Tips Menambah Kosakata Bahasa Inggris

Tips Menambah Kosakata Bahasa Inggris

Menambah kosakata bahasa Inggris untuk dihafal dan dipahami adalah salah satu langkah penting meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Menghafal kosakata menjadi salah satu bagian penting Jika kamu memiliki keinginan untuk lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

Sebagai bahasa Internasional, belajar bahasa Inggris bisa memberikan pengaruh yang besar untuk pendidikan kamu serta karir di masa mendatang. Kosakata menjadi elemen bahasa paling dasar yang membantu kamu untuk memperlancar berbicara, membaca, hingga menulis dalam bahasa Inggris.

Tips Memperkaya Kosakata dalam Bahasa Inggris

Semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang dikuasai tentu akan membantu kamu lebih mudah meningkatkan kemampuan tersebut. Ada beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk memperkaya kosakata di dalam bahasa Inggris, seperti berikut.

Baca Juga:
Film Bahasa Inggris di Youtube

Lebih Sering Membaca

Tips pertama yang wajib dilakukan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris adalah sering membaca. Cobalah untuk mulai membaca berbagai bacaan dalam bahasa Inggris. Baca mulai dari yang sederhana lebih dulu. Misalnya, membaca buku cerita anak-anak.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu kamu keluar dari kenyamanan membaca buku menggunakan bahasa Indonesia. Jika sudah terbiasa membaca bacaan bahasa Inggris, selanjutnya kamu perlu menggaris bawahi kosakata bahasa Inggris yang tidak dipahami atau baru ditemukan.

Dengan begitu kamu bisa membantu menambah pengetahuan terkait kosakata bahasa Inggris, mulai dari yang sederhana hingga yang paling kompleks. Kamu juga bisa mencoba menggunakan kosakata untuk membuat kalimat.

Kamu bisa membaca hal-hal yang memiliki kaitannya dengan hobi, sebab hal tersebut bisa membantu kamu meningkatkan rasa nyaman dan mulai menyukai bacaan bahasa Inggris.

Mulai Menonton Film dan Dengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tips selanjutnya untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan memperkaya kosakata adalah menonton film dan mendengarkan lagu dengan bahasa Inggris. Jika kamu merasa bahwa membaca buku cukup membosankan, sebab hal tersebut bisa membuat merasa mengantuk maka menonton film dan mendengarkan lagu bahasa Inggris adalah solusi tepat.

Menambah kosakata bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara ini, namun kamu harus menyimak dengan baik setiap percakapan yang ada di dalam film atau lagu yang didengar. Tidak hanya menyimak, kamu juga bisa mencoba menambah pengetahuan dengan menulis setiap kosakata dalam dialog film. Jika belum memahami dengan baik arti dari dialog tersebut, segera cari artinya dan hafalkan.

Pelajari Minimal 1 – 5 Kosakata Baru Bahasa Inggris

Cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai mempelajari minimal 1 – 5 kosakata baru dalam bahasa Inggris. Hal tersebut harus dilakukan secara konsisten setiap hari, sebab pembelajaran secara konsisten akan membantu kamu meningkatkan kekayaan kosakata dalam bahasa Inggris.

Informasi kosakata dalam bahasa Inggris tersebut wajib dihafal dan dipraktekkan agar lebih faham. Jika satu hari kamu bisa menghafal dan memahami satu kosakata bahasa Inggris, maka satu tahun ada sekitar 365 kosakata. Memang butuh kesabaran, tetapi jika konsisten untuk dilakukan kamu dapat menguasai kosakata bahasa Inggris dengan baik.

Coba Buat Kamus Sendiri

Pernah terpikirkan untuk mencoba membuat kamu sendiri? Membuat kamu sendiri juga termasuk salah satu cara untuk  menambah Kosakata. Jika dalam satu hari kamu bisa memahami satu kosakata bahasa Inggris, maka untuk membuat kamus bukan hal yang sulit dilakukan.

Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu menuliskan hasil belajar kosakata per hari dalam bentuk kamus pribadi. Cobalah untuk membuat tabel entah itu online maupun offline dengan isi daftar kosakata baru beserta artinya. 

Hal tersebut akan membantu kamu untuk mengingat arti dari setiap kosakata yang dipelajari.

Agar kosakata baru tidak hanya sekedar dituliskan, kamu juga bisa mendesain kamus menjadi lebih menarik sehingga sering membaca dan mengingat berbagai macam kosakata tersebut.

Baca Juga:
Cara Mengingat Kosakata Bahasa Inggris

Pastikan Punya Kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia

Ingin memperkaya kosakata bahasa Inggris? Kamu wajib punya kamus. Kamus adalah salah satu hal yang wajib dimiliki sebab akan membantu kamu untuk memahami berbagai macam kosakata baru dan mencari artinya.

Di zaman digital seperti sekarang ini tidak harus memiliki kamus offline, tetapi kamu dapat mengandalkan kamus online loh. Banyak kamus online bahasa Inggris-bahasa Indonesia yang bisa didapatkan melalui Google Playstore maupun Appstore

Kamus tersebut akan berfungsi untuk menemukan arti dari kosakata yang baru. Memiliki kamus online bisa membantu kamu mempermudah mencari berbagai macam kosakata yang dibutuhkan.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan memperkaya kosakata. Dari berbagai macam tips menambah kosakata bahasa Inggris di atas, hal yang paling penting dan harus diperhatikan dengan baik adalah memiliki tekad kuat untuk terus mencari kosakata baru setiap harinya dan mempraktekkan dalam aktivitas sehari-hari. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi