materi dalam pelajaran basic bahasa inggris

Materi dalam Pelajaran Basic Bahasa Inggris

Mempersiapkan apa saja materi pelajaran basic bahasa inggris adalah langkah utama bagi pemula jika ingin menguasai Bahasa universal tersebut. Masyarakat dunia menggunakan Bahasa inggris untuk Bahasa utama. Jadi, ketika kamu mempunyai rencana kuliah ke luar negeri, maka tes Bahasa inggris adalah salah satu syarat untuk memenuhi kualifikasi mahasiswa internasional disana.

Hal tersebut adalah bagian penting yang wajib diperhtaikan oleh para pelajar di Indonesia yang memang tidak menggunakan Bahasa inggris sebagai Bahasa ibu. Walaupun sudah belajar Bahasa inggris dari pendidikan dasar, tidak semua materi di kelas Bahasa inggris bisa kamu temukan dalam jenjang pendidikan tersebut.

Apa Saja Daftar Pelajaran Bahasa Inggris Level Dasar

Belajar Bahasa inggris dengan serius membutuhkan waktu panjang dan rencana matang. Salah satu hal yang wajib kamu rencanakan dalam proses belajar tersebut adalah apa saja materi dasar yang harus kamu kuasai sehingga bisa naik ke level selanjutnya.

ICAN English menawarkan kelas Bahasa Inggris untuk belajar dari nol. Kamu bisa menikmati banyak pembelajaran interaktif bersama tutor yang siap mendampingi. Berikut adalah beberapa daftar pelajaran basic bahasa inggris yang wajib kamu kuasai:

1. Tenses

Tenses dikenal sebagai bentuk kata, elemen penting saat belajar Bahasa inggris. Fungsi tenses yaitu menunjukkan waktu saat sebuah peristiwa terjadi, bisa di masa lalu, di masa sekarang, dan di masa depan. Jadi, ini adalah materi yang selalu muncul pada bab pertama belajar Bahasa inggris.

Kalau kamu mampu menguasai tenses dengan baik, maka kamu sudah 60% dikatakan mahir berbahasa inggris. Terdapat hingga 16 tenses yang wajib kamu kuasai terkait waktu dan peristiwa. Dengan rajin berlatih tenses, maka kamu bisa menggunakannya untuk semua skill, termasuk mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

2. Vocabulary

Materi berikutnya yang penting bagi pemula yaitu kosakata atau vocabulary. Elemen ini juga penting karena akan mengembangkan kemahiran berbahasa inggris sampai kosakata terus meningkat. Mengerti vocabulary akan membantu agar kamu bisa menulis dan berbicara Bahasa inggris dengan baik.

Beberapa cara meningkatkan kemampuan vocabulary yaitu mencatat berbagai kata Bahasa inggris di word card bersamaan dengan artinya. Cobalah melakukan hal tersebut satu hari satu vocabulary. Kamu harus mempunyai satu kata baru setiap harinya hingga konsisten selama satu bulan.

Baca Juga:
Cara Praktis Belajar Bahasa Inggris

3. Grammar

Grammar merupakan hal wajib jika ingin belajar menulis dan berbicara Bahasa inggris dengan baik. Ada beberapa materi grammar yang harus kamu kuasai yaitu pronoun atau kata ganti dan to be atau kata bantu. Kata ganti pronoun digunakan untuk menggantikan noun termasuk nama orang, hewan, dan tempat. Beberapa contoh kata ganti pronoun adalah I, you, we, they, she, he, dan it.

Kata bantu atau to be yaitu is, am, are. Semuanya digunakan untuk melengkapi subject I, you, we, they, she, he, dan it. Terdapat peraturan yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan pronoun dan to be. Dengan mengetahuinya, nanti kamu bisa menggunakan Bahasa inggris dengan benar.

4. Part of Speech (Kelas Kata)

Setelah mengetahui dan memahami kosakata yang cukup banyak. Maka, materi bahasa Inggris level basic berikutnya adalah part of speech atau kelas kata. Materi part of speech ini menjadi penting, karena merupakan pondasi utama dalam membuat sebuah kalimat. Secara umum, part of speech terbagi menjadi 8 jenis. Pertama adalah noun atau kata benda.

Contoh dari noun adalah desk, table, cat, lion, apple, dan sebagainya. Kedua adalah pronoun atau kata ganti, misalnya I, she, he, it, those, that, dan sebagainya. Ketiga verb atau kata kerja, misalnya hit, drink, eat, dan sebagainya. Keempat kata sifat atau adjective, contohnya pretty, handsome, dan lainnya. Sisanya adalah adverb, preposition, conjunction, dan interjection.

5. To Be (Kata Bantu)

Untuk melengkapi pemahaman dasar bahasa Inggris, maka ketahui pula terkait to be. To be merupakan kata bantu dalam bahasa Inggris. Diantaranya adalah is, are, am, were, was, dan sebagainya. Setiap to be memiliki fungsi berbeda jika ditempatkan dalam kalimat.

Baca Juga:
Pemakaian To Be dalam Bahasa Inggris

Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris dari Basic

Selain memperhatikan apa saja pelajaran basic bahasa inggris, kamu juga wajib tahu bagaimana cara mempelajari Bahasa inggris sampai sukses dari level dasar. Salah satunya adalah dengan mendownload aplikasi gratis belajar Bahasa inggris. Ada banyak kosakata baru yang muncul di aplikasi Duolingo, Memrise, Busuu, Lingbe, dan Hello English yang mendukung proses belajar.

Selanjutnya, kamu bisa chatting Bahasa inggris jika ingin melakukan percakapan. Cobalah mengirim pesan berbahasa inggris dengan teman ataupun keluarga. Terakhir, kamu pasti butuh mentor profesional yang siap mendampingi dan mempermudah proses belajar saat kamu menemukan kesulitan. Mentor tersebut bisa kamu temukan di tempat kursus Bahasa inggris terbaik di kota kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web