tips cerdas menghadapi basic english comprehension test

Tips Cerdas Menghadapi Basic English Comprehension Test

Apakah saat ini kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi basic english comprehension test? TOEFL, IELTS, Cambridge, GMAT atau tes lainnya dapat digunakan untuk syarat masuk universitas, syarat kelulusan sekolah, atau untuk urusan imigrasi ketika kamu pindah ke negara berbahasa Inggris.

Kamu juga dapat memanfaatkan skor tes Cambridge untuk melengkapi CV. Apapun alasannya, kamu wajib mengetahui bagaimana cara agar bisa menghadapi ujian bahasa Inggris tersebut dengan baik.

Tiga Tips Menghadapi Basic English Test

Keberhasilan mengerjakan basic english comprehension test bergantung pada pemahaman bahasa Inggris yang kamu miliki. Mulai dari reading, grammar, listening, speaking, writing, dan vocabulary. Namun, memahami semua hal tersebut tidaklah cukup. Kamu juga membutuhkan strategi yang tepat dengan mengikuti panduan dari ICAN English berikut:

1. Ketahui Kategori Tes

Tugas pertama yang harus kamu pahami adalah memilih buku persiapan, atau materi digital yang berisikan berbagai soal-soal latihan. Buku tersebut akan membantu kamu belajar semua hal, termasuk struktur tes dan macam-macam pertanyaan.

Ujian ESL mempunyai tiga jenis pertanyaan yaitu pilihan ganda, vocabulary, dan fill in the gap. Soal dengan format True or False atau Yes or no, juga termasuk dalam jenis pilihan ganda. Walaupun terkesan mudah, dalam soal pilihan ganda terkadang dapat membingungkan peserta, karena adanya pengecoh.

Agar tidak terkecoh, maka kamu harus membaca pertanyaan terlebih dahulu, lalu baca bacaannya atau dengar percakapan di audio. Baca pertanyaan dengan hati-hati. Ketika membaca pertanyaan, jangan melihat opsi jawaban terlebih dahulu karena akan mengganggu konsentrasi.

Jika sudah menemukan informasi yang tepat, maka kamu bisa langsung memeriksa pilihan jawaban yang ada. Pilih jawaban sesuai dengan informasi yang sudah kamu peroleh dari bacaan atau audio. Perhatikan bahwa jawaban yang tepat tidak selalu menggunakan kosakata yang sama seperti di bacaan atau di audio. Justru, jawaban yang tepat biasanya menggunakan sinonim atau parafrase.

Untuk menjawab soal jenis vocabulary, maka kamu harus mampu menjawab kosakata yang mempunyai makna sama atau frasa dari teks tersebut. Fokus pada teks dengan vocabulary yang ditanyakan. Baca kalimatnya, dan pelajari konteks pembahasannya. Gunakan teknik ini ketika kamu juga akan menjawab soal fill in the gap.

Baca Juga:
Tips Menjawab Soal English Comprehension Level Test

2. Latihan Tes

Pilih buku persiapan tes yang sesuai dan gunakan untuk latihan. Ada banyak buku persiapan yang bisa kamu gunakan. Atau kamu bisa ikut kursus ICAN English dengan memilih program belajar yang sesuai dengan ujian yang akan kamu hadapi.

Misalnya, kamu berencana mengikuti tes TOEFL 6 bulan ke depan. Maka, kamu masih punya waktu cukup untuk mengambil kelas TOEFL Preparation Class bersama tutor profesional di tempat kursus tersebut. Beri waktu sebanyak mungkin untuk latihan intensif. Untuk mengikuti tes seperti ini, kamu telah mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Latihan juga dapat dilakukan dengan sering mengerjakan berbagai contoh soal latihan tes Bahasa Inggris sesuai tes yang akan kamu hadapi. Saat mengerjakan soal-soal latihan, kamu juga harus memberikan durasi waktu yang sama sepertihalnya durasi waktu dalam menghadapi tes resmi.

Jika kamu belajar mengerjakan soal-soal latihan tes yang sesuai dengan ujian yang akan kamu hadapi, maka kamu akan merasa lebih familiar. Dengan cara inilah maka kamu akan berhasil menghadapi semua ujian tersebut.

3. Latihan Membaca

Untuk meningkatkan keterampilan membaca, kamu bisa latihan dengan cara membaca bacaan teks berbatas waktu. Simpulkan informasi yang disampaikan dalam satu atau dua kalimat. Cara belajar ini disebut sebagai global comprehension, agar kamu bisa tetap membaca dengan tenang walaupun dalam kondisi dibawah tekanan saat ujian.

Selain itu, kamu juga bisa belajar teknik skimming, yaitu membaca bacaan cepat. Sehingga, kamu dapat memperoleh seluruh informasi tanpa memperhatikan detail kecil dalam bacaan.

Baca Juga:
Cara Latihan English Writing and Comprehension yang Wajib Kamu Coba

Most Popular English Comprehension Test

Dari berbagai basic english comprehension test, ada beberapa yang paling populer seperti IELTS, TOEFL, dan Cambridge English Qualifications. IELTS dan TOEFL adalah tes yang berbeda dari tes lainnya, karena kedua jenis tes tersebut sudah mendapatkan pengakuan dan diterima oleh banyak lembaga di dunia.

Tes Bahasa Inggris juga banyak digunakan untuk kepentingan pekerjaan. Pemilik perusahaan, lembaga profesional, dan lembaga asosiasi sangat bergantung pada tes Bahasa Inggris untuk memilih kandidat yang tepat. Jika kamu berhasil mencapai nilai yang bagus dalam tes English Comprehension, kamu juga akan mempunyai prospek pekerjaan yang tinggi pula.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu basic english test dan apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi tes tersebut. Pada akhirnya, kamu harus berlatih secara intensif sebelum hari ujian tiba. Semakin sering latihan, maka semakin mudah untuk mengerjakan soal-soal ujian.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web