Tempat Persiapan Tes SAT di Jakarta

Tempat Persiapan Tes SAT di Jakarta

Tes Bakat Skolastik (SAT) adalah ujian masuk perguruan tinggi sebagai bagian dari pendaftaran ke program gelar sarjana. Ujian tersebut adalah langkah opsional bagi perguruan tinggi dalam menjaring calon mahasiswa. Tidak heran jika saat ini, banyak tempat tes SAT di Jakarta yang dirancang untuk memudahkan pelajar melanjutkan studi ke jenjang universitas.

Meskipun hanya satu bagian dari keseluruhan proses masuk, skor SAT yang baik menunjukkan bahwa kamu siap memulai studi sarjana. Tes ini juga mampu menunjukkan bahwa kamu lebih menonjol dari kandidat lainnya.

10 Tips Efektif Persiapan Ujian SAT

Mengikuti beberapa tip SAT dapat membantu meningkatkan skor. Sehingga, kamu juga berpeluang diterima di perguruan tinggi atau universitas terbaik sesuai pilihan. Berikut adalah sejumlah tips agar kamu dapat mengikuti SAT dengan percaya diri:

1. Pelajari Tes dan Strukturnya

Durasi tes SAT adalah tiga jam dengan jumlah 174 pertanyaan, yang dibagi menjadi bagian Evidence-Based Reading and Writing (EBRW) dan bagian Matematika. Pahami setiap jenis pertanyaan yang akan kamu temui di setiap bagian. Pelajari juga berapa lama kamu harus menyelesaikannya. Cara ini adalah langkah efektif agar lebih siap belajar.

2. Ikuti Tes Latihan

Sebelum mulai ikut SAT, ikuti tes latihan gratis secara online untuk memahami keunggulan dan kekurangan yang harus kamu tingkatkan. Misalnya, jika merasa yakin dengan kosakata berdasarkan tes latihan tetapi tidak mengerjakannya sebaik di bagian matematika non-kalkulator, kamu harus belajar matematika lebih banyak.

3. Evaluasi Kesalahan

Dengan tes latihan, luangkan waktu meninjau kesalahan dan catat apa yang terjadi, seperti:

  • Apakah kamu kehabisan waktu?
  • Apakah kamu tidak memahami pertanyaannya atau bagaimana menemukan jawabannya?
  • Apakah ada hal lain yang terjadi?

Mengetahui apa yang salah dapat membantu menghindari kesalahan serupa pada hari SAT. Evaluasi juga berguna untuk menunjukkan bagian yang harus segera diperbaiki dan ditingkatkan.

4. Beli Buku Persiapan SAT

Jika kamu lebih senang belajar sendirian, ada banyak buku persiapan SAT yang tersedia. Atau, kamu dapat memanfaatkan ketersediaan buku tersebut di perpustakaan setempat.

Buku-buku ini menawarkan tips belajar, penjelasan format pengujian, teknik mengerjakan, panduan belajar mingguan, dan informasi penting tentang beberapa ujian praktik.

5. Ikut Kursus Persiapan SAT

Selain buku persiapan, kamu juga dapat mempertimbangkan mendaftar di tempat kursus persiapan SAT, yang menawarkan lebih banyak struktur, evaluasi, dan dukungan.

Tanyakan kepada konselor sekolah menengah untuk mengetahui apakah sekolah menawarkan kursus persiapan. Jika tidak, biasanya akan menyediakan informasi kursus persiapan SAT secara lokal atau online.

6. Bergabung dengan Kelompok Belajar SAT

Memilih belajar berkelompok bersama teman atau bergabung dengan kelompok yang sudah ada, ada banyak manfaat belajar bersama orang lain. Kamu akan cenderung lebih bertanggung jawab dalam mempersiapkan diri dibandingkan jika belajar sendiri.

Selain itu, kamu juga menerima lebih banyak dukungan dari kegiatan belajar tersebut. Hal ini akan membantu mengurangi stres saat berada di tempat tes SAT di Jakarta pada hari H ujian.

Baca Juga:
Kursus SAT Preparation di Bandung

7. Sewa Tutor SAT

Seorang tutor SAT memberikan lebih banyak bantuan di kelas tatap muka daripada bantuan yang kamu peroleh ketika belajar bersama kelompok. Seorang tutor dapat membantu mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan kamu. Bahkan, tutor juga mampu merancang rencana belajar.

Akan tetapi, menyewa seorang tutor juga membutuhkan biaya cukup mahal. Sewa tutor adalah bentuk investasi agar kamu bisa menghadapi soal-soal SAT untuk diterima di universitas tujuan.

8. Fokus pada Kelemahan

Habiskan lebih banyak waktu memperkuat kelemahan diri di bidang tertentu. Misalnya, matematika, membaca atau bahasa yang membuat kamu kurang percaya diri.

Untuk membaca, luangkan waktu membaca bagian lebih sulit dan luangkan waktu meningkatkan kecepatan membaca. Dalam bidang bahasa, tingkatkan kosakata dengan mencari kata-kata baru atau membaca artikel dan buku yang lebih sulit. Sedangkan untuk matematika, tinjau konsep aljabar, geometri, dan trigonometri yang biasanya dicakup SAT.

9. Tinjau Instruksi

Ketika hari ujian tiba, jangan terburu-buru melewati instruksi menjawab soal, meskipun telah mengikuti beberapa tes latihan dan merasa tahu apa yang diharapkan. Pastikan memahami permintaan dalam instruksi. Seringkali, instruksi berisi petunjuk berguna untuk menyusun jawaban suatu pertanyaan.

10. Gunakan Proses Eliminasi

Saat kesulitan dengan pertanyaan tertentu di SAT, proses eliminasi dapat membantu. Setiap pertanyaan hanya memiliki satu jawaban yang benar. Sehingga, mempersempit pilihan dapat meningkatkan peluang untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Faktanya, pada beberapa pertanyaan, kamu dapat menemukan jawaban yang benar dengan menghilangkan semua opsi, kecuali satu.

Pilihan Tempat Kursus dan Tes SAT Resmi di Jakarta

Banyak tempat tes SAT di Jakarta yang bisa kamu manfaatkan agar bisa memenuhi syarat penerimaan universitas pilihan di luar negeri. Salah satunya adalah tempat tes yang disediakan ICAN English. Terdapat juga program SAT Preparation Class, program kursus untuk mempersiapkan ujian SAT.

Soal-soal pada tes tersebut sering membuat kamu bingung. Tetapi dengan adanya lembaga kursus, kamu akan belajar didampingi tutor bersertifikat yang sudah membantu banyak calon mahasiswa hingga bisa kuliah di luar negeri sesuai pilihan tujuan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web