tips mudah belajar tenses untuk pemula

Tips Mudah Belajar Tenses untuk Pemula

Salah satu tantangan terbesar bagi banyak pelajar bahasa Inggris adalah mengingat aturan grammar dari 16 bentuk tenses yang menggambarkan tindakan yang terjadi di masa lalu, saat ini dan masa depan. Penting untuk mengetahui bagaimana belajar tenses untuk pemula yang benar, agar kamu dapat memahami materi ini.

Cara terbaik untuk belajar tenses adalah dengan sepenuhnya memahami bentuk kata kerja bahasa Inggris yang paling dasar sebelum masuk ke yang lebih kompleks.

Bagaimana Belajar Tenses untuk Pemula?

Mempelajari tenses bahasa Inggris mungkin tampak sulit pada awalnya. Sebenarnya, kamu perlu mengingat beberapa struktur kalimat dan mempelajari beberapa aturan sederhana.

Salah satu tips belajar tenses untuk pemula adalah memahami setiap bentuk tensesnya. Bentuk tenses yang paling umum adalah Present, Past dan Future Tense. Simak ulasan lengkapnya terlebih dahulu!

Baca Juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris dari Youtube

Present Tense

Bentuk tenses ini adalah semua tentang fakta umum, atau hal yang dilakukan secara teratur setiap hari, setiap minggu, setiap tahun, atau sesuatu yang jarang terjadi. Simple present tense banyak digunakan untuk tiga hal:

  • Untuk menggambarkan hal-hal yang permanen atau tidak berubah.
  • Untuk menggambarkan seberapa sering sesuatu terjadi.
  • Berbicara tentang acara yang dijadwalkan.

Untuk menggunakan tense ini, tambahkan -s ke akhir kata kerja ketika “she” atau “he” melakukan Tindakan, contohnya She speaks atau He eats

Past Tense

Tenses ini untuk menceritakan kejadian yang terjadi di masa lalu. Past tense menggunakan kata kerja bentuk lampau (v2) yang beraturan (dengan d -atau -ed di akhir) atau tidak beraturan.

Kata kerja masa lalu yang sederhana menggunakan -ed (I walked, I smiled). Ada banyak kata kerja tidak beraturan yang tidak menggunakan bentuk -ed, yang perlu kamu pelajari (I spoke, He ate).

Gunakan simple past tense jika kamu ingin menggambarkan suatu tindakan yang sudah terjadi, contohnya Last year I visited New York and lived in a hotel for a month.

Baca Juga:
Pentingnya Tes Baca Bahasa Inggris

Future Tense

Berbicara tentang tense ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu menambahkan kata will atau is going to sebelum kata kerja. Namun, bagaimana kamu tahu kapan harus menggunakan “will” dan kapan harus menggunakan “is going to”?

Tidak ada perbedaan berarti ketika kamu menggunakan keduanya. Ingatlah bahwa “will” lebih sering digunakan untuk janji dan hal-hal yang kamu lakukan karena pilihan, dan “going to” digunakan untuk membuat rencana.

Keduanya juga dapat kamu gunakan untuk memprediksi sesuatu, atau hal-hal yang menurut kamu akan terjadi. Kamu dapat mengatakan “I will visit you tomorrow atau juga “I am going to visit you tomorrow”. Keduanya adalah kalimat yang benar dan kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memikirkannya.

Dengan memahami bentuk tenses dasar ini, kamu dapat menggunakannya dengan lebih percaya diri. Memahaminya juga bisa menjadi cara belajar tenses untuk pemula yang sederhana.

Baca Juga:
Macam Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Rumus Tenses Dasar Untuk Pemula

Belajar tenses akan kamu dapatkan di materi awal dalam proses belajar bahasa Inggris. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English akan memudahkan kamu memahami setiap bagian tenses dan dapat menggunakannya setiap hari.

Untuk mempermudah memahami tenses dasar di atas, kamu perlu mengetahui rumus lengkap tenses tersebut.

  • Present Tense: Sesuatu yang tidak berubah, umum, terjadwal atau terjadi pada interval tertentu. Cukup tambahkan akhirnya -s atau -es di akhir kata kerja jika berbicara tentang he, she atau it.
  • Past Tense: Sesuatu yang telah diterjadi di masa lampau. Gunakan kata kerja kedua dengan menambahkan -ed untuk kata kerja beraturan.
  • Future Tense: Sesuatu yang akan terjadi nanti. Gunakan rumus Will + verb, atau Is going to + verb.

Biasanya, untuk pemula, kamu dapat mulai belajar tenses dengan mempelajari present tense. Tulis beberapa paragraf tentang siapa kamu sekarang dengan kalimat tersebut dan hindari menggunakan bentuk lampau dan masa depan.

Mulai juga dengan mempelajari kata kerja beraturan dan tidak beraturan untuk membuat kalimat past tense.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi