3 tips melewati ujian bahasa inggris

3 Tips Melewati Ujian Bahasa Inggris

Ujian