Susunan belajar bahasa Inggris

Susunan Belajar Bahasa Inggris, Materi Mana yang Harus Didahului?

Jun 23, 2022 | Bahasa Inggris

Terdapat empat aspek yang harus kamu perhatikan dengan membuat susunan belajar bahasa inggris yang benar. Aspek tersebut adalah speaking, reading, listening, dan writing. Akan tetapi, tidak semua orang tahu skill apa dulu yang harus dipelajari supaya dapat menguasai bahasa internasional ini lebih mudah.

Mahir dalam berbahasa inggris akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi serta menjalin hubungan dengan perusahaan pada berbagai bidang. Fasih berbahasa inggris juga membantu memperluas kesempatan memperoleh pekerjaan.

Baca Juga: CARA PRAKTIS BELAJAR BAHASA INGGRIS

Urutan Belajar Bahasa Inggris yang Benar

Jika saat ini kamu merasa bingung mulai dari mana, berikut adalah tips susunan belajar bahasa inggris yang tepat:

1. Speaking

Belajar bahasa inggris dari skill speaking terlebih dahulu akan membuat kamu menguasai bahasa inggris dalam waktu singkat. Speaking membantu untuk menguasai skill listening. Saat kamu sedang speaking, maka kamu secara langsung akan menerapkan skill listening untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara.

Karena speaking erat hubungannya dengan kemampuan listening, maka secara otomatis kamu akan meningkatkan kosakata. Kadang, ketika mendengarkan lawan bicara, kamu tidak memahami apa kata yang diucapkan, tapi bisa mengerti apa maksud dari ucapan tersebut secara keseluruhan.

Semakin terbiasa mendengarkan, maka kamu juga akan semakin memahami kondisi dan situasi. Sehingga, dapat meniru apa kosakata yang diucapkan lawan bicara tersebut sesuai konteksnya.

2. Reading

Kemampuan reading sangat dibutuhkan agar kamu dapat meningkatkan kemampuan tiga skill lainnya. Contoh, ketika kamu membaca bacaan Bahasa Inggris, maka kamu akan mendapatkan kosakata yang tidak kamu ketahui.

Kosakata tersebut kamu peroleh dari membaca, lalu dapat diterapkan pada skill aktif, seperti speaking dan juga writing. Semakin terbiasa menggunakan kosakata tersebut, maka kamu juga tidak akan merasa asing untuk mendengarkan kosakata ini saat digunakan oleh orang lain dalam sebuah percakapan.

3. Writing

Skill writing merupakan active skill berbahasa inggris yang erat hubungannya dengan skill speaking. Semakin sering menggunakan otak dalam mengolah kalimat hingga paragraf dalam bentuk tulisan, maka kamu akan terbiasa dengan cara berpikir menggunakan bahasa inggris. Sehingga, kalau kamu sering menulis bahasa inggris, maka kamu juga akan mudah berbicara bahasa inggris.

Kemampuan writing juga didukung kemampuan reading. Artinya, semakin sering kamu membaca, maka semakin banyak kosakata yang bisa kamu pakai untuk kalimat-kalimat yang bisa kamu susun dalam menulis.

4. Listening

Banyak pelajar bahasa inggris menganggap jika listening adalah kemampuan bahasa inggris yang paling mudah. Akan tetapi, jika kamu tidak terbiasa mendengarkan native speaker atau orang berbicara dalam bahasa inggris, akan terasa sulit untuk memahaminya.

Jadi, aspek ini akan lebih mudah kalau didukung dengan aspek speaking. Ketika kamu berbicara, kamu akan mendengarkan apa yang kamu ucapkan dan apa yang diucapkan oleh lawan bicara.

Dalam menggunakan skill listening, juga dibutuhkan skill reading. Hal ini karena ketika kamu tidak memahami apa yang diucapkan lawan bicara saat mendengarkannya, maka kamu bisa memahami apa maksud ucapan tersebut dari konteks yang kamu cerna.

Susunan belajar bahasa inggris di atas saling mendukung antara satu skill dengan skill lainnya. Sehingga, cara belajar yang tepat yaitu dengan mempelajari empat skill tersebut secara beriringan supaya kamu bisa menguasai semua skill dengan seimbang.

Baca Juga: MATERI DALAM PELAJARAN BASIC BAHASA INGGRIS

Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris yang Cepat

Pada akhirnya, susunan belajar bahasa inggris tidak lepas dari belajar empat skill. Semua skill tersebut saling mendukung dan saling berkaitan. Kamu bisa meningkatkan skill bahasa inggris dengan lebih cepat melalui belajar bersama ICAN English. Kursus bahasa Inggris kami akan memberikan pembelajaran yang maksimal, sehingga kamu bisa belajar semua materi dengan efektif. Tutor berpengalaman kami juga telah melewati berbagai latihan profesional dan memiliki pengalaman yang cukup panjang.

Program kursus Bahasa Inggris dirancang sesuai kebutuhan dengan bantuan tutor profesional. Kamu bisa belajar untuk berbagai tujuan seperti contoh meningkatkan skill speaking, belajar TOEFL, belajar IELTS, dan sebagainnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH