kegunaan spelling dan grammar

Kegunaan Spelling dan Grammar

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu perlu mempelajari banyak materi. Spelling dan grammar adalah dua materi yang seringkali dianggap sulit oleh para pelajar bahasa Inggris. Padahal, mengetahui kegunaan spelling dan grammar akan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Spelling seringkali dilupakan padahal memiliki fungsi yang sangat penting dalam penulisan, seperti untuk membentuk kalimat dan paragraf yang benar. Sedangkan, grammar adalah salah satu komponen yang sama sekali yang tidak boleh diabaikan. Untuk bisa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, kamu harus mempelajari grammar.

Pentingnya Spelling dan Grammar

Jika dilihat dari pengertiannya, spelling adalah ejaan yang juga kamu pelajari dalam bahasa Indonesia. Perbedaannya terletak pada aturan di dalamnya, seperti spelling seputar abjad hingga spelling yang berbeda antara aksen American dan British.

Grammar memiliki aturan yang lebih banyak lagi. Bahkan, di dalamnya mencakup 16 tenses yang perlu kamu pahami satu per satu.

Spelling

Spelling memiliki banyak aturan. Jika dijabarkan ada beberapa aturan dasar yang bisa kamu pelajari, seperti misalnya:

  • Prefiks (awalan): Pengejaan yang menggunakan aturan prefix biasanya tidak mengganti atau mengubah kata dasar, misalnya saja disobey ; dis + obey, dissatisfied : dis + satisfied, insane : in + sane.
  • Plurals: Untuk spelling plurals yang dimaksud adalah kata benda regular dengan penambahan +S pada akhir satu kata. Misalnya saja, bring : brings, smile : smiles, speak : speaks.
  • Doubling consonant: Spelling di sini harus menambahkan -ed, -er, -est atau -ing, jika huruf belakangnya adalah konsonan. Contohnya adalah hopped : hp + ed, rubbed : rub + ed, traveler : travel + er.

Aturan ini tidak beraturan, di mana ada beberapa pola yang bisa dipelajari seperti di atas, dan ada beberapa pola yang tidak dapat dipelajari.

Baca Juga:
Cara Mudah Menguasai Grammar Bahasa Inggris

Grammar

Grammar ini menjadi penunjang dalam berbicara dan menulis bahasa Inggris. Grammar atau tata bahasa bahasa Inggris adalah aturan yang diberlakukan dalam penggunaan bahasa untuk lisan maupun tulisan. Pemakaian grammar yang tepat akan menghasilkan kalimat dan paragraf yang jelas.

Grammar juga memiliki peran yang sangat penting dalam berkomunikasi. Untuk menghindari kesalahpahaman, maka kamu harus menggunakan grammar yang tepat agar tidak menyebabkan kebingungan.

Tanpa memperhatikan grammar, kalimat yang kamu ucapkan cenderung memiliki pola yang tidak beraturan dan arti yang ambigu. Oleh karenanya, kamu perlu menggunakan grammar yang tepat dan memperhatikan penggunaannya.

Baca Juga:
Materi Basic English Grammar

Trik Menghindari Kesalahan Penggunaan Grammar dan Spelling

Keterampilan grammar dan spelling adalah hal penting penting tidak hanya dalam proses pendidikan setiap siswa tetapi juga dalam kehidupan kerja selanjutnya. Untuk menghindari kesalahan ejaan dan tata bahasa, coba ikuti tips berikut ini:

  • Baca lebih banyak buku untuk meningkatkan memori visual
  • Kerjakan teka-teki silang, tulis dikte, mainkan permainan kata, atau lakukan aktivitas berguna lainnya untuk menguji diri kemampuan kamu
  • Periksa teks buatan sendiri dan baca ulang teks tersebut. Menurut statistik, banyak kesalahan bermula dari ketergesaan dan dapat dengan mudah dihilangkan dengan pemeriksaan yang cermat.
  • Cobalah untuk tidak mengalihkan perhatian kamu dengan gadget lain saat mengerjakan teks atau belajar mengenai spelling dan grammar.

Baca Juga:
Perbedaan Grammar British dan American

Tips Menguasai Grammar dan Spelling dengan Cepat

Karena kegunaan spelling dan grammar termasuk dalam materi bahasa Inggris. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris dengan tutor berpengalaman dan kursus intensif.

Untuk bisa menguasai grammar dan spelling, kamu bisa membaca banyak buku atau teks berbahasa Inggris. Kamu juga bisa menonton banyak film atau serial tv berbahasa Inggris untuk lebih familiar dengan aksen dan pola kalimat yang mereka gunakan.

Jangan lupa untuk mempraktikkannya secara langsung. Kamu bisa membaca dengan suara keras atau juga berkomunikasi dengan orang lain. Percakapan bahasa Inggris yang dilakukan secara rutin akan membuat kamu terbiasa menggunakan grammar yang baik dan melakukan pengucapan dengan benar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web