tips management waktu untuk pte listening section

Tips Management Waktu untuk PTE Listening Section

Pearson Test of English Academic atau PTE merupakan ujian kompetensi bahasa Inggris yang terkenal secara global. PTE Academic telah diakui oleh  banyak Universitas, institusi, bahkan beberapa negara tertentu mengharuskan adanya PTE  untuk keperluan keimigrasian.

Tes kemampuan bahasa Inggris yang satu ini bukan ujian pengetahuan bahasa Inggris secara luas tetapi akan menilai kemampuan kamu untuk memahami bahasa Inggris secara dasar. Sekalipun hujan ini dianggap tidak terlalu menantang, tetapi ada berbagai macam persiapan yang harus dilakukan.

Tips Manajemen Waktu PTE Sesi Listening

Di dalam tes PTE  ada beberapa sesi, salah satunya adalah listening atau sesi mendengarkan. Banyak peserta yang sulit untuk lolos dari sesi listening ujian PTE karena management waktu tidak bisa berjalan dengan baik.

Berikut ini beberapa cara manajemen waktu yang bisa dilakukan untuk sesi PTE listening sehingga dapat menyelesaikan tes dengan  baik.

1. Mulai Rangkum Tes Lisan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mulai merangkum tes lisan  yang memiliki batas waktu terpisah selama 10 menit. Perlu diingat bahwa kamu harus menggunakan waktu yang diberikan untuk merangkum tes lisan saja, jangan mencoba menghemat waktu karena tidak dapat  digunakan untuk tugas lain.

2. Hindari Membuang Waktu

Ketika sedang mengerjakan ujian PTE,  disarankan agar kamu tidak membuang waktu untuk hal-hal sepele. Jadi manfaatkan waktu dengan baik, dan gunakan waktu pada bagian mendengarkan PTE listening,  sebab kamu  harus memastikan agar  tidak terburu-buru melewati bagian atau melewatkan salah satu bagian penting dari sesi mendengarkan ini.

Masalah ini sering sekali dilakukan oleh peserta tes PTE, dimana mereka membuang waktu untuk beberapa hal yang tidak penting akan menghambat peserta untuk melanjutkan pada  jenis pertanyaan yang terakhir. 

3. Tugas “Pilih Kata yang Hilang” Selesaikan dengan Cepat

Selanjutnya untuk mengerjakan soal “pilih kata yang hilang”  pastikan menyelesaikan dalam waktu yang lebih cepat yaitu sekitar 30 detik dalam satu pertanyaan. Jadi setelah kamu mendengarkan klip audio selama kira-kira 25 detik, segera pilih kata yang salah dari daftar 5 kata alternatif.

Usahakan agar memilih Respon yang tepat dalam waktu kurang dari 30 detik, sebab audio tidak bisa diputar lagi. Tidak ada gunanya membuang waktu untuk melakukan analisis opsi yang tersedia beberapa kali.

Baca Juga:
Tips Meningkatkan Skor English Speaking Proficiency Exam

4. Coba Perhatikan Ringkasan yang Benar

Selanjutnya cobalah untuk menggunakan teknik “ perhatikan ringkasan yang benar”, di mana peserta harus mencocokkan jawaban yang benar dari daftar alternatif yang telah disediakan sebagai catatan.

Jadi kamu hanya perlu mencocokkan catatan yang telah dibuat dengan pilihan jawaban yang sesuai, pastikan untuk memilih tidak lebih dari 30 detik. Kamu harus mengingat bahwa ada beberapa opsi yang tersedia, dan audio tidak bisa diputar ulang jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya. 

Apabila kamu merasa tidak yakin dengan jawaban yang dimiliki, lanjutkan pada yang berikutnya.

5. Banyak Berlatih Latihan Sosial PTE Listening Section

Tips terakhir yang wajib dilakukan adalah sering berlatih soal PTE listening section agar lebih terbiasa dengan pola ujian dan memprioritaskan beberapa kegiatan untuk membantu mendapatkan skor tinggi.

Bagian paling penting adalah kamu harus bisa mengenali kapan harus membuang topik dan berhenti membuang waktu untuk memperhatikan dan mendengarkan pemanis saja dalam listening section PTE. 

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Skor PTE Reading Section

Tips Menyelesaikan Soal untuk PTE Listening

Pertanyaan untuk PTE listening section dibuat berdasarkan rekaman audio dan video. Setiap klip audio dan video hanya bisa didengar satu kali. Berikut ini beberapa tips untuk membantu kamu mempersiapkan diri menyelesaikan PTE listening section untuk setiap jenis pertanyaan.

  • Coba perhatikan kata-kata yang paling membutuhkan perhatian. 
  • Terus berlatih listening melalui serial TV maupun film bahasa Inggris dan pas subtitle.
  • Sering-sering mendengar informasi baru yang bisa memperluas kosakata bahasa Inggris
  • Sangat penting untuk membaca dan memahami pertanyaan secara menyeluruh sebelum mendengarkan Audio
  • Pertahankan konsentrasi sampai akhir karena informasi penting biasanya ada di bagian akhir.

Lakukan beberapa hal tersebut sebagai persiapan untuk menghadapi listening section agar lebih mudah menjawab semua pertanyaan tepat waktu.

Beberapa Jenis Pertanyaan di PTE Listening Section

Ada beberapa jenis pertanyaan yang akan didengarkan pada PTE  listening section, seperti berikut;

  • Ringkas teks lisan –  kamu harus menulis ringkasan 50 sampai 70 kata dari teks lisan setelah mendengarkan selama 10 menit.
  • Pilihan ganda,  jawaban ganda–  setelah mendengarkan rekaman audio, Pilihlah beberapa respon akurat dari daftar alternatif.
  • Isi bagian yang kosong –  dengan mendengarkan klip audio terkait, kamu harus mengisi bagian yang kosong dengan benar dalam transkrip.
  • Sorot ringkasan yang benar –  setelah mendengarkan rekaman audio, pilih salah satu dari daftar opsi untuk meringkas rekaman paling akurat.
  • Pilihan ganda, jawaban tunggal –  setelah mendengarkan rekaman audio untuk pertanyaan pilihan ganda, Pilih satu jawaban yang benar.
  • Pilih kata yang hilang –  untuk mengisi kata-kata dalam rekaman audio yang telah dibunyikan, pilih kata yang tepat dan pas.
  • Sorot kata yang salah –  setelah mendengarkan dan membandingkan transkrip dengan audio asli, identifikasi kesalahan.

Itulah beberapa pertanyaan yang mungkin kamu dapatkan selama ujian PTE listening section. Pastikan mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa melewati ujian dengan lancar. Kamu bisa memilih kelas persiapan PTE untuk melewati tes ini dengan baik.

PTE listening section adalah bagian penting yang harus diselesaikan dengan baik. Kebanyakan para peserta merasa kesulitan untuk manajemen waktu sebaik mungkin dalam sesi listening. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan mulai dari  meringkas teks lisan,  hindari membuang waktu,  pilihan kata yang hilang harus diselesaikan dengan cepat,  perhatikan ringkasan yang benar , dan perbanyak latihan soal.

Jika ingin latihan PTE  agar bisa mendapatkan skor yang sesuai,  Coba minta bantuan lembaga bahasa Inggris terbaik ICAN English,  yang memberikan program untuk mempersiapkan PTE.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web