tahapan belajar tes ielts

Tahapan Belajar Tes IELTS

Mengetahui seperti apa tahapan belajar tes IELTS atau International English Language Testing System membantu agar kamu bisa menghadapi tes dengan lebih tenang. IELTS tersedia dan diakui secara internasional sebagai cara mengevaluasi kemampuan Bahasa Inggris.

Apabila kamu dinyatakan mempunyai skor tinggi IELTS, artinya kamu sudah punya empat keterampilan berhasa Inggris yang baik. Semua skill tersebut yaitu mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara. Umumnya, tes ini berjalan pada hari yang sama dengan durasi 2 jam 44 menit dan 10 menit jeda waktu.

4 Tahapan Belajar Sebelum Ikut Tes IELTS

Mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes IELTS adalah hal penting. Ada beberapa tahapan belajar tes IELTS yang harus kamu lakukan, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Website Untuk Latihan Tes IELTS

1. Cari Kelebihan dan Kekurangan

Belajar dari berbagai soal latihan tes adalah langkah penting untuk mencari tahu kelemahan. Bagian tersebut sangat penting supaya kamu bisa mengenal mana materi yang sudah kamu kuasai dan mana materi yang merupakan kelemahan.

Tahapan belajar ini penting karena kamu bisa membangun fondasi kuat untuk menghadapi tes resmi. Bagaimana jika kamu kesulitan dalam mengerjakan materi tertentu, sehingga sering salah? Karena sulit mengidentifikasi kesalahan, kamu membutuhkan bantuan ICAN English yang menyediakan mentor profesional. Kami memiliki kelas persiapan IELTS yang bisa membantu kamu mencapai skor yang dibutuhkan.

Dengan begitu, kamu bisa mengikuti kursus untuk persiapan tes IELTS. Persiapan ini sangat penting supaya kamu bisa fokus menghadapi tes IELTS.

2. Pahami Format IELTS

Sebelum mengerjakan latihan IELTS, ketahui format tes terlebih dahulu. Kamu perlu memeriksa konten tes, pertanyaan, dan juga jenisnya pada tiap bagian.

Kunci sukses tidak hanya tentang kemampuan Bahasa Inggris. Ketika mengerjakan IELTS, kamu harus kenal dengan pola ataupun format tesnya.

3. Durasi

Semakin kamu paham dengan struktur IELTS, kamu punya peluang lebih besar menyelesaikannya sesuai waktu yang tersedia. Biasakan mengerjakan berbagai soal IELTS sesuai durasi waktu sehingga kamu sudah terbiasa dengan ritme soal.

Pahami bahwa tes IELTS punya batasan waktu. Kamu hanya bisa menyelesaikan tiap modul sesuai alokasi waktu. Apabila kamu tidak bisa menuntaskan modul sesuai durasi waktu, belajar fokus pada pola soal dan tekanan waktu.

4. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Banyak pelajar gagal dalam menghadapi tes IELTS karena terlalu fokus pada IELTS. Padahal, kamu juga harus meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris sembari sering latihan mengerjakan soal IELTS.

Itulah mengapa, sangat penting mengetahui seberapa jauh kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki. Cara ini membantu supaya kamu punya kemampuan Bahasa Inggris yang terus meningkat. Apalagi belajar materi IELTS adalah berbicara tentang proses, sehingga jika ingin menaikkan band satu poin, harus belajar intensif hingga 12 minggu.

Baca Juga:
Tips Belajar Tes IELTS Untuk Pemula

Format Pelaksanaan IELTS

Tes IELTS dibuka dengan ujian listening, diikuti reading dan writing. Tahapan dalam mengerjakan tes IELTS juga sangat bervariasi, tergantung kebijakan dari panitia tes.

Untuk isi, tingkat kesulitan, format, dan penilaian tes IELTS General Training dan IELTS Academic sebenarnya sama, terutama untuk bagian speaking dan listening.

Berbeda dengan tes lainnya, mengikuti IELTS membuat kamu bisa fokus dan tenang, terutama untuk menghadapi bagian speaking. Kamu akan menghadapi tes speaking face-to-face dengan penguji bersertifikasi tanpa adanya interupsi.

IELTS juga punya pendekatan berbeda dalam pelaksanaannya. Contoh, ketika kamu mengerjakan soal IELTS reading atau tes Writing, urutannya bisa kamu sesuaikan sendiri. Kamu juga bisa mengubah jawaban saat mengerjakan kedua bagian tersebut kapan saja selama tes berlangsung.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana tahapan belajar tes IELTS yang tepat. Hal ini penting supaya kamu lebih siap dalam menghadapi tes  IELTS dan menyelesaikannya sesuai harapan.

Jika ingin mengetahui informasi tentang Tes IELTS hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web