tips memilih kursus toefl terdekat

Tips Memilih Kursus TOEFL Terdekat

Sedang mencari tempat kursus TOEFL terdekat mungkin adalah langkah yang akan kamu tempuh saat ini. TOEFL atau Test of English as a Foreign Language yaitu tes standar digunakan guna mengukur kemampuan Bahasa Inggris non-native speaker atau bukan penutur asli.

Wajar saja jika TOEFL merupakan syarat wajib apabila kamu ingin melanjutkan studi atau ingin kerja ke luar negeri. Dunia kerja bahkan memang meminta syarat TOEFL untuk calon pelamar kerja. Kelas persiapan TOEFL kini menjadi pilihan terbaik untuk mereka yang akan menjalani tes ini.

Jenis Tes TOEFL yang Perlu Kamu Tahu

TOEFL dikembangkan oleh ETS, layanan pengujian Amerika di Universitas Princeton. Tes TOEFL diperkenalkan pada tahun 1964 dan sejak itu telah diuji oleh lebih dari 20 juta orang. Tes ini sendiri memiliki beberapa jenis tes yang bisa jadi pilihan untukmu.

TOEFL Internet-Based Test (or TOEFL iBT)

Ini adalah versi tes TOEFL yang paling dikenal. Seperti namanya, ini adalah ujian TOEFL versi internet, yang dapat diambil di Pusat TOEFL atau di rumah. Ingat, TOEFL iBT versi rumahan memerlukan peralatan tertentu. Tes ini diterima di seluruh dunia oleh lebih dari 11,500 universitas dan institusi di lebih dari 160 negara, dan memiliki tiga versi:

  • TOEFL iBT test
  • TOEFL iBT Home Edition
  • TOEFL iBT Paper Edition

TOEFL Essentials

Tes TOEFL Essentials adalah tes baru di bidang ini. Diluncurkan pada tahun 2021, tes ini lebih singkat dibandingkan TOEFL iBT dan membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk menyelesaikannya.

Meskipun TOEFL iBT adalah tes bahasa Inggris akademis, TOEFL Essentials Test bertujuan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris umum peserta tes. TOEFL iBT terdiri dari membaca dan mendengarkan bagian-bagian tentang topik akademik yang dapat ditemukan dalam buku teks universitas tingkat mahasiswa baru. Bagian-bagian pada Tes Esensial lebih pendek dan berkisar pada bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

TOEFL ITP Assessment Series

Ini adalah format TOEFL yang bertujuan untuk membawa penilaian bahasa Inggris ke semua jenis lingkungan bahasa Inggris (sekolah, perusahaan, lembaga pemerintah, dll.). Saat ini digunakan oleh lebih dari 2.500 institusi di 50+ negara. TOEFL ITP mengevaluasi empat keterampilan berbeda, yakni Pemahaman membaca, Pemahaman mendengarkan, Struktur dan ekspresi tertulis dan Berbicara.

The TOEFL Junior Tests

Tes TOEFL inimemiliki dua versi berbeda. Saat ini digunakan untuk mengukur berbagai keterampilan berbahasa Inggris dengan memberikan skor andal yang dipetakan ke tingkat CEFR.

Tes TOEFL Junior Standard mengukur Pemahaman Mendengarkan, Bentuk dan Arti Bahasa, dan Pemahaman Membaca. Tes ini memakan waktu sekitar dua jam untuk diselesaikan, dan skornya disesuaikan dengan alat MetaMetrics Lexile sehingga guru dapat membantu siswanya memilih buku yang sesuai dengan tingkat bacaan mereka. TOEFL Junior Speaking Test berdurasi 18 menit dan bertujuan untuk mengevaluasi tingkat berbicara siswa.

The TOEFL Primary Tests

Tes ini dibuat khusus untuk anak-anak. Tes Dasar TOEFL dirancang untuk siswa berusia 8+ tahun dan dapat membantu guru memantau kemajuan, tujuan, kekuatan dan kelemahan siswanya. Ini mengevaluasi tingkat mendengarkan, membaca dan berbicara mereka hanya dalam satu jam.

5 Tips Pilih Kursus TOEFL Yang Terdekat

Persiapan yang harus kamu lakukan ketika ingin mengambil tes Bahasa Inggris adalah dengan ikut kursus TOEFL terdekat. Tes ini mencakup empat hal yaitu listening comprehension, reading comprehension, structure and written expression, dan test of written English. Berikut adalah beberapa tips pilih tempat kursus terdekat untuk TOEFL:

1. Kelengkapan Kursus

Kelengkapan TOEFL berhubungan erat dengan adanya empat aspek yang akan diujikan. Cari tahu apakah tempat kursus tersebut menyediakan materi persiapan bagian tes listening, writing, reading, dan structure atau tidak.

Selain itu, kamu juga harus tahu pembelajaran tentang aspek kosakata, tata bahasa, dan pengucapan untuk memperoleh skor tinggi pada masing-masing bagian tes.

2. Akses Mudah

Akses mudah pada pembelajaran sangat penting supaya kamu bisa melakukan peninjauan kemballi pada materi yang perlu kamu tinjau kembali supaya lebih bisa menguasai materi.

Untuk itu, sebaiknya kamu pilih tempat kursus TOEFL. Dengan demikian, kamu tidak perlu kebingungan mencari akses materi dari pihak kursus.

Baca Juga:
Rekomendasi Kursus TOEFL di Tangerang

3. Native Speaker

Mahir menggunakan Bahasa Ingggris tidak hanya pada bagaimana menguasai vocab dan juga grammar. Apabila kamu ikut kursus TOEFL dalam persiapan kuliah ke luar negeri, maka kursus TOEFL terdekat seharusnya bisa membantu berkomunikasi Bahasa Inggris.

Pengajar native speaker menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian, sehingga membantu supaya kamu bisa praktek lebih mudah. Tidak hanya itu, kamu juga jadi lebih tahu bagaimana menggunakan pelafalan, gaya bicara, aksen bicara, dan penggunaan bahasa tepat. Itulah mengapa, ketika kamu sudah pernah tinggal di luar negeri, kamu bisa menggunakan bahasa asing dengan baik.

4. Kualitas Belajar

Pastikan kamu memilih tempat kursus TOEFL dengan pembelajaran berkualitas. Untuk menentukan kualitas, bisa dilihat dari kurikulum, metode pembelajaran, dan juga level TOEFL. Kurikulum internasional membantu supaya kamu bisa belajar dengan terstruktur, jelas, sesuai target, dan terkenal luas.

Kurikulum internasional yang digunakan oleh tempat kursus membantu supaya kamu lebih mahir, sehingga kamu bisa lebih siap menghadapi persiapan tes. Metode pembelajaran nuga harus efektif serta mudah dipahami. Kelas kecil membuat konsentrasi belajar lebih mudah. Level TOEFL tinggi juga menandakan materi ditulis pada tingkat kosakata dan juga tata bahasa setara dengan tes TOEFL resmi.

5. Biaya

Materi dan kualitas pembelajaran bisa mempengaruhi biaya yang harus kamu keluarkan ketika mendaftar di tempat kursus. Pastikan kamu bisa membayar sesuai kebutuhan. Agar belajar lebih efektif, cari tahu terlebih dahulu apa tujuan kamu ikut kursus TOEFL. Pilih tempat kursus yang punya program maupun fasilitas sesuai kebutuhan belajar.

Manfaat Ikut Kursus TOEFL

Sekarang, kamu sudah tahu semua hal tentang kursus TOEFL terdekat. Dengan mengikuti kursus tersebut, maka kamu bisa mengasah kemampuan Bahasa Inggris dan bahkan dari hasil kursus TOEFL, kamu bisa meningkatkan skor ketika menghadapi tes sebenarnya. Setelah lulus, kamu bisa memperoleh sertifikat TOEFL yang berguna.

Dengan sertifikat tersebut, kamu bisa memenuhi syarat bahasa yang sering menjadi persyaratan wajib universitas pilihan. Atau, kamu juga bisa menggunakan sertifikat tersebut untuk bekerja di luar negeri termasuk di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, sampai Selandia Baru.

Strategi Mengerjakan Soal TOEFL Structure and Written Expression Dalam Les TOEFL Terdekat

Semua administrasi TOEFL PBT menyajikan empat bagian ujian dalam urutan yang sama, dan soal TOEFL structure and written expression adalah bagian kedua dari tes tersebut. Bagian struktur dan ekspresi tertulis, yang mencakup 40 soal pilihan ganda dalam waktu 25 menit, dibagi menjadi dua bagian.

Sebanyak 15 pertanyaan pertama adalah bagian “struktur” dari bagian ini, di mana siswa harus memilih kata atau frasa yang melengkapi kalimat yang diberikan. Pertanyaan 16-40 (bagian “ekspresi tertulis”) melibatkan pemilihan kata atau frasa yang paling tidak masuk akal dalam konteks kalimat tertentu. Peserta tes mengisi pilihannya pada lembar jawaban yang disediakan di tempat tes.

Dilarang mencatat pada buku ujian atau lembar jawaban pada saat menjawab soal TOEFL structure and written expression. Siswa tidak boleh melingkari atau menggarisbawahi kata-kata dalam buku ujian atau memberi tanda apa pun pada lembar jawabannya selain mengisi lingkaran yang sesuai dengan pilihan jawabannya. Semua materi ujian dikembalikan pada akhir periode ujian, dan siswa yang ditemukan melanggar kebijakan ini akan dikenakan pembatalan nilai.

Baca Juga:
Ciri-Ciri Kursus TOEFL Semarang Terbaik

Jenis-jenis sub-test TOEFL

Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL, kamu perlu tau dan mengenal sub-test apa saja yang akan diujikan saat melakukan test, yaitu:

Listening Comprehension

Pada sub-tes ini, kemampuan mendengarkan kamu yang akan diuji. Pengawas akan memutarkan audio baik berupa percakapan, pidato pendek, atau lainnya dalam Bahasa Inggris. Disediakan waktu 40 menit dan 2 kali kesempatan mendengarkan untuk menjawab 50 butir soal.

Grammar Structure and Written Expression

Sub-tes ini ditujukan untuk menguji sejauh mana kamu mampu memahami tata Bahasa, idiom, atau lainnya dalam menulis serta menguji kemampuan kamu dalam memahami kesalahan penggunaan tata Bahasa. Kamu diberi waktu 25 menit untuk mengerjakan 40 butir soal.

Reading Comprehension

Kemampuan kamu dalam memahami berbagai bacaan ilmiah akan diuji melalui sub-tes ini. Pengetahuan tentang hubungan bacaan ilmiah dengan topik, arti kata, isi bacaan, ide pokok, dan informasi detail lainnya. Dengan kurun waktu 55 menit kamu harus menjawab sebanyak 50 butir soal.

Writing

Sub-tes ini akan menguji kemampuan kamu dalam menulis esai berbahasa Inggris. Tidak semua jenis TOEFL dapat mengujikan sub-test ini. Walaupun hanya terdiri dari satu soal saja, kamu akan diberi waktu 30 menit untuk mengerjakan soal.

Jika ingin mengetahui informasi Kursus Persiapan TOEFL hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota kamu.

Ciri-ciri Lembaga yang Diakui ETS

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa TOEFL dihadirkan oleh ETS. Maka, kamu juga harus tahu ciri-ciri lembaga yang diakui oleh ETS, seperti berikut:

Memiliki Logo ETS

Lembaga yang diakui oleh ETS biasanya sudah bekerja sama dengan ETS dan ini akan dibuktikan dengan mencantumkan logo resmi. Sertifikat TOEFL yang dikeluarkan lembaga tersebut akan terdapat logo ETS dan ini menjadi ciri yang paling mudah diketahui.

Hasil Tes Berjumlah Beberapa Lembar

Selain memiliki logo resmi, lembaga yang diakui oleh ETS juga akan mencetak hasil tes TOEFL lebih dari 2 lembar. Ini biasanya meliputi hasil tes dan sertifikat. Jadi, pastikan kamu mendapatkan hasil TOEFL yang jumlahnya lebih dari dua lembar.

Hasil Tes Keluar Lebih Lama

Hasil tes keluar cenderung lebih lama bahkan bisa mencapai 2 Minggu. Lembaga yang diakui oleh ETS membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dalam mengumumkan atau mengeluarkan hasil tes TOEFL serta sertifikat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web