tips meningkatkan skor english speaking proficiency exam

Tips Meningkatkan Skor English Speaking Proficiency Exam

Apakah kamu berencana untuk mengikuti ujian english speaking proficiency? Banyak pelajar bahasa Inggris tertarik mengikuti tes bahasa Inggris resmi untuk menilai kemampuan bahasa Inggris. Salah satu komponen dari ujian tersebut adalah komponen berbicara atau speaking.

Tes berbicara bahasa Inggris menguji kemampuan berbeda, tergantung tes yang kamu pilih. Umumnya, kamu akan diuji bagaimana cara memperkenalkan diri, berbicara tentang topik umum, atau berbicara sendiri tentang topik atau gambar tertentu. Selain itu, tes speaking juga dapat berupa menjawab pertanyaan tentang topik atau gambar tertentu dan berupa percakapan lebih rinci atau diskusi tentang subjek tertentu.

Tips Memperoleh Skor Bagus dalam English Speaking Proficiency Exam

Jika kamu tahu apa yang harus dilakukan dalam ujian speaking, akan lebih mudah untuk mempersiapkan diri. Kamu juga bisa belajar dari berbagai contoh pertanyaan dan topik yang sering muncul dalam tes tersebut.

Jenis pertanyaan dan topik dalam tes speaking agak mudah ditebak. Misalnya berbicara tentang keluarga, olahraga, dan pendidikan. Dari semua contoh english speaking proficiency test, dapat membantu kamu untuk berlatih terlebih dahulu.

Kamu juga bisa mencoba latihan dengan teman atau guru bahasa Inggris untuk membicarakan topik umum dan berlatih menjawab pertanyaan. Seorang guru bahasa Inggris dapat memberikan evaluasi. Kamu juga dapat merekam diri sendiri dan mendengarkan kembali, kemudian melakukan evaluasi agar sesuai target.

Baca Juga:
Materi Dasar Speaking English

Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai tips berikut:

Berinteraksi Secara Alami

Selama ujian, cobalah melakukan semuanya secara natural, tersenyum dan pertahankan kontak mata. Tidak perlu gugup ketika penguji mencatat ujian, karena catatan tersebut tidak sekadar berisi kesalahan kamu. Cobalah berinteraksi secara alami.

Penting untuk berbicara dengan jelas dan dengan pengucapan baik sehingga penguji dapat memahami apa yang kamu katakan. Karena waktunya terbatas, cobalah untuk berbicara dengan kecepatan natural dan tanpa mengulanginya sendiri. Kamu juga dapat mengambil jeda sebentar, untuk berpikir sebelum menjawab.

Penguasaan Tata Bahasa Inggris dan Kosakata

Coba gunakan tenses yang berbeda dan kalimat lebih panjang. Perhatikan apakah kamu berbicara tentang masa lalu, masa kini, atau masa depan. Kamu juga wajib memperhatikan apakah kamu menggunakan kata kerja modal, dan kalimat dengan banyak klausa. Cobalah untuk menunjukkan pengetahuan tata bahasa kepada penguji.

Selama menjalani tes speaking, adalah penting untuk menggunakan berbagai kata yang mendeskripsikan sesuatu atau mendiskusikan ide. Sebaiknya tidak hanya  mengulangi kosakata yang sama seperti yang digunakan oleh penguji. Kamu bisa mencoba membuat jawaban yang menarik dengan menambahkan kata sifat dan kata keterangan.

Contohnya, ketika berbicara tentang liburan, kamu bisa mengatakan “Kami pergi ke Prancis untuk liburan kami”. Namun, akan lebih menarik dan memberikan hasil lebih baik jika kamu mengatakan “Kami berkendara dengan hati-hati ke sebuah desa kecil yang indah di selatan Prancis untuk liburan musim panas kami tahun lalu”, sehingga terkesan lebih mengesankan.

Perhatikan Ide, Informasi, Akurasi, dan Kelancaran

Kamu juga dapat belajar menghubungkan informasi berbagai kalimat sehingga terdengar logis. Saat menjawab pertanyaan, jawab seakurat mungkin, tetapi juga tidak menghabiskan waktu untuk terlalu banyak berpikir!

Jika kamu terus berhenti dan ragu, hal ini akan mempengaruhi skor kefasihan. Penguji mengukur kemampuan kamu untuk berkomunikasi secara alami dalam bahasa Inggris, jadi jawab dengan pengalaman pribadi yang mengesankan.

Baca Juga:
Ketahui Apa Saja Ujian Speaking Bahasa Inggris!

Tentang English Speaking Proficiency

Selama tes english speaking proficiency, penguji akan membuat catatan untuk menilai kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu. Penguji fokus pada bidang tertentu dalam menentukan tingkat kemahiran berbahasa Inggris kamu, terutama pada tes berbicara.

Berikut adalah garis besar penilaian dalam tes speaking: Tata bahasa, pengucapan, kosakata, intonasi, dan kelancaran dalam mengekspresikan diri secara jelas dan efektif. Penguji juga bahkan menilai koherensi yaitu apakah informasi atau ide yang kamu sampaikan sudah berurutan secara logis dari satu kalimat ke kalimat berikutnya.

Tes English Speaking biasanya digunakan untuk pelajar yang ingin kuliah di luar negeri. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu dapat bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri untuk tes bahasa Inggris apapun.

Ada banyak contoh soal di internet yang bisa digunakan dalam ujian kemampuan berbahasa Inggris. Kamu dapat menemukan contoh dan mempraktikkan kemungkinan topik-topik dan jawaban pada setiap pertanyaan atau skenario dalam tes speaking.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi