Tips Mengerjakan Soal Listening TOEFL

Tips Mengerjakan Soal Listening TOEFL

Tips mengerjakan soal Listening TOEFL membantu agar kamu dapat memahami percakapan dan monolog. Tes tersebut termasuk menyimak pemahaman dasar, menghubungkan dan mensintesis informasi, serta informasi pragmatis seperti sikap kepastian pembicara. Tes TOEFL listening mencakup 28 pertanyaan, berdurasi 41 menit.

TOEFL iBT Listening dirancang untuk mengukur kemampuan dalam memahami percakapan dan perkuliahan dalam bahasa Inggris. Listening skill mencakup pemahaman dasar, memahami sikap pembicara dan tingkat kepastiannya, dan menghubungkan informasi.

10 Tips dan Trik Mengerjakan Tes TOEFL Listening

Listening section mencakup aksen bahasa Inggris penutur asli dari Amerika Utara, Inggris, Selandia Baru, atau Australia untuk lebih mencerminkan variasi aksen yang mungkin kamu temui saat belajar di luar negeri. Untuk membantu menguasai tes TOEFL dan mendapatkan skor sesuai target, terdapat tiga tips mengerjakan soal Listening TOEFL penting selain bergabung dalam kelas persiapan TOEFL, sebagaimana berikut:

1. Fokus pada pembicara kedua

Karena bagian A terdiri dari percakapan singkat antara dua orang, jawabannya sering kali diucapkan oleh pembicara kedua. Jadi ada baiknya, kamu mengulangi kalimat kedua dalam pikiran saat mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

2. Perhatikan jawaban sinonim

Saat berfokus pada pembicara kedua, pastikan untuk mengidentifikasi kata kuncinya. Jika kamu dapat menemukan sinonim untuk kata-kata tersebut dalam jawaban, berikan perhatian khusus pada opsi tersebut.

Baca Juga:
Seputar Rincian Skor TOEFL yang Perlu Kamu Tahu

3. Hindari Hal Serupa

Seringkali terdapat pertanyaan jebakan yang beberapa jawaban terdengar mirip tetapi memiliki arti yang justru sangat berbeda dengan pertanyaan yang diajukan. Justru jawaban yang mirip dengan audio adalah sebuah perangkap.

4. Identifikasi Informasi Paling Penting

Selama tes listening, tidak semua yang kamu dengar penting, dan perlu mempelajari perbedaannya! Cobalah untuk mengetahui informasi penting dari setiap pembicara dalam klip audio. Kamu perlu menuliskan kata kunci atau frasa apa pun yang ada sebagai tips mengerjakan soal Listening TOEFL. Fokuslah pada gagasan utama yang diberikan selama klip audio.

5. Pelajari Ekspresi Persetujuan

Ada banyak ungkapan persetujuan selain ‘I agree” . Sebelum mengikuti tes, kamu harus membiasakan diri dengan hal ini. Cara lain untuk menyatakan persetujuan adalah:

  • That’s for sure!
  • I couldn’t agree with you more
  • Absolutely!
  • Exactly!
  • No doubt about it!
  • You’re absolutely right!

6. Biasakan Diri dengan Idiom

Idiom adalah ungkapan yang tidak dapat dipahami dari arti kata-katanya sendiri-sendiri. Tetapi, mempunyai arti tersendiri. Misalnya, “piece of cake” maknanya adalah “easy” atau mudah.

8. Tentukan Topiknya

Saat kamu mendengarkan percakapan, kamu perlu menentukan topiknya. Topik umumnya dapat ditentukan dalam dua baris pertama.

9. Tentukan ‘siapa, apa & dimana’

Mencari tahu ‘siapa, apa & di mana’ akan membantu kamu dalam mendengarkan. Kamu harus mencoba mencari tahu hal ini saat mendengarkan rekamannya.

10. Cobalah Memprediksi Jawabannya

Seringkali peserta tes beranggapan tes listening hanya ditujukan untuk menilai kemampuan mendengarkannya saja. Namun, satu hal yang banyak orang tidak sadari adalah bahwa tes listening juga secara tidak langsung menilai kemampuan membaca dengan menguji kemampuan dalam membaca cepat pilihan jawaban dan kemampuan dalam mengidentifikasi kata kunci. Hal ini akan membantu kamu mendengarkan lebih aktif dan lebih sigap dalam mencari informasi yang sesuai dengan kata kunci.

Jadi tips mengerjakan soal listening TOEFL adalah memastikan membaca pertanyaan dengan cermat. Biasanya, terdapat petunjuk dalam pilihan jawaban untuk membantu membuat prediksi yang masuk akal.

Baca Juga:
Materi Listening yang Harus Kamu Pelajari

Cara Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan

Tips mengerjakan soal listening TOEFL sangatlah penting. Tidak hanya untuk tes TOEFL, tetapi juga untuk kehidupan sehari-hari, terutama dengan tujuan berimigrasi.

Untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan, kamu perlu berlatih mendengarkan berbagai jenis materi dalam bahasa Inggris setiap hari. Misalnya, podcast, musik, radio, film, dan acara TV adalah beberapa media dalam meningkatkan listening skill.

Secara bertahap, tingkatkan jumlah waktu yang kamu gunakan untuk mendengarkan bahasa Inggris. Cobalah menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Tuliskan ringkasan satu kalimat yang membantu mengingat gagasan utama. Juga, selalu tuliskan kata-kata baru untuk meningkatkan kosa kata, daripada membaca buku, dengarkan buku audio. 

Agar lebih mudah, manfaatkan keberadaan kursus TOEFL Preparation Class di ICAN English. Kami telah membantu banyak pelajar untuk bisa menghadapi tes TOEFL dengan skor memuaskan hingga bisa studi ke luar negeri!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web