tips menghadapi pte reading dengan mudah

Tips Menghadapi PTE Reading dengan Mudah

Tips menghadapi PTE reading section sangat penting bagi kamu yang baru pertama kali menjalani tes ini. PTE atau Pearson Test of English – Academic ini terdiri dari beberapa sesi, mulai dari listening, reading, speaking, dan writing. PTE Reading  adalah bagian kedua yang harus diselesaikan dalam tes ini dan membutuhkan waktu sekitar 30 – 40  menit.

Tes ini akan memberikan 5 tugas yang harus diselesaikan. Bahan bacaan yang digunakan dalam  reading section  terkait berbagai macam subjek akademik,  termasuk ilmu alam,  humaniora,  dan  ilmu sosial.

Jika kamu memiliki pengetahuan yang banyak terkait beberapa bidang ilmu tersebut maka reading section bisa dilewati dengan mudah dalam tes PTE. Hal ini dikatakan semua informasi dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan dan bisa ditemukan dalam teks.

Pahami Jenis Soal dalam Reading Section PTE

Di dalam PTE untuk reading section ada beberapa jenis soal yang wajib kamu ketahui, seperti berikut;

1. Multiple-Choice, Choose Single Answer

Jenis soal yang pertama ada pilihan ganda, pilih jawaban tunggal. Untuk menghadapi soal ini, pastikan kamu membaca pertanyaan terlebih dahulu sebelum membaca teks untuk mengetahui jenis informasi yang dicari.

Bukan hanya itu, baca juga seluruh bagian, pahami pesan utama dan Temukan kata kunci untuk mendapatkan jawaban yang benar. Kamu bisa mengidentifikasi kata-kata frekuensi dan hindari kata-kata tersebut ketika menjawab pertanyaan.

Dalam pertanyaan Multiple-Choice, Choose Single Answer,  tidak ada sistem penilaian negatif maka Jawablah pertanyaan yang ada di pilihan ganda dan pilih jawaban tunggal, jangan biarkan ada pertanyaan yang kosong.

2. Multiple-Choice, Choose Multiple Answers

Selanjutnya ada jenis pertanyaan Multiple-Choice, Choose Multiple Answers  atau pilihan ganda dengan pilihan beberapa jawaban. Dalam pilihan ganda ini ada beberapa pilihan jawaban tentu kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan jenis pertanyaan sebelumnya.

Caranya sangat sederhana kamu bisa membaca teks untuk menemukan  beri informasi di dalamnya. Ada kata-kata yang diulang, maka harus diperhatikan dengan baik.

Karena soal ini adalah pilihan ganda dengan pilih beberapa jawaban, maka di dalamnya ada  tanda negatif, jangan sampai memilih pilihan yang salah.  Jika tidak menemukan jawabannya, kamu bisa membiarkan kosong untuk menghindari kehilangan poin. 

3. Re-order Paragraphs

Selanjutnya ada jenis susun ulang paragraf, dalam soal ini kamu akan menyusun ulang paragraf, mencari judul, dan ide. Agar menyelesaikan dengan mudah kamu pastikan untuk mengatur kalimat sesuai dengan urutan yang logis, karena ada satu tanda yang diberikan untuk setiap pasangan yang benar.

Kamu juga bisa melihat perasa dan kota yang kontradiktif, misalnya bagaimanapun, tetapi, meskipun, dan, gunakan frasa tambahan seperti juga, selain itu, selanjutnya, selain itu, di atas itu, dll.

Dalam soal ini kata ganti seperti dia, dia, mereka, mereka, itu, saya, kami dan kami tidak ada di kalimat pertama.

4. Fill in the Blanks

Jenis soal terakhir yang akan didapatkan dalam reading section PTE adalah isi bagian yang kosong. Jenis pertanyaan dalam soal ini tidak memiliki tanda negatif, jadi jawab semua pertanyaan.

Untuk bisa mengisi katanya hilang, coba fokus pada bagian sebelum dan sesudah teks. Biasanya kata-kata yang hilang akan selalu memiliki sinonim dalam teks, salah satu tips yang bisa digunakan adalah mengisi bacaan PTE  dengan membangun kosakata. 

Baca Juga:
Berapa Biaya Tes PTE Academic?

Tips Menyelesaikan Reading Section dalam PTE

Karena tes ini merupakan tes yang cukup sulit, kamu perlu persiapan yang cukup matang. Bergabung dalam kursus persiapan PTE akan membantu kamu mempersiapkan diri secara maksimal.

Untuk menyelesaikan  reading section  dalam PTE  ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti berikut;

Pahami Pertanyaannya

Tips menyelesaikan reading section PTE  bisa dilakukan dengan memahami pertanyaan terlebih dahulu. Jika kamu membaca pertanyaan dua kali untuk menemukan kata kunci, maka akan lebih mudah untuk memahami pertanyaan dan mendapatkan jawaban berdasarkan jenis pertanyaan tersebut.

Scanning dan Skimming

Sudah pernah dengar tentang scanning dan skimming? Jadi cara tersebut dapat digunakan untuk membaca cepat, serta memberikan perhatian secara detail terhadap bacaan teks.

Kamu bisa Membaca sepintas dan memindai teks untuk bisa mendapatkan gagasan utama dari bagian tersebut, sehingga bisa menemukan jawaban yang benar. Tips ini sangat berguna untuk mengisi pertanyaan yang kosong. 

Amati Kata Kunci

Tips selanjutnya juga bisa digunakan dengan mengamati kata kunci. Dalam reading section PTE  kamu perlu memperhatikan kata-kata “petunjuk”  misalnya seperti nama, lokasi, fakta dan angka, dan catatan. 

Semua itu adalah kata kunci yang perlu disoroti dan gunakan ketika akan menjawab pertanyaan. Cara ini sangat penting untuk pertanyaan pilihan ganda dan menggunakan cara ini bisa mencakup semua kosakata dan prosa penting dalam teks tersebut.

Analisis Teksnya

Tips selanjutnya bisa digunakan dengan menganalisis teks yang ada dalam pertanyaan reading section PTE. Kau bisa mencoba untuk membaca bagian secara mendatar sehingga bisa menganalisis teks dengan mudah.

Sore ini sangat tepat digunakan dan bisa membantu mengidentifikasi jawaban. Apabila kamu memiliki kemampuan tata bahasa yang bagus dalam bahasa Inggris, maka bisa menganalisis teks dengan mudah. Teknik ini sangat bermanfaat untuk artikel pendek maupun paragraf panjang. 

Baca Juga:
Persiapan Untuk Tes PTE Academic

Gunakan Metode Eliminasi 

Tips selanjutnya juga bisa dengan menggunakan metode eliminasi atau metode penghapusan. Metode ini digunakan untuk soal pilihan ganda dalam reading section PTE. Strategi ini sangat efektif karena dapat membantu menghilangkan kemungkinan yang tidak relevan dan memberi Anda jawaban yang benar.

Teknik eliminasi sangat efektif untuk pertanyaan jawaban tunggal dan jawaban ganda. 

Masih banyak beberapa tips yang bisa digunakan untuk menyelesaikan reading section PTE, misalnya seperti manajemen waktu, memeriksa jawaban kembali, menggunakan kolokasi yang benar, menyiapkan kamus, membaca hal yang disukai, dan masih banyak lagi lainnya.

Berbagai macam tips menghadapi reading section PTE  bisa dilakukan mulai dari persiapan sebelum tes tersebut dimulai. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari memahami pertanyaan,  melakukan scanning dan skimming,  mengamati kata kunci, melakukan analisis teks, dan menggunakan metode eliminasi.

Agar terbiasa untuk mengerjakan ujian PTE,  kamu bisa mencoba meminta bantuan Lembaga Kursus bahasa Inggris terbaik ICAN English  yang akan membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut sebaik mungkin sehingga mendapatkan skor yang sesuai.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi