Teks Bahasa Inggris untuk Latihan Speaking

Teks Bahasa Inggris untuk Latihan Speaking

Apakah kamu merasa percaya diri membaca bacaan bahasa Inggris, tetapi merasa kesulitan berbicara di depan kelas? Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi siswa adalah belajar berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Termasuk saat harus memperkenalkan diri sebelum presentasi. Untuk itu, kamu bisa menggunakan teks Bahasa Inggris untuk latihan speaking.

Kamu mungkin sudah banyak membaca Bahasa Inggris untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa.  Artikel online, novel, cerita pendek, majalah, atau teks lainnya mungkin sudah pernah kamu baca. Jika keterampilan reading sudah ada, waktunya untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris dengan berlatih speaking.

3 Panduan Menggunakan Teks Bahasa Inggris untuk Speaking Practice

Berikut adalah beberapa cara yang kamu lakukan ketika menggunakan teks Bahasa Inggris untuk latihan speaking:

1. Gunakan Kalimat Sederhana

Mempraktikkan bahasa Inggris lisan tidaklah sulit, dan seringkali menyenangkan. Jadilah kreatif, manfaatkan sumber belajr yang kamu miliki. Cobalah meluangkan setidaknya beberapa waktu untuk berbicara dengan kalimat sederhana, misalnya seperti contoh berikut:

Hi there! My name is Sarah. What’s your name?

I am from the United States. Where are you from?

I like to eat pizza. What is your favorite food?

I have a cat. Do you have any pets?

My favorite color is blue. What is your favorite color?

I enjoy reading books. What do you like to do for fun?

It is a sunny day today. What is the weather like in your city?

I can speak English and a little Spanish. Can you speak any other languages?

Let’s be friends! What do you think?

Goodbye for now. See you later!

Contoh teks di atas menggunakan bahasa sangat sederhana. Kamu tidak perlu membahas topik yang berat. Cukup membicarakan diri sendiri agar mulai berani berbicara berbahasa Inggris.

Baca Juga:
Daftar Idiom Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

2. Ngomong Sendiri

Kamu tidak memerlukan audiens untuk berlatih berbicara bahasa Inggris. Kamu dapat berbicara kepada diri sendiri kapan saja. Keuntungan besar berbicara kepada diri sendiri adalah dapat memilih topik atau tema apa pun yang kamu suka.

Misalnya, hari ini kamu bisa membuat teks menggunakan present tense. Keesokan harinya bisa beralih ke bentuk masa depan atau lampau, dan seterusnya.

Salah satu cara efektif berbicara kepada diri sendiri sambil berdiri di depan cermin. Dengan begitu, kamu dapat melihat seberapa jelas dalam mengucapkan kata dan frasa. Gunakan teks jika masih kesulitan sambil tetap berbicara.

Alternatif yang lebih baik lagi adalah merekam diri sendiri saat berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu dapat memutar ulang rekaman dan mendapatkan pandangan lebih obyektif tentang pengucapan dan kefasihan.

3. Ceritakan Kehidupan Sehari-Hari

Jika sulit mendedikasikan waktu untuk berbicara bahasa Inggris, mengapa tidak menceritakan kehidupan sehari-hari? Saat kamu berjalan ke toko, naik bus atau kereta api, berlari atau melakukan aktivitas lainnya. Semua aktivitas tersebut bisa kamu rekam dalam bentuk video, sambil berbicara Bahasa Inggris.

Cobalah menjelaskan dalam bahasa Inggris apa yang kamu lihat di sekitar.

Kamu mungkin merasa tidak nyaman berbicara dengan suara keras ketika ada orang lain di sekitar. Tidak masalah, karena kamu sedang belajar dan nanti, kamu sendiri yang akan menikmati hasilnya.

Baca Juga:
Tips Belajar Speaking English Dengan Cepat

Latihan Speaking di Tempat Kursus

Sekarang, kamu sudah punya beberapa teknik untuk latihan speaking dalam Bahasa Inggris. Dengan cara di atas, kamu bisa belajar lebih cepat dan lebih mudah. Kamu juga perlu menjadikan berbicara bahasa Inggris sebagai bagian dari rutinitas harian.

Bingung membuat teks bahasa inggris untuk latihan speaking? Buat cara belajar kamu lebih cepat dalam menguasai keterampilan spaeaking dengan bergabung di ICAN English!

Di tempat kursus Bahasa Inggris kami, kamu akan meluangkan waktu belajar dengan tutor bahasa Inggris yang ahli. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan masukan instan mengenai banyak idiom, frasa berguna, dan meminta bantuan saat membutuhkannya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.