macam tes kemampuan bahasa inggris

Macam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Untuk mengukur kemampuan kamu, ada banyak tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti. Setidaknya, kamu harus mengikuti satu tes dan mendapatkan sertifikat yang bisa membuktikan dan membantu mengukur kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris.

Tes kemampuan bahasa Inggris sendiri biasanya dilakukan oleh mereka yang berencana untuk kuliah atau kerja di luar negeri. Sebab, tes uji kemampuan bahasa Inggris seringkali menjadi syarat masuk sebuah universitas.

3 Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Nah, untuk kamu yang masih bingung tes kemampuan bahasa Inggris mana yang akan kamu ambil, kenali beberapa jenisnya terlebih dahulu.

1. TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

Ini adalah te yang cukup populer dan seringkali digunakan di Indonesia sebagai syarat untuk kuliah di luar negeri, khususnya Amerika. Skor minimal untuk tes ini menurut persyaratan adalah 550 dengan biaya berkisar $40 atau sekitar Rp550 ribu.

TOEFL sendiri terdiri dari empat bagian, yakni Listening, Reading, Writing, dan Speaking dengan durasi pengerjaan sekitar tiga hingga empat jam.

Baca Juga:
Mengenal Tes Bahasa Inggris GMAT

2. TOEIC (Test of English for International Communication)

Tes yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang akan mencari pekerjaan di luar negeri. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan juga menggunakan tes yang satu ini untuk persyaratan masuk mereka.

Standar penilaian untuk tes ini menggunakan CEFR dan kamu harus memiliki setidaknya 5-495 untuk bagian Lietsning dan 5-495 untuk bagian Reading. Skor total yang akan kamu dapatkan berkisar 10-990.

3. IELTS (International English Language Testing System)

Tes yang satu ini biasanya diwajibkan untuk kamu yang akan kuliah di Australia, New Zealand, Amerika atau Inggris. Bahasa yang digunakan dalam tes ini adalah British English dan dikenal dengan tulisan dan aksen yang sangat kental.

Perlu kamu ketahui juga bahwa tes ini dikenal dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi dan membutuhkan stategi dalam menjawab soalnya. IELTS sendiri memiliki dua bentuk, General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk studi). Ada empat bagian yang akan diujikan termasuk listening, reading, writing, dan speaking.

Karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi, banyak orang yang memutuskan untuk bergabung dalam kelas persiapan IELTS demi mendapatkan skor yang maksimal.

Baca Juga:
Cara Belajar TOEFL dan IELTS

Mengapa Perlu Mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Dengan mengikuti tes ini, kamu dapat mengetahui sejauh mana kamu sudah memahami materi bahasa Inggris dan pengaplikasiannya dalam keseharian. Tes ini sendiri juga diharuskan jika kamu berencana untuk kuliah di luar negeri.

Untuk mendapatkan skor yang maksimal, kamu dapat bergabung dalam kursus bahasa Inggris, atau kelas persiapan lainnya sesuai kebutuhan kamu.

Karena banyak aspek yang diujikan, kamu dapat mengembangkan kemampuan dalam aspek berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Keempat aspek ini adalah aspek yang paling sering diujikan dalam tes.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi