tes bahasa inggris untuk wawancara kerja

Tes Bahasa Inggris untuk Wawancara Kerja

Di dunia yang semakin modern dan melibatkan persaingan internasional, maka kebutuhan akan bahasa asing seperti layaknya bahasa Inggris juga harus ditingkatkan. Tujuannya untuk membekali para pekerja agar bisa berkomunikasi dengan baik. Tes bahasa Inggris untuk kerja kini sangat dibutuhkan mengingat banyaknya persaingan bisnis global.

Jika pelamar kerja memiliki kemampuan bahasa Inggris yang pasif maupun aktif, maka mereka bisa memiliki kesempatan untuk lolos dalam wawancara. Dalam melaksanakan tes, biasanya kebanyakan peserta akan merasa kesulitan jika masih berada dalam level basic.

Tes Bahasa Inggris yang Diujikan dalam Wawancara Kerja

Ketika dalam tahap seleksi wawancara kerja, kemungkinan kamu akan diharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris. Biasanya, mereka akan menanyakan hal terkait dunia kerja dan pribadi, mulai dari data diri, kemampuan, pengalaman serta ambisi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga:
Macam Tes Bahasa Inggris Untuk Kerja

Introduction

Dalam melamar pekerjaan, kamu akan diminta untuk mengenalkan diri dalam bahasa Inggris. Hal ini bertujuan agar perusahaan bisa mengetahui latar belakang, kepribadian serta kepercayaan diri dari pelamar. Pada tahap ini, cobalah untuk berpenampilan semenarik mungkin.

Gunakan bahasa yang sopan, mudah dipahami ketika memperkenalkan diri. Jangan takut atau grogi karena akan berpengaruh terhadap kosakata serta susunan tata bahasa Inggris kamu. Katakan mengenai kualifikasi pribadi dengan percaya diri.

Motivation in Applying the Work

Pertanyaan berikutnya biasanya terkait dengan motivasi kamu ketika melamar pekerjaan. Di sini, pewawancara tidak hanya menilai skill bahasa asing, namun juga melihat konten pembahasan yang kamu berikan.

Jadi, siapkan semua motivasi yang kamu miliki sebelum melamar pekerjaan. Catat semua hal tersebut dalam kertas kecil dan buatlah mind mapping agar mudah dikembangkan ketika kamu menyampaikannya.

Discussion Test about Group Work

Dalam pekerjaan, kemampuan untuk bekerja sama dengan rekan kerja juga menjadi nilai penting. Di sini, biasanya para peserta diharuskan membentuk grup kecil dan membahas suatu masalah. Kamu harus menyelesaikannya bersama anggota grup lain.

Kemudian, hal tersebut akan dipresentasikan menggunakan bahasa Inggris dan pelamar kerja juga harus saling berkomentar terhadap jasil kerja sama dari kelompok lain. Aspek yang akan dinilai oleh pihak perusahaan sebelum merekrut adalah kemampuan berargumentasi, manajemen emosi, menghargai hasil kerja orang lain dan kerja sama tim.

Baca Juga:
Macam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Persiapan untuk Tes Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris harus dipersiapkan dengan matang. Agar mahir berbahasa Inggris, kamu perlu mempersiapkan diri dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris atau cara lainnya. Sebelum menjalani tes bahasa Inggris, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan.

  • Tentukan tes bahasa Inggris mana yang terbaik untuk kamu
  • Buatlah jadwal belajar dan ikuti. Gunakan informasi dan latihan tes yang disediakan. Berikan perhatian khusus pada setiap kelemahan yang kamu temukan saat mengikuti tes latihan.
  • Cari rekan belajar jika memungkinkan, baik untuk koreksi maupun untuk motivasi. Rayakan peningkatan yang kamu lakukan dan teruslah belajar

Tes bahasa Inggris untuk kerja tentu sama dengan tes bahasa Inggris lainnya, kamu perlu persiapan yang matang sebelum menjalani tes agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi