cara latihan english writing and comprehension yang wajib kamu coba

Cara Latihan English Writing and Comprehension yang Wajib Kamu Coba

Belajar english writing and comprehension sangat penting, karena keterampilan menulis tidak hanya dibutuhkan oleh seorang penulis. Akan tetapi, keterampilan tersebut sangat berguna di berbagai bidang, walaupun kamu tidak bekerja di bidang kreatif.

Di lingkungan kerja, misalnya, writing adalah hard skill yang digunakan untuk mengirimkan berbagai update informatif, mengurus dokumen di tempat kerja, menulis laporan, dan membuat surat.

Writing skill adalah keterampilan dimana kamu bisa menulis secara efektif. Kamu mampu menyampaikan pesan dan berkomunikasi dengan pembaca melalui tulisan. Bahkan, keterampilan ini juga melibatkan keterampilan luar biasa lainnya seperti riset, membuat outline, membuat rencana, melakukan edit tulisan, revisi, hingga grammar.

5 Cara Belajar English Writing and Comprehension

Writing, sama seperti keterampilan lainnya, adalah salah satu skill yang akan semakin baik jika kamu terus berlatih rutin. ICAN English akan membagikan beberapa strategi untuk mengembangkan kemampuan komunikasi secara tertulis:

Baca Juga:
Kalimat Penutup Email Bahasa Inggris

1. Review Grammar dan Spelling

Grammar dan Spelling adalah dua hal yang menjadi pondasi keterampilan menulis yang baik. Menulis dengan grammar dan spelling yang tepat akan menunjukkan tingkat profesionalitas serta bagaimana kamu memperhatikan detail tata bahasa yang tepat kepada pembaca. Dua hal ini juga penting untuk memastikan bahwa tulisan yang kamu buat dapat dipahami lebih mudah.

Pemahaman terkait kapan harus menggunakan tanda baca yang tepat dan aturan penggunaannya, termasuk koma dan titik koma juga terbilang penting. Aturan tanda baca sangat berkaitan dengan struktur kalimat dan kualitas tulisan.

2. Banyak Baca

Membaca berbagai tulisan yang relevan dengan apa yang ingin kamu tulis juga menjadi salah satu cara efektif sebelum memulai latihan menulis. Misalnya, kamu suka menulis cerita pendek, maka baca berbagai cerita pendek terlebih dahulu untuk mempelajari bagaimana struktur penulisannya. Lakukan review khusus, seperti apa yang membuat cerita pendek tersebut terkesan bagus.

Jadikan membaca sebagai kebiasaan rutin untuk meningkatkan kemampuan menulis. Kamu bisa membaca berita di pagi hari atau baca sebuah buku sebelum tidur. Mulai baca buku dari topik-topik yang kamu sukai. Dari situlah, kamu akan memahami subjek, genre, dan penulis yang menginspirasi.

Baca Juga:
Strategi Mudah Meningkatkan Reading English Comprehension

3. Menulis

Sama seperti keterampilan lainnya, cara terbaik untuk meningkatkan english writing and comprehension adalah dengan latihan. Kamu bisa memulai latihan dengan membuat jurnal atau blog, bergabung di kelas atau workshop menulis, dan latihan menulis berbahasa inggris dengan topik bebas.

Cara lainnya yang lebih menyenangkan adalah menyediakan buku khusus. Kemudian, kamu bisa menempel berita apapun di buku tersebut sesuai minat. Kemudian, berikan komentar dalam bahasa inggris terkait setiap berita yang telah kamu tempel.

4. Koreksi

Proofread atau koreksi juga penting agar kamu mengetahui letak kesalahan yang perlu diperbaiki supaya keterampilan menulis bisa meningkat. Sebaiknya, periksa kembali semua tulisan yang telah kamu buat untuk mencari tahu dimana letak kesalahannya. Setelah selesai menulis, beri jeda 20 menit untuk melakukan proofreading.

Sebelum mengoreksi, baca terlebih dahulu seluruh hasil tulisan. Periksa misspelling, kesalahan grammar, dan konteks tulisan yang tidak konsisten. Jika sudah di bagian detil tata bahasa, lanjut koreksi di bagian format penulisan, apakah dari satu paragraf ke paragraf lainnya sudah ada transisi yang tepat atau belum.

5. Pelajari Struktur Tulisan

Grammar dan spelling akan membuat tulisan kamu lebih enak dibaca dan konsisten. Tetapi, struktur tulisan juga berperan penting karena berkaitan langsung dengan ide-ide pokok yang disampaikan kepada pembaca.

Selama latihan menulis, kamu perlu membuat outline atau kerangka tulisan terlebih dahulu. Sehingga, struktur penulisan nantinya akan benar-benar jelas. Kerangka tulisan memastikan setiap paragraf dalam tulisan kamu menjadi lebih informatif. Misalnya, ketika menulis esai, maka harus ada paragraf pembuka, isi, dan penutup dalam bentuk simpulan.

Baca Juga:
Tips Menjawab Soal English Comprehension Level Test

Mengapa Harus Meningkatkan Kemampuan English Writing Skill

Kamu tidak harus mendapatkan gelar sebagai seorang penulis ketika menggunakan keterampilan menulis di tempat kerja. Seorang marketer perlu menggunakan keterampilan menulis untuk menarik perhatian audiens ketika akan mengadakan acara virtual. Seorang pengacara juga butuh keterampilan menulis ketika harus mengirimkan email ke klien. Artinya, keterampilan menulis dibutuhkan dimana-mana.

Menurut National Association of Colleges and Employees, keterampilan komunikasi tertulis merupakan keterampilan top bagi pemilik perusahaan yang sedang meninjau resume para pelajar saat ini. Sebanyak 73,3% pemilik perusahaan fokus pada skill menulis, sementara 58.8% pemilik perusahaan fokus kepada skill komunikasi verbal.

Jika kamu punya kemampuan menulis yang baik, termasuk dalam hal grammar, clarity, tone, maka kamu termasuk salah satu individu yang berharga bagi banyak perusahaan. Agar kemampuan kamu meningkat, ikuti kelas online Bahasa Inggris yang diadakan oleh ICAN English. Kamu dapat belajar bersama teman-teman dengan bimbingan tutor berpengalaman.

Demikian penjelasan lengkap tentang panduan meningkatkan kemampuan melalui latihan english writing and comprehension. Skill menulis memang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Hal ini karena aplikasi pekerjaan, hampir semuanya membutuhkan syarat tertulis, termasuk resume, cover letter, dan keterampilan komunikasi melalui email.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web