tips persiapan menghadapi ujian duolingo english proficiency

Tips Persiapan Menghadapi Ujian Duolingo English Proficiency

Berbeda dengan tes kecakapan bahasa Inggris lainnya, tes Duolingo English proficiency ini nyaman, cepat, dan harga terjangkau. Namun, mempersiapkan tes ini tidaklah mudah, terutama jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana.

Persiapan Tes Bahasa Inggris di Duolingo mungkin sulit. Tetapi, dengan menggunakan tips dan metode yang tepat, kamu dapat meningkatkan kemahiran bahasa Inggris dan meningkatkan peluang keberhasilan dalam mengerjakan tes.

7 Tips Menghadapi Ujian Duolingo English Proficiency

Berikut adalah beberapa ide dan metode persiapan ujian untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris umum yang kamu miliki.

Baca Juga:
Cara Daftar Duolingo English Test

1. Pahami format tes dan persyaratan

Sangat penting untuk memahami format dan persyaratan ujian untuk mempersiapkan tes Duolingo English proficiency dengan benar. Ujian di Duolingo dibagi menjadi empat bagian: membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Setiap bagian menilai aspek yang berbeda dari keterampilan linguistik, dan kamu harus mengerjakan semuanya dengan baik untuk membuktikan kemahiran bahasa Inggris.

Bagian mendengarkan dan membaca adalah pilihan ganda, bagian tertulis dan lisan mengharuskan kamu untuk menghasilkan kata-kata. Sifat tes yang adaptif dengan komputer, artinya tingkat kesulitan pertanyaan berdasarkan jawaban kamu sebelumnya. Kamu dapat menyesuaikan persiapan untuk fokus di tes tersebut pada bagian yang membutuhkan peningkatan terbesar.

2. Baca dan Dengarkan Bahasa Inggris

Salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan membaca dan mendengarkan sumber bahasa Inggris. Terbiasa mendengarkan dan membaca bahasa dapat membantu meningkatkan kosa kata, pemahaman, dan kemampuan mendengarkan. Kamu dapat berlatih membaca dan mendengarkan bahasa Inggris dengan membaca artikel berita, novel, video, podcast, dan program radio.

Dengan melakukannya setiap hari, kamu dapat mengenal berbagai aksen, idiom, dan terminologi, yang akan membantu memahami bahasa Inggris dengan lebih baik. Membaca dan mendengarkan bahasa Inggris juga dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analisis. Semua itu diperlukan untuk performa saat menghadapi tes Duolingo.

3. Praktek dan Menulis dalam bahasa Inggris

Penting untuk berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris berbeda dengan membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Tes Bahasa Inggris Duolingo mengharuskan kamu menghasilkan bahasa dalam bagian Berbicara dan Menulis.

Berlatih melatih kemampuan menulis akan membantu agar kamu terlihat lebih kuat dan lebih siap menghadapi ujian. Cari pendengar, berpartisipasi dalam program pertukaran bahasa, atau menggunakan aplikasi pengajaran bahasa yang menyertakan latihan berbicara adalah semua cara yang bisa kamu coba untuk berlatih berbicara.

Latihan menulis juga dapat mencakup banyak hal. Misalnya, belajar menulis esai, entri jurnal, dan latihan tata bahasa. Kamu juga dapat meningkatkan kelancaran, akurasi, dan logika dengan berlatih berbicara dan menulis.

Baca Juga:
Duolingo English Test, Seperti Apa?

4. Ikuti Tes Latihan

Melakukan tes latihan adalah komponen penting untuk mempersiapkan diri mengerjakan ujian Bahasa Inggris di Duolingo. Latihan mengerjakan ujian dapat membantu kamu mengenal struktur ujian, batasan waktu, dan jenis pertanyaan yang mungkin kamu dapatkan pada ujian resmi. Latihan ujian tersedia secara online.

