strategi mudah meningkatkan reading english comprehension

Strategi Mudah Meningkatkan Reading English Comprehension

Reading english comprehension adalah kemampuan untuk membaca, menginternalisasi, memahami, dan berinteraksi dengan teks yang kamu baca. Kemampuan tersebut membutuhkan cara berpikir kritis dan penalaran deduktif untuk mendapatkan makna dari seluruh tulisan.

Keterampilan pemahaman bacaan sangat penting bagi pelajar, profesional, dan siapa saja yang ingin membaca untuk kesenangan atau memperoleh informasi. Keterampilan tersebut juga bukan hanya tentang kesadaran fonologis dan membaca kata-kata dengan lantang.

Dari keterampilan membaca, terdapat banyak keterampilan bahasa yang dipelajari, seperti tata bahasa (sintaks), kosa kata, dan semantik, yang penting untuk memahami makna teks. Kamu juga dapat belajar menarik kesimpulan dan membentuk opini tentang teks yang telah dibaca.

Strategi Penting dalam Reading Comprehension

Strategi reading english comprehension membantu agar kamu lebih mudah memahami bagian-bagian dalam bacaan. Sehingga, kamu dapat mencari informasi dari setiap teks bacaan yang kamu baca dengan lebih efisien. ICAN English akan membagikan apa saja strategi yang wajib kamu coba untuk meningkatkan kemampuan membaca:

1. Strategi Visualisasi

Ketika membaca, cobalah untuk merenungkan pengalaman indrawi tentang suatu situasi atau tempat dalam teks tersebut. Buatlah gambaran mental tentang penciuman, sentuhan, rasa, dan suara, seperti bisikan dan sentuhan.

Misalnya, jika kamu membaca sebuah novel, cobalah membayangkan bahwa kamu adalah karakter utama dalam novel tersebut. Sehingga, kamu bisa merasakan apa yang tokoh utama sentuh, cium, dan rasakan.

2. Meringkas Teks

Meringkas adalah strategi pemahaman bacaan yang efektif, kamu dapat berhenti sejenak di tiap paragraf untuk merenungkan tulisan dan memahami teks. Cara meringkas paling baik adalah setelah membaca seluruh buku, mengidentifikasi tema utama, dan membuat daftar konsep kunci atau bukti yang mendukung gagasan utama.

Kamu dapat menyampaikan interpretasi terhadap teks. Kamu juga dapat mencantumkan kata kunci dan frasa, termasuk tujuan utama penulisan. Selanjutnya, kamu dapat menunjukkan genre dan strukturnya tanpa mengulang teks.

3. Menghubungkan Pengetahuan

Pemahaman inferensial menghubungkan sastra dengan pengalaman hidup masa lalu, teks serupa lainnya, dan kejadian nyata. Menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan lama memudahkan kamu dalam memahami dan mengingat teks nantinya. Hal ini karena kamu telah mengaktifkan pengetahuan sebelumnya dan menghubungkan sebuah tulisan dengan tulisan serupa, pengalaman budaya, dan dunia, memperdalam makna teks dan membuatnya dapat dihubungkan. Kamu dapat belajar dengan merenungkan informasi baru apa yang diperoleh setelah menghubungkan pengetahuan baru ke pengetahuan sebelumnya.

Baca Juga:
Tips Menjawab Soal English Comprehension Level Test

4. Memprediksi kejadian/kejadian

Pembaca yang terampil dapat meramalkan apa yang akan terjadi dalam sebuah bacaan bahkan sebelum menyelesaikan bacaan tersebut. Kamu dapat memprediksi kata, tindakan karakter, dan peristiwa menggunakan petunjuk dari teks dan pengalaman. Terkadang mudah untuk menceritakan keseluruhan plot buku dengan melihat halaman sampul dan judul buku.

Saat kamu membaca, prediksi dapat berubah ketika kamu sudah mengumpulkan lebih banyak informasi dari buku tersebut. Setelah itu, bandingkan spekulasi dan kejadian di buku sebagai proses pembelajaran. Refleksi menunjukkan pendapat Anda dan membandingkan peristiwa aktual dan kejadian yang diantisipasi.

5. Tanya-Jawab

Pertanyaan membantu mengklarifikasi makna dari sebuah tulisan untuk memperdalam pemahaman tentang keseluruhan teks dan kalimat yang teridentifikasi. Strategi tanya-jawab membantu menguji pemahaman literal, kemampuan untuk menunjukkan fakta sederhana dalam teks tertulis.

Untuk melakukan kegiatan tanya-jawab setelah proses reading, kamu bisa melakukannya bersama guru, atau teman sekelas. Beberapa buku yang didesain untuk meningkatkan reading comprehension menyediakan bacaan yang sudah dilengkapi dengan beberapa pertanyaan untuk latihan dan kunci jawaban. Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dan mencocokkannya dengan kunci jawaban.

Baca Juga:
Cara Latihan English Writing and Comprehension yang Wajib Kamu Coba

Mengapa Reading English Comprehension itu Penting?

Manfaat reading english comprehension salah satunya terletak pada peningkatan keterampilan menulis, nilai yang lebih baik dalam akademik, dan peningkatan kinerja di tempat kerja.

Pemahaman membaca adalah kemampuan untuk membaca dan memahami teks tertulis. Kemampuan tersebut adalah proses kognitif yang kompleks, membutuhkan kemampuan untuk membaca kata-kata, mengidentifikasi maknanya, dan membangun representasi mental dari teks tersebut.

Keterampilan pemahaman bacaan yang baik sangat penting untuk keberhasilan di bidang akademik. Seseorang dengan keterampilan pemahaman bacaan yang kuat lebih berhasil di bidang akademik dan dalam kehidupan.

Pemahaman membaca adalah dasar untuk semua keterampilan akademik lainnya. Dari kegiatan membaca, membantu membangun kosa kata, belajar tentang dunia, dan memahami konsep yang kompleks.

Meningkatkan keterampilan membaca juga membantu mempermudah dalam memahami instruksi kerja dengan lebih baik. Kamu jadi lebih produktif di tempat kerja, berkomunikasi secara efektif, dan menjalani kehidupan yang berkualitas.

Jika kamu ingin meningkatkan reading english comprehension, ICAN English menawarkan kursus bahasa inggris online dengan kurikulum Cambridge. Ada banyak program bahasa inggris yang bisa kamu ikuti dengan metode belajar interaktif. Dengan adanya tutor yang profesional, kamu juga bisa bertanya banyak hal terkait strategi paling efektif agar keterampilan membaca bisa lebih meningkat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web