tips practice english conversation online for beginners

Tips Practice English Conversation Online for Beginners

Banyak orang mulai mencari berbagai cara agar mereka bisa  belajar practice English conversation online. Hal ini karena conversing atau berbicara dengan orang lain dalam bahasa inggris akan membuka banyak peluang baru.

Agar kamu lebih mudah belajar berinteraksi dalam bahasa inggris, ada beberapa pedoman mudah yang bisa kamu coba sebagai pemula. Kamu dapat mempelajari frasa yang sangat berguna, tetapi sifatnya mendasar. Sehingga, dapat berguna untuk percakapan sehari-hari – mulai dari sapaan sampai mengucapkan perpisahan.

How to Start English Conversation For Beginers

Jika kamu membutuhkan panduan untuk memulai practice English conversation online, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut:

Baca Juga:
Macam Materi Conversation Dasar

1. Menyapa

Percakapan yang sopan pasti dimulai dengan sapaan. Ada banyak cara untuk menyapa lawan bicara, misalnya dengan berkata “Hello’, tergantung siapa lawan bicaranya. Jika berbicara dengan seorang teman, atau orang lain yang kamu kenal tapi tidak begitu dekat, kamu bisa menggunakan percakapan informal. Jika lawan bicara adalah guru, rekan kerja, atau orang lain, kamu bisa berdialog dengan gaya lebih formal.

Ketika bercakap-cakap dengan orang asing, pastikan kamu merasa nyaman. Sehingga, kamu dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan mempunyai tingkat percaya diri yang lebih tinggi dalam berbahasa inggris. Untuk berbicara dengan orang asing, kamu bisa menggunakan bahasa formal seperti “Good morning”, “Good evening”, atau “Good afternoon”.

2. Introduce Yourself

Bagaimana jika kamu bertemu dengan orang lain yang belum pernah kamu ajak mengobrol sebelumnya? Maka, setelah menyapanya, kamu harus memperkenalkan diri secara sopan dan bertanya nama lawan bicara tersebut.

Kamu bisa mengucapkan “Hello, my name is…, and what is your name?”. Jika kamu pernah bertemu seseorang sebelumnya, dan kali ini bertemu lagi tapi tidak mengingat namanya, maka kamu bisa mengucapkan “I am sorry, I don’t remember your name. Are you… (sebutkan namanya)?”

Jika sudah memperkenalkan diri, kamu bisa menggunakan frasa seperti “Nice to meet you” atau “It’s a pleasure to meet you!”. Ungkapan ini sangat berguna untuk menunjukkan bahwa kamu senang bertemu dengan lawan bicara tersebut.

3. Small Talk

Sekarang, kamu sudah mulai belajar mengobrol dengan orang lain dalam bahasa inggris. Setelah saling berkenalan dan menyapa satu sama lain, kamu bisa memulai obrolan ringan. Adalah cara yang sopan untuk berinteraksi kecil untuk memulai percakapan, sebelum berbicara hal-hal utama, baik secara personal atau profesional.

Obrolan ringan yang paling sering digunakan yaitu menanyakan kabar. Kalimat tanya “How are you?” sama maknanya dengan “How are you going?” untuk bertanya kabar secara formal. Sedangkan jika ingin bertanya kabar secara informal, kamu bisa menggunakan kalimat tanya “How’s life?” atau “What’s up”?.

Agar kemampuan kamu dalam berinteraksi menggunakan bahasa inggris terus meningkat sebagai pemula, kamu dapat memanfaatkan kursus bahasa inggris online ICAN English. Kamu bisa mengikuti pembelajaran di waktu luang, dengan jadwal fleksibel dan dengan adanya tutor berpengalaman. Kamu juga akan dilatih untuk memulai obrolan, bahkan bisa belajar dari nol.

Baca Juga:
Strategi Efektif Belajar English Conversation Practice Exercises

Mengapa Belajar Conversational English Tidak Mudah?

Ketika kamu memutuskan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan practice English conversation online, maka kamu harus banyak latihan. Hal ini karena belajar bahasa inggris membutuhkan dua hal, yaitu input dan output. Input adalah semua yang berhubungan dengan mendengarkan dan membaca – semua yang kamu serap. Output adalah semua hal yang berkaitan dengan writing dan speaking.

ICAN English menyediakan kelas latihan conversation yang bisa kamu ikuti dengan bimbingan para tutor berpengalaman dan profesional.

Salah satu alasan mengapa belajar conversational english terasa tidak mudah adalah karena tidak mendapatkan input pembelajaran pengalaman nyata yang cukup. Textbook dan materi pembelajaran bahasa inggris lainnya sangat membantu agar percakapan lebih jelas dan lebih sederhana, menghapus kata slang, idiom, aksen, dan grammar yang tidak sesuai.

Untuk itu, kamu perlu lebih banyak berlatih, menggunakan berbagai percakapan bahasa inggris untuk percakapan sehari-hari. Misalnya, biasakan mendengarkan banyak video dan audio, serta sering mengobrol dengan native speaker.

Alasan lainnya mengapa kamu tidak mempunyai skill berbicara yang meningkat adalah karena kamu hanya fokus mendengarkan saja. Atau, kamu mungkin tidak merasa percaya diri dengan kemampuan berbicara. Kamu membutuhkan partner yang bisa berinteraksi dengan bagus dalam bahasa inggris, sehingga bisa menerapkannya dalam komunikasi lisan sehari-hari.

Semakin sering kamu menggunakan percakapan berbahasa inggris, semakin mudah menguasainya. Kamu juga bisa memanfaatkan chatting online atau mengirimkan pesan suara untuk berkomunikasi dengan orang asing dalam bahasa inggris. Bahkan, kamu juga bisa mencoba latihan rutin setiap hari, dengan meluangkan waktu selama 10 menit agar terbiasa berbahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web