Tes Wawancara Bahasa Inggris Masuk Kuliah

Tes Wawancara Bahasa Inggris Masuk Kuliah

Tes wawancara bahasa Inggris masuk kuliah adalah salah satu tahap yang berlaku di banyak universitas. Wawancara dilakukan sebagai bagian dari proses aplikasi atau pendaftaran calon mahasiswa.

Walaupun wawancara bukan menjadi satu-satunya penilaian untuk menerima atau menolak calon mahasiswa, tetapi jika universitas pilihan menyelenggarakan wawancara, maka hadapi dengan serius.

Wawancara merupakan kesempatan untuk menunjukkan kepribadian unik dan membangun relasi personal dengan bagian admisi.

5 Tips Menghadapi Tes Wawancara Bahasa Inggris

berikut adalah beberapa tips dalam menghadapi tes wawancara bahasa Inggris untuk masuk kuliah:

1. Jawaban Paling Spesifik

Kamu akan mendapatkan sejumlah pertanyaan tentang sekolah dan diajak berbicara tentang mengapa kamu ingin kuliah di Universitas tersebut. Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, berikan jawaban yang sangat kreatif yang tidak bisa ditemukan di hasil wawancara lainnya.

2. Latihan Rutin

tahap wawancara merupakan salah satu bagian dari keterampilan. Sehingga untuk menghadapinya, sebaiknya kamu perlu melakukan latihan. Kamu bisa duduk bersama orang tua, guru, atau konsultan pendidikan untuk belajar menghadapi interview. Jawab pertanyaan mereka dengan jujur dan serius.

3. Ketahui Pertanyaan Dalam Wawancara

ada beberapa topik yang paling sering ditanyakan saat sesi wawancara. Biasanya, kamu akan mendapatkan pertanyaan tentang alasan memilih kuliah di Universitas tersebut, jurusan favorit di bangku SMA, Jurusan apa yang ingin kamu pelajari di universitas, dan lainnya.

4. Jadilah Diri Sendiri

agar kamu bisa diterima  di universitas adalah mencari perguruan tinggi sesuai tujuan. Kamu pasti ingin menjadi diri sendiri sehingga siapapun yang akan wawancarai kamu dapat mengetahui apa yang ingin kamu tambahkan pada komunitas kampus. Sebelum pelaksanaan wawancara, pikirkan Seperti apa Universitas tersebut di mata kamu, apa yang ingin kamu pelajari, dan apa yang akan kamu lakukan setelah lulus. 

5. Jangan Takut Durasi Wawancara

kebanyakan pelaksanaan wawancara memakan waktu 30 menit hingga satu jam. Salah satu pertanda wawancara yang bagus adalah yang memakan waktu cukup lama. Jangan membuat petugas harus memeriksa waktu saat wawancara karena ini menunjukkan petugas merasa kamu adalah peserta wawancara yang membosankan.

Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan wawancara bahasa Inggris dengan optimal. Bila perlu, kamu bisa mengirimkan tulisan tanda terima kasih kepada panitia yang sudah melakukan wawancara. Lakukan ini jika interview tersebut sangat berarti dan membantu. Kamu bisa mengucapkan terima kasih karena mereka mau meluangkan waktu untuk melakukan wawancara.

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris di Bekasi

Lancar Berbahasa Inggris di ICAN English

Wawancara jarang menjadi faktor penentu apakah perguruan tinggi akan menerima kamu atau tidak. Tetapi, wawancara dapat memberikan kesempatan agar universitas mengenal kamu lebih baik. Wawancara memberi kesempatan untuk menunjukkan minat di perguruan tinggi.

Gunakan waktu sebaik mungkin agar kamu bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi tes wawancara bahasa Inggris masuk kuliah. Salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan kursus bahasa Inggris Ican English.

Pilih program yang dapat meningkatkan keterampilan speaking agar kamu bisa fasih berkomunikasi bahasa Inggris. Keterampilan speaking ini juga akan membantu agar kamu bisa melewati tahap wawancara dengan sukses.

Selama mengikuti kegiatan di tempat kursus, kamu akan dibimbing tutor yang sudah mahir berbahasa Inggris, mendapatkan saran untuk mengembangkan potensi. Untuk tahu lebih lanjut dengan program jursus di Speaking class kami, hubungi tim sekarang juga! 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web