tips melatih pronunciation bahasa inggris

Tips Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Melatih pronunciation bahasa Inggris menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Pengucapan bahasa Inggris yang baik dan benar sangat penting untuk bisa memahami percakapan dengan orang lain.

Bagi para pemula mungkin kesulitan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan baik dan benar, namun hal tersebut bukan alasan untuk berhenti meningkatkan kemampuan speaking. 

Tips Tepat Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Kemampuan speaking atau berbicara bahasa Inggris adalah salah satu hal yang perlu ditingkatkan. Apalagi jika tujuan kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk mendapatkan kesempatan bekerja di luar negeri atau melanjutkan studi di luar negeri. 

Ada berbagai macam tips yang bisa kamu lakukan untuk melatih pronunciation dalam bahasa Inggris, seperti berikut:

Baca Juga:
Tips Latihan Pronunciation Bahasa Inggris

Mulai Belajar Bunyi dan Suara dalam Bahasa Inggris

Cara pertama untuk bisa melatih  pronunciation kamu dengan mempelajari bunyi dan suara dalam bahasa Inggris. Mengenali bunyi dan suara dalam bahasa Inggris adalah salah satu bagian penting untuk membantu kamu belajar pengucapan bahasa Inggris dengan baik.

Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengetahui suara apa yang didengar. Misalnya,bed, kamu harus tahu orang tersebut mengucapkan bed/bead. Keduanya harus bisa dibedakan dengan baik. Kamu juga bisa mempelajari simbol International Phonetic Alphabet untuk mempermudah pembelajaran.

Mulai Belajar Penekanan Kata

Selanjutnya cobalah untuk mempelajari penekanan kata dan transkripsi fonetik dalam bahasa Inggris. Di dalam bahasa Inggris biasanya sebuah kata memiliki banyak suku kata, beberapa diantaranya harus diucapkan dengan kuat. Hal ini disebut dengan penekanan kata atau word stress.

Jadi kamu bisa mulai mempelajari melalui kamus dan memberitahu suku kata yang akan ditekankan tersebut. Salah satu sistem yang banyak digunakan adalah memberikan garis vertikal sebelum suku kata yang perlu ditekankan di dalam transkripsi fonetik.

Misalnya, transkripsi untuk kata pen, kamus tidak akan menulis pen tetapi hanya menulis /pen/. Jadi tanda setelah suku kata akan ditekankan.

Untuk transkripsi fonetik secara umum telah di tulis di International Phonetic Alphabet Atau IPA.  Jadi setiap suara di Bahasa Inggris sudah memiliki simbol sendiri. Misalnya, untuk transkripsi fonetik IPA, dari do menjadi du Jadi harus banyak dipelajari lagi.

Baca Juga:
Tips untuk Memaksimalkan English Pronunciation

Tentukan Model Pengucapan

Melatih pronunciation bahasa Inggris selanjutnya dengan menentukan model pengucapan. Kamu harus tahu ingin menggunakan model pengucapan Inggris atau Amerika. Jika ingin menggunakan British English, pastikan mempelajari setiap pelafalan kosakatanya.

Menggunakan British English merupakan model yang diajarkan dalam kamus dan buku sekolah dari beberapa penerbit, misalnya seperti Longman dan Oxford.

Tetapi jika kamu ingin mempelajari dengan aksen American English, lebih ke arah General Amerika. Pengucapannya sering digunakan oleh orang-orang dari berbagai macam negara. Hal ini dijelaskan di Kamus Bahasa Inggris Amerika, seperti Random House dan Merriam Webster.

Coba Cek Pengucapan Kata di dalam Kamus

Jika ingin memiliki pengucapan bahasa Inggris yang berkualitas, coba cek bagaimana pengucapan tiap kata di dalam kamus. Jangan sampai hanya menebak, pastikan kamu memeriksa langsung di kamus.

Membiasakan diri untuk memeriksa bagaimana pengucapan yang benar sebelum mengucapkan kata tersebut juga termasuk salah satu latihan memperbaiki pronunciation dalam bahasa Inggris. 

Selalu Mendengarkan dan Memperhatikan

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah selalu mendengarkan dan memperhatikan lawan bicara ketika menggunakan bahasa Inggris. Kamu mungkin bisa mendapatkan berbagai macam masukan dari pengucapan yang tepat, entah melalui TV, podcast, radio, dan lain sebagainya.

Cobalah untuk memperhatikan Bagaimana suara dan kata tersebut diucapkan dengan baik dan benar. Kamu juga bisa mencoba memikirkan tentang apa yang sedang didengar. Hal tersebut termasuk latihan sederhana untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berbicara bahasa Inggris.

Baca Juga:
Tips Latihan Pronunciation Bahasa Inggris

Gunakan Frasa Ketika Berbicara Bahasa Inggris

Melakukan praktek berbicara bahasa Inggris adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Praktek ini bisa dilakukan dari berbagai macam bentuk. Kamu juga bisa mencoba untuk berlatih secara sistematis, misalnya menyediakan waktu 15 menit untuk berlatih menggunakan kamus atau hanya latihan dengan pengucapan online.

Kamu juga bisa mengulang beberapa kosakata sembari mengerjakan hal lain loh. Misalnya saja kamu memiliki hobi menonton film atau mendengarkan musik dalam bahasa Inggris. Hal tersebut sangat membantu jika dilakukan secara teratur untuk mendapatkan kemajuan secara signifikan.

Untuk persiapan yang lebih matang, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di tempat yang tepat. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah ICAN English. Tempat kursus yang satu ini memiliki tutor berpengalaman serta materi yang maksimal agar kamu bisa belajar bahasa Inggris secara efektif.

Masih banyak berbagai macam tips melatih pronunciation bahasa Inggris bagi para pemula. Selain menjalankan beberapa tips di atas, kamu juga harus memahami bahwa meningkatkan pronunciation paling ampuh bisa dilakukan dengan cara latihan terus-menerus. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web