Mau Wawancara Bahasa Inggris Masuk Kuliah? Hindari Kesalahan Ini!

Mau Wawancara Bahasa Inggris Masuk Kuliah? Hindari Kesalahan Ini!

Wawancara Bahasa Inggris untuk masuk kuliah mungkin bukan bagian  paling penting dalam aplikasi, tetapi sangat membantu menciptakan kesan yang positif.

Wawancara adalah tahap yang bagus untuk menunjukkan kepribadian kamu dalam aplikasi. Jika selama wawancara, kamu menunjukkan kesan yang buruk, maka akan mempengaruhi kesempatan diterima di universitas tersebut.

5 Kesalahan dalam Wawancara Bahasa Inggris Masuk Kuliah

Jika kamu sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara Bahasa Inggris untuk masuk kuliah, berikut adalah beberapa kesalahan yang wajib kamu hindari:

1. Datang Terlambat

Petugas yang mewawancarai calon mahasiswa adalah orang-orang yang sibuk. Biasanya, petugas tersebut adalah komunitas alumni yang meluangkan waktu untuk bertemu dengan calon mahasiswa. Mereka harus bolak-balik karena jadwal yang padat.

Jika kamu datang terlambat, menciptakan kesan bahwa kamu kurang bertanggungjawab dan membuat kekacauan dalam proses pembagian waktu saat wawancara. Bahkan menciptakan kesan bahwa nantinya, kamu adalah mahasiswa yang tidak disiplin.

Jika kamu mengalami masalah pada saat pelaksanaan wawancara, pastikan untuk menghubungi pihak admisi. Tujuannya adalah agar mereka dapat mengatur jadwal jika diperlukan.

Baca juga:
Tes Wawancara Bahasa Inggris Masuk Kuliah

2. Salah Kostum

Ketika kamu akan menghadapi wawancara, pastikan untuk mengenakan pakaian yang rapi. Pilih kostum yang semi formal. Jika kamu datang saat wawancara mengenakan jeans atau pakaian casual, hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak peduli dengan situasi. Perhatikan juga aturan pakaian jika pihak universitas telah mengaturnya.

3. Terlalu Irit Berbicara

Petugas bagian wawancara ingin tahu banyak tentang kepribadian kamu. Jika kamu hanya menjawab pertanyaan dengan respon singkat, seperti “Yes” dan “No”, membuat mereka tidak akan terkesan dan justru membuat kamu seperti kurang siap dengan dunia perkuliahan.

Jika ingin berhasil menghadapi wawancara, kamu harus mampu menunjukkan minat dalam dunia perkuliahan. Sangat wajar jika kamu merasa gugup selama wawancara, tetapi cobalah untuk mengatasi perasaan gugup tersebut dengan berkontribusi pada percakapan. Misalnya, kamu bisa belajar apa saja macam-macam pertanyaan populer saat wawancara.

Selain itu, tidak ada salahnya jika kamu bertanya balik kepada petugas wawancara tentang pengalaman mereka saat di bangku kuliah. Ingat bahwa wawancara yang baik adalah percakapan dua arah.

4. Menghafal Jawaban

Kamu seharusnya menghadapi wawancara untuk menjadi diri sendiri. Jika kamu telah mempersiapkan jawaban wawancara, maka akan terdengar seperti tidak natural. Sehingga, kamu akan gagal membuat petugas wawancara terkesan dengan kepribadian dan keahlian kamu dalam berbahasa Inggris.

5. Makan Permen Karet

Saat wawancara, jika kamu mengunyah permen karet, maka akan sangat mengganggu petugas wawancara. Selain itu, menciptakan kesan yang tidak sopan.

Kamu ingin agar petugas wawancara benar-benar memperhatikan dan mendengarkan kamu. Bukan malah memperhatikan tindakan seperti mengunyah permen karet yang memberikan sinyal bahwa kamu tidak tertarik dengan sesi wawancara ini. Jangan pula menggigit-gigit jari saat sedang wawancara.

Baca Juga:
Benefit Kursus Bahasa Inggris Murah Untuk Karyawan

Cara Cepat Lancar Wawancara Bahasa Inggris

Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi wawancara Bahasa Inggris untuk masuk kuliah. Kamu harus rutin melakukan latihan berbicara dalam Bahasa Inggris, menggunakan tata bahasa yang tepat dan kosakata yang sesuai konteks.

Agar kamu bisa menghadapi sesi wawancara dengan baik, pergunakan waktu yang tersisa untuk belajar di tempat kursus ICAN English. Saat di kelas, kamu akan mengikuti kegiatan latihan speaking yang intensif. Tujuannya agar kamu bisa berbicara di hadapan publik dengan penuh percaya diri.

Dari kegiatan wawancara nanti, kamu mempunyai peluang untuk menunjukkan potensi berbahasa Inggris dan berbicara di hadapan publik. Keterampilan ini membuat kamu tampak unggul dibandingkan kandidat mahasiswa lainnya. Mungkin saja, dari potensi tersebut, pihak kampus mampu memberikan tawaran berkarir yang tidak kamu sangka!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.