan kursus persiapan TOEFL. Misalnya dengan mengikuti tes prediksi TOEFL. Inilah beberapa cara untuk memaksimalkan kemampuan TOEFL!

1. Mengerjakan Soal Latihan

Cara pertama adalah dengan mengerjakan latihan soal TOEFL. Saat ini telah banyak situs atau website yang menyediakan contoh soal untuk TOEFL. Sehingga, kamu dapat mempraktikan apa yang telah dipelajari selama ini dengan mengerjakan soal-soal tersebut. Karena materi atau teori tanpa praktik pun cenderung tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal.

2. Mengikuti Tes Prediksi TOEFL

Selain melakukan atau mengerjakan latihan soal TOEFL, kamu dapat memaksimalkan kemampuan dengan mengikuti tes prediksi. Tes prediksi TOEFL pun telah banyak hadir di internet dengan akses gratis. Dalam tes prediksi, biasanya akan diberikan hasil atau skor akhir setelah tes selesai dilakukan.

Sehingga, kamu dapat mengetahui kemampuan kamu sudah sampai mana. Apabila skor yang didapatkan sudah melebihi target, maka kamu dapat segera mendaftarkan diri untuk ujian TOEFL. Namun, apabila masih jauh dibawah target, maka kamu dapat belajar dan berlatih lebih giat.

Belajar TOEFL dasar menjadi hal penting yang perlu dilakukan saat akan menghadapi tes TOEFL. Terlebih untuk para pemula atau kalangan yang baru saja mengenal TOEFL. Karena tes TOEFL biasanya mengharuskan kamu membayar. Sehingga, usahakan untuk mendapatkan skor yang terbaik.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Buku persiapan TOEFL menjadi salah satu kebutuhan penting ketika kamu mempersiapkan ujian TOEFL. Selain mengikuti kursus persiapan TOEFL, ternyata buku tersebut juga bisa membantu memaksimalkan persiapan.  Ada berbagai macam jenis buku TOEFL yang bisa kamu pilih...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH