cara praktis belajar bahasa inggris

Cara Praktis Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris saat ini adalah sebuah kebutuhan, karena skill tersebut sangat membantu dalam menekuni jenis profesi apapun yang kamu inginkan. Ada beberapa cara belajar bahasa inggris praktis yang bisa kamu terapkan supaya fasih menggunakan bahasa internasional tersebut.

Kemampuan bahasa inggris tersebut membuat kamu mempunyai daya saing tinggi, walaupun persaingan dalam dunia kerja terus meningkat. Melatih kemampuan bahasa inggris bahkan disarankan untuk dilakukan sejak dini.

3 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Praktis

Belajar bahasa inggris praktis bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah atau di tempat kursus. Apa yang harus kamu lakukan adalah belajar rutin dan tekun agar ada peningkatan dalam belajar. Gunakan beberapa metode menyenangkan berikut ini:

1. Latihan Menerjemahkan Berita

Salah satu cara belajar praktis dalam Bahasa Inggris adalah melatih kemampuan reading atau membaca dan meningkatkan kosakata dengan latihan menerjemahkan berita. Teks berita sangat efektif agar kosakata dan kepadatan informasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis teks lainnya.

Contoh, kamu suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, maka kamu harus cari artikel menggunakan bahasa inggris tentang teknologi. Kemudian, cari di internet dan terjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Metode ini bisa berhasil kalau kamu punya komitmen yaitu menerjemahkan satu judul berita per hari. Kegiatan sederhana ini meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris dengan signifikan. Semakin lama, kamu akan mendapatkan hasil luar biasa dari metode tersebut.

Baca Juga:
Materi Dalam Pelajaran Basic Bahasa Inggris

2. Baca Cerita Bahasa Inggris

Cara belajar praktis selanjutnya adalah baca cerita Bahasa Inggris. Teks cerita bisa berupa novel atau cerita pendek yang bisa kamu peroleh dari internet secara mudah. Pilih teks cerita yang mengandung kata maupun kalimat yang banyak dipakai untuk komunikasi sehari-hari.

Baca cerita Bahasa Inggris melatih kemampuan speaking atau berbicara. Kata-kata tersebut bisa dipakai dalam teks cerita relatif lebih familiar serta dapat diucapakn dengan mudah. Berbeda dengan teks berita lebih banyak memiliki kata-kata baku maupun bahasa formal sebagai bahan belajar.

Metode ini dapat berhasil kalau kamu membaca sebanyak dua halaman teks rutin tiap harinya. Jika bingung melafalkan sebuah kata, kamu bisa memakai aplikasi speaking dictionary.

3. Tulis Buku Harian

Jika sudah belajar reading dan speaking, berikutnya kamu bisa melatih diri menulis bahasa inggris atau writing. Buku harian bisa kamu jadikan sebagai ajang latihan. Tulis apa saja pengalaman sehari-hari atau apa yang sedang kamu pikirkan.

Menulis buku harian tidak hanya bagus untuk melatih bahasa inggris tapi juga dapat menikmati keuntungan psikologis karena kamu mempunyai tempat untuk meluapkan apapun pada buku tersebut, termasuk perasaan senang, sedih, kecewa, atau marah.

Baca Juga:
Urutan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Rahasia Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat

Setelah membaca informasi tentang belajar bahasa inggris praktis di atas, kamu pasti percaya kalau belajar bahasa inggris bukanlah hal yang sulit. Bahkan kamu bisa belajar secara otodidak setiap hari dengan menggunakan metode menyenangkan. Kunci belajar Bahasa Inggris adalah pembiasaan, sehingga kamu harus menggunakan bahasa tersebut setiap hari agar bisa secara otomatis menguasai bahasa inggris dalam komunikasi.

Cara lainnya adalah dengan meminta bantuan profesional, seperti bergabung di tempat kursus Bahasa Inggris terpercaya, ICAN English.

Belajar bersama tutor berpengalaman memudahkan kamu dalam memperoleh bantuan saat menghadapi kendala belajar, saat bertanya materi tertentu. Jika tertarik, hubungi lebih lanjut dan dapatkan program belajar bahasa inggris yang sesuai kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi