macam tes kemampuan bahasa inggris

Macam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Untuk mengukur kemampuan kamu, ada banyak tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti. Setidaknya, kamu harus mengikuti satu tes dan mendapatkan sertifikat yang bisa membuktikan dan membantu mengukur kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris.

Tes kemampuan bahasa Inggris sendiri biasanya dilakukan oleh mereka yang berencana untuk kuliah atau kerja di luar negeri. Sebab, tes uji kemampuan bahasa Inggris seringkali menjadi syarat masuk sebuah universitas.

3 Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Nah, untuk kamu yang masih bingung tes kemampuan bahasa Inggris mana yang akan kamu ambil, kenali beberapa jenisnya terlebih dahulu.

1. TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

Ini adalah te yang cukup populer dan seringkali digunakan di Indonesia sebagai syarat untuk kuliah di luar negeri, khususnya Amerika. Skor minimal untuk tes ini menurut persyaratan adalah 550 dengan biaya berkisar $40 atau sekitar Rp550 ribu.

TOEFL sendiri terdiri dari empat bagian, yakni Listening, Reading, Writing, dan Speaking dengan durasi pengerjaan sekitar tiga hingga empat jam.

Baca Juga:
Mengenal Tes Bahasa Inggris GMAT

2. TOEIC (Test of English for International Communication)

Tes yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang akan mencari pekerjaan di luar negeri. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan juga menggunakan tes yang satu ini untuk persyaratan masuk mereka.

Standar penilaian untuk tes ini menggunakan CEFR dan kamu harus memiliki setidaknya 5-495 untuk bagian Lietsning dan 5-495 untuk bagian Reading. Skor total yang akan kamu dapatkan berkisar 10-990.

3. IELTS (International English Language Testing System)

Tes yang satu ini biasanya diwajibkan untuk kamu yang akan kuliah di Australia, New Zealand, Amerika atau Inggris. Bahasa yang digunakan dalam tes ini adalah British English dan dikenal dengan tulisan dan aksen yang sangat kental.

Perlu kamu ketahui juga bahwa tes ini dikenal dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi dan membutuhkan stategi dalam menjawab soalnya. IELTS sendiri memiliki dua bentuk, General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk studi). Ada empat bagian yang akan diujikan termasuk listening, reading, writing, dan speaking.

Karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi, banyak orang yang memutuskan untuk bergabung dalam kelas persiapan IELTS demi mendapatkan skor yang maksimal.

Baca Juga:
Cara Belajar TOEFL dan IELTS

Mengapa Perlu Mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Dengan mengikuti tes ini, kamu dapat mengetahui sejauh mana kamu sudah memahami materi bahasa Inggris dan pengaplikasiannya dalam keseharian. Tes ini sendiri juga diharuskan jika kamu berencana untuk kuliah di luar negeri.

Untuk mendapatkan skor yang maksimal, kamu dapat bergabung dalam kursus bahasa Inggris, atau kelas persiapan lainnya sesuai kebutuhan kamu.

Karena banyak aspek yang diujikan, kamu dapat mengembangkan kemampuan dalam aspek berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Keempat aspek ini adalah aspek yang paling sering diujikan dalam tes.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web