Kamu dapat menentukan area yang ingin ditingkatkan. Sehingga, kamu dapat mengukur peningkatan dari waktu ke waktu dengan menyelesaikan ujian praktik. Berlatih dalam situasi ujian juga dapat membantu mengelola kecemasan ujian dan meningkatkan ketenangan pada hari ujian.

5. Pelajari dan tinjau aturan tata bahasa

Mempersiapkan Ujian Duolingo membutuhkan pembelajaran dan melakukan evaluasi prinsip-prinsip tata bahasa. Karena tes ini menilai pengetahuan Anda tentang tata bahasa Inggris, penting untuk terbiasa dapat menerapkan aturan tata bahasa dengan tepat. Aturan tata bahasa dapat dipelajari melalui buku tata bahasa, sumber internet, atau aplikasi linguistik.

Kegiatan tata bahasa dapat membantu mengasah pemahaman tentang aturan. Kamu dapat meningkatkan akurasi dan kelancaran dalam Tes Bahasa Inggris di Duolingo, dengan mempelajari dan mengevaluasi prinsip tata bahasa. Pelajari kembali apa saja aturan tata bahasa secara teratur akan membantu mendeteksi dan memperbaiki kesalahan umum untuk mendapatkan skor secara signifikan.

6. Membangun Kosakata

Tes ini menilai kemampuan memahami dan menerapkan berbagai terminologi bahasa Inggris. Membaca dan mendengarkan materi bahasa Inggris, menghafal daftar kata, dan menggunakan flashcard dapat membantu meningkatkan kosa kata. Tugas menulis dan berbicara menggunakan kosakata bahasa Inggris dalam konteks yang tepat juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan memahami istilah-istilah baru.

Karena tes ini mengukur kosa kata akademik dan umum, sangat penting untuk berkonsentrasi pada keduanya. Meningkatkan kosa kata akan meningkatkan kepercayaan pada kemampuan diri untuk memahami dan menggunakan bahasa Inggris, yang dapat menghasilkan skor tes lebih tinggi.

7. Tonton film dan acara TV Bahasa Inggris

Menonton film dan episode TV berbahasa Inggris adalah pendekatan yang menyenangkan dan efisien untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Cara ini dapat membantu meningkatkan pemahaman, kemampuan mendengarkan, dan kosa kata. Kamu dapat menonton dengan subtitle bahasa Inggris terlebih dahulu, selanjutnya secara bertahap dapat menonton tanpa subtitle.

Menonton acara televisi dan film juga dapat membantu lebih nyaman dengan berbagai aksen dan bahasa sehari-hari, yang berguna dalam tes Bahasa Inggris Duolingo. Cara ini merupakan pendekatan tepat untuk mempelajari dan memahami konteks budaya bahasa tersebut.

Baca Juga:
Contoh Dialog Reservation Singkat

Keuntungan Mengambil Duolingo English Proficiency

Tes Bahasa Inggris Duolingo menawarkan beberapa keuntungan lebih jika dibandingkan dengan tes TOEFL dan IELTS. Selama universitas yang kamu pilih menerima tes Duolingo untuk kemahiran bahasa, Tes Bahasa Inggris Duolingo lebih terjangkau, dan kamu dapat mengirimkan skor hingga ke 40 institusi tanpa biaya tambahan.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes ini, kamu bisa bergabung dalam kelas persiapan Duolingo di ICAN English agar mendapatkan skor yang diinginkan.

Kamu dapat mengikuti tes Duolingo English dari lokasi yang tenang, di tempat pribadi, dengan komputer yang dilengkapi dengan koneksi internet. Setelah membeli tes, kamu dapat mengikutinya kapan saja dalam 21 hari berikutnya. Kamu juga dapat dengan mudah mengikuti ujian lagi, sebanyak dua kali dalam periode 30 hari.

Sangat penting untuk fokus pada kekurangan kamu saat belajar Duolingo English proficiency. Berfokuslah pada latihan tata bahasa jika mengalami kesulitan tata bahasa. Lakukan kegiatan mendengarkan jika kesulitan dengan pemahaman mendengarkan. Kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa umum dengan berkonsentrasi pada kekurangan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web