Materi Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Materi Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Hal apa pun, agar mencapai hasil yang bagus harus dimulai dari dasar. Belajar bahasa Inggris juga harus dimulai dari dasar. Mengetahui materi belajar bahasa Inggris otodidak saja tidak cukup. Kamu perlu meningkatkan pemahaman dengan metode belajar yang tepat.

Untuk memulai belajar, kamu bisa memulai dari grammar hingga percakapan dalam bahasa Inggris. Mengerti dasar-dasar belajar bahasa Inggris akan membuat kamu lancar memahami materi demi materi.

4 Daftar Materi Untuk Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Ada beberapa materi dasar yang perlu kamu pelajari agar mudah berbahasa Inggris. Semua dasar yang akan kamu simak di bawah ini bisa digunakan untuk belajar otodidak maupun di tempat les. 

1. Pahami Bentuk Kata (Tenses)

Tenses atau bentuk kata adalah komponen terpenting dan paling dasar untuk belajar bahasa Inggris. Tenses juga bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menginformasikan waktu terjadinya sebuah peristiwa. Adapun waktu yang dimaksud adalah masa lalu, masa kini dan masa depan. 

Mengerti tenses adalah hal yang sangat mendasar untuk memulai kegiatan belajar bahasa Inggris. Itulah sebabnya, tenses ada di halaman paling awal dalam buku bahasa Inggris.

Apabila kamu sudah menguasai dan mengerti seluruh tenses yang ada, kamu bisa dikatakan menguasai bahasa Inggris sekitar 60%. Untuk tenses yang harus kamu pelajari ada 16 jumlahnya. Tenses merupakan gabungan dua komponen dasar yang tidak boleh dipisahkan, yaitu waktu dan peristiwa. 

Waktu : 

  • Present / Sekarang
  • Past / Masa lalu
  • Future / Masa yang akan datang
  • Past Future / Rencana di masa lalu

Peristiwa :

  • Simple / Aktivitas saat ini
  • Continuous / Aktivitas yang sedang berlangsung
  • Perfect / Aktivitas yang telah selesai
  • Perfect Continuous / Aktivitas yang sedang terjadi dengan durasi waktu

Manfaat paham tenses sangat besar, interaksi dalam bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan benar. Menulis maupun berbicara akan mudah kamu lakukan dengan benar juga.

Baca juga : Ketahui Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Masa Depan

2. Latihan Mendengarkan (Listening)

Kalau kamu sudah paham dengan tenses, selanjutnya kamu akan mempelajari listening. Listening merupakan skill atau keahlian bahasa Inggris cara penerapannya dengan mendengarkan kosakata di dalam kalimat. 

Setelah kamu mendengarkan, otomatis kamu bisa terbiasa memahami istilah-istilah bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa memahami ketika orang lain mengajak komunikasi dengan bahasa Inggris. Listening adalah materi yang harus kamu pelajari untuk menguasai bahasa Inggris. Trik awal untuk meningkatkan kemampuan listening adalah belajar terus meskipun sedikit.

Belajar yang buru-buru membuat kamu tidak mudah mengingat yang sudah dipelajari. Kamu bisa menyisihkan waktu 5 sampai 10 menit untuk belajar listening setiap hari. Pilih materi listening sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, jangan sampai levelnya tinggi melebihi kemampuan. 

Sekarang ini, sudah banyak internet untuk membantu kamu menonton konten dalam bahasa Inggris, contohnya podcast, film, video dan lain sebagainya. Banyak sekali media yang bisa kamu pilih untuk mendukung belajar listening. 

Konten dalam bahasa Inggris tidak harus selalu serius, bisa konten lucu untuk menambah tabungan kosakata. Dengarkan dan terjemahkan lirik dari sebuah lagu yang didengarkan. Carilah kosakata baru dan asing untuk dicatat agar kamu semakin mudah belajar listening.

Agar kamu memiliki konsep baru dalam belajar listening, bisa mempelajari arti kosakata yang baru. Gunakan kamus untuk mencari arti kosakata yang baru kamu temukan. Dari sini, kamu bisa memahami konsep dan konteks kosakata dalam bahasa Inggris.

Baca Juga : Cara Ampuh Belajar Writing Bahasa Inggris

3. Materi Membaca (Reading)

Materi belajar bahasa Inggris otodidak yang mendasar lainnya adalah membaca. Membaca atau melafalkan kosakata dalam bahasa Inggris tentu akan membuat kamu dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. 

Beberapa bacaan yang bisa kamu pilih, seperti procedure text atau descriptive text, kamu akan lebih peka terhadap struktur kata bahasa Inggris yang terbentuk. Dari hal ini kamu akan mempelajari kosakata bahasa Inggris dalam jumlah yang semakin banyak. Pelan-pelan, kamu bisa ahli menulis dan mengoreksi kalimat dalam bahasa Inggris. 

4. Keterampilan Speaking

Setelah empat dasar belajar di atas, terakhir yang harus kamu pelajari adalah speaking atau berbicara. Latihan yang dapat kamu lakukan secara agar mahir speaking adalah berbicara dengan diri sendiri, mencari teman untuk berdialog, melihat percakapan bahasa Inggris.

Baca Juga : Tips Pintar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Trik Meningkatkan Bahasa Inggris secara Otodidak

Membaca buku cerita anak dalam bahasa Inggris bukanlah sesuatu hal yang memalukan. Jika belum bisa bahasa Inggris, justru dapat memanfaatkan buku cerita anak sebagai media belajar membaca. Biasanya terdapat terjemahan di dalam buku, kamu bisa memahami isi cerita. Jika kamu sudah semakin terbiasa membaca, bisa memilih artikel dan novel sebagai bahan bacaan. 

Cara lainnya dalam meningkatkan kemampuan reading, caranya adalah membaca kemudian memikirkan isi dari bacaannya. Tulis beberapa pertanyaan untuk kamu jawab sendiri agar kamu dapat mengetahui seberapa kemampuan kamu dalam belajar bahasa Inggris. Dari cara ini, kamu bisa belajar writing juga.

Berikutnya, kamu bisa belajar keterampilan lainnya, termasuk writing. Writing merupakan materi belajar bahasa Inggris otodidak yang perlu dipelajari setelah mahir listening dan reading. Dengan menulis dalam bahasa Inggris akan mengetahui sejauh mana kamu mengetahui kemampuan kamu dari tata bahasa maupun kosakata.

Bingung belajar berbagai materi Bahasa Inggris secara otodidak? ICAN English adalah solusi terbaik untuk mempelajari Bahasa Inggris untuk pekerjaan, pendidikan, atau hiburan. Buat pengalaman kamu belajar lebih mudah dengan bantuan materi pembelajaran dan tutor berpengalaman di kelas interaktif kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi