Tips and Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Tips and Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Tips dan trik belajar bahasa Inggris sangat penting untuk membantu kemampuan kamu dalam bahasa asing tersebut semakin meningkat. Dijaman sekarang bahasa Inggris telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Bahkan, banyak kata serapan dari bahasa Inggris yang telah meresap dalam bahasa Indonesia dan sering kita gunakan. Kehadiran banyak kata serapan ini memudahkan kita dalam memahami bahasa Inggris tanpa harus merasa sulit atau rumit. Jadi, tidak ada alasan untuk menyerah dalam belajar bahasa Inggris.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Selain mengikuti kursus bahasa Inggris profesional disarankan untuk belajar secara mandiri di manapun kamu berada sehingga kemampuan bahasa Inggris meningkat  dengan cepat.

Tips and Trik Belajar Bahasa Inggris agar Lebih Mudah

Apabila kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat, berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa dicoba:

Perbanyak Kosakata Bahasa Inggris Adalah Bagian Penting

Langkah awal yang perlu dikuasai dalam mempelajari bahasa Inggris adalah menguasai kata-kata dasarnya. Mulailah dengan mempelajari kata benda, kata sifat, dan kata kerja beserta cara pengucapannya.

Setelah itu, cobalah untuk merangkai kalimat-kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kalimat untuk berkenalan, meminta bantuan, atau menanyakan kabar.

Baca juga:
Cara Cepat Melatih Bahasa Inggris

Perbanyak Baca Artikel Bahasa Inggris

Membaca artikel berita bisa menjadi pengalaman yang menarik dan informatif. Jika kamu sudah terbiasa membaca artikel dalam bahasa Indonesia, cobalah untuk membaca artikel berbahasa Inggris.

Selain dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu juga akan mendapatkan wawasan tentang berita internasional dari berbagai belahan dunia, yang tentunya akan memperluas pengetahuan.

Nonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Tips dan trik belajar bahasa Inggris selanjutnya bisa dicoba adalah sering-sering menonton film menggunakan bahasa Inggris tanpa bantuan subtitle. Saat beristirahat, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar bahasa Inggris dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle.

Terutama jika kamu suka menonton film-film Hollywood, hal ini akan membantumu terbiasa mendengar kata-kata bahasa Inggris dari penutur aslinya, yang mungkin kurang familiar bagi telinga kita sebagai orang Indonesia. 

Perbanyak Membaca Buku

Jika ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris ke level yang lebih tinggi, coba manfaatkan waktu dengan membaca buku dalam bahasa tersebut. Jika kamu menyukai novel, buku-buku tersebut dapat menjadi sumber kosakata baru yang melimpah.

Biasanya, bahasa yang digunakan dalam novel cenderung lebih kompleks dengan kosa kata yang tidak sering kita temui dalam percakapan sehari-hari. Ada banyak novel bahasa Inggris bisa dipilih sesuai dengan genre yang kamu sukai, sehingga membaca buku dalam bahasa Inggris menjadi lebih bersemangat.

Baca Juga:
Materi Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah memperdalam kemampuan membaca dan mendengarkan, penting juga untuk mempelajari kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Salah satu cara adalah dengan merangkum isi film yang ditonton atau buku yang dibaca, lalu menuliskannya kembali dalam bahasa Inggris.

Setelah selesai menulis, penting untuk memeriksa apakah ada kesalahan dalam makna atau cara penulisan kalimat yang telah dibuat. Jika ingin lebih sederhana kamu juga bisa mencoba untuk menulis bahasa Inggris dengan menceritakan kegiatan sehari-hari, sehingga kosakata yang digunakan juga tidak terlalu sulit ditemukan.

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris dan Tulis Kembali Liriknya

Bagi pecinta musik yang gemar mendengarkan lagu-lagu hingga menghafal liriknya, ada cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Manfaatkan pendengaranmu dengan mencoba menghafal lirik lagu tanpa membaca teksnya di internet.

Setelah mendengarkan lagu, cobalah untuk menuliskan kembali lirik yang telah didengar dalam buku catatan atau catatan di ponsel. Kemudian, kamu dapat mengevaluasi sendiri berapa banyak kata yang ditulis dengan benar dan yang salah dari hasil transkripsi tersebut.

Dengarkan Podcast Bahasa Inggris

Jika kurang suka mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris dan menuliskan kembali liriknya, maka kamu bisa mencoba untuk banyak mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Podcast sedang menjadi tren tinggi di era digital saat ini, memungkinkan pendengar untuk menikmatinya kapan pun dan di mana pun.

Meskipun banyak podcaster lokal dengan konten menarik, mengapa tidak mencoba mendengarkan podcaster dari luar negeri? Dengan mendengarkan podcast luar negeri, kamu bisa mendapatkan wawasan baru dari berbagai negara serta memperkaya pemahaman bahasa Inggrismu.

Manfaatkan Game Online Berbahasa Inggris

Tips dan trik belajar bahasa Inggris selanjutnya yang bisa dimanfaatkan dan cukup menyenangkan adalah bermain game online. Mungkin tidak banyak yang menduga bahwa bermain game online bisa menjadi sarana pembelajaran bahasa Inggris yang efektif.

Saat terlibat dalam permainan tersebut, kamu berinteraksi dengan pemain lain dari berbagai belahan dunia. Terutama jika game yang kamu mainkan membutuhkan komunikasi verbal, kamu dapat belajar berbagai aksen bahasa Inggris yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. 

Latihan Speaking di Depan Cermin

Berbicara di depan cermin dengan menggunakan bahasa Inggris adalah salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan speaking. Banyak individu merasa kurang percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Mereka khawatir akan terdengar kikuk karena kebingungan, kesalahan pengucapan, aksen yang kurang lancar, dan alasan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melatih diri dengan berbicara di depan cermin.

Ulangi kalimat dan kosakata yang umum digunakan secara berulang-ulang agar kamu lebih lancar dan percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain. 

Cari Tahu Arti Kosakata Baru dan Catat

Setiap menemukan kosakata baru dalam bahasa Inggris pastikan kamu sudah mengetahui arti dari kosakata tersebut dan segera catat agar tidak lupa. Jadi kamu wajib untuk memiliki Google Translate atau aplikasi penerjemah lainnya di smartphone kamu.

Aplikasi tersebut akan membantumu dengan cepat mencari arti kata atau kalimat yang tidak kamu mengerti. Jangan ragu untuk melakukannya, karena ini merupakan cara yang efektif untuk memperluas kosakata yang belum kamu ketahui sebelumnya. 

Baca juga:
5 Manfaat Kuis Belajar Bahasa Inggris

Penutup

Jika tertarik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan tepat dan cepat, salah satu cara yang direkomendasikan adalah bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris profesional seperti ICAN English. Tentu ada banyak sekali tips dan trik belajar bahasa Inggris yang bisa dicoba di rumah, tetapi melalui lembaga kursus bahasa Inggris kamu akan mendapatkan pembelajaran dengan materi yang sesuai.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi