3 teknik belajar toefl yang perlu kamu ketahui

Tiga Teknik Belajar TOEFL yang Perlu Kamu Ketahui

Teknik belajar TOEFL sangat penting karena saat duduk di SMA, kamu pasti sudah punya rencana studi ke perguruan tinggi. Akan tetapi, jika tujuan kamu adalah kuliah di Eropa, Australia, atau Amerika Serikat, maka TOEFL adalah syarat wajib pendaftaran.

Test of English as an Foreign Language tersedia dalam tiga jenis yaitu TOEFL IBT, CBT, dan PBT. IBT dan PBT adalah tes TOEFL paling populer pada saat seleksi masuk kuliah di berbagai universitas luar negeri.

Tiga Teknik Belajar Tes TOEFL yang Benar

Agar kamu bisa memenuhi syarat bahasa di kampus impian, kamu harus mempunyai skor TOEFL sesuai syarat. Nilai TOEFL yang baik dapat kamu capai kalau kamu tahu dan menerapkan seperti apa teknik belajar yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara atau teknik belajar TOEFL yang benar menurut ICAN English:

1. Belajar Dua Jam Per Hari

Sebelum ikut tes TOEFL, kamu membutuhkan persiapan matang. Sebaiknya belajar dari jauh-jauh hari karena ada banyak materi yang harus kamu pahami. Paling tidak, biasakan belajar materi TOEFL dua jam per hari.

Pilih waktu belajar yang tepat, pagi atau malam hari sesuai mood supaya dapat memberikan fokus yang baik. Buat jadwal berpola, seperti hari pertama belajar listening, hari selanjutnya structure, hari berikutnya reading, dan selanjutnya writing, begitu seterusnya.

2. Tingkatkan Vocabulary

Kamu dapat memanfaatkan majalah, konten sosial media, ataupun buku yang menggunakan bahasa Inggris supaya bisa melatih kemampuan vocabulary atau kosakata. Cobalah dengan menerjemahkan teks bahasa Inggris atau membaca berbagai bacaan bahasa Inggris dengan topik politik, ekonomi, sosial, budaya, dan sains. Semua cara tersebut dapat memberikan pengetahuan umum sebagaimana berbagai bacaan pada tes TOEFL.

3. Pelajari Kelas Kata

Tes TOEFL juga tidak bisa lepas dari materi structure. Pemahaman pada bagian tersebut tidaklah mudah, karena kamu harus tahu dan paham pembagian kata pada sebuah kalimat, seperti penggunaan verb dan subject.

Apabila kamu sudah paham tentang kelas kata, maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan structure.

Baca Juga:
Tips Memilih Les Privat TOEFL

Tips Sebelum Tes TOEFL

Itulah penjelasan lengkap tentang teknik belajar TOEFL. Ada beberapa tips yang harus kamu lakukan sebelum mengikuti tes resminya. Agar lebih siap, cari tahu kapan deadline tes TOEFL atau tenggat waktu supaya kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk ikut kursus persiapan TOEFL di ICAN English. Waktu paling lambat dalam melakukan persiapan yaitu minimal enam minggu sebelum waktu tes TOEFL resmi.

Ketika hendak daftar TOEFL, kamu wajib tahu jenis tes TOEFL sesuai kebutuhan dan persyaratan. Ketahui apa saja format tes yang akan kamu ambil, sesuaikan pihak yang mewajibkanmu mengumpulkan skor TOEFL sesuai persyaratan. Tiap-tiap jenis TOEFL memiliki format berbeda, mulai dari model soal, waktu, dan cara jawab. Sehingga, kamu jadi lebih fokus mempersiapkan tes dan berlatih menjawab soal secara efektif dan efisien.

Terakhir, kamu harus memahami penilaian tes pada TOEFL. Penilaian berdasarkan persentasi aktual pertnayaan yang telah kamu jawab dengan tepat. Skor mentah tersebut dapat kamu sesuaikan dengan level kesulitan pertanyaan pada soal.

Bagian speaking dan writing dinilai langsung oleh pemeriksa yang membaca tulisan dan jawaban kamu. Terdapat aturan baku yang wajib kamu ikkuti pada penentuan skor TOEFL. Tidak semua elemen penilaian bisa kamu ketahui karena beberapa faktornya adalah rahasia bagi ETS.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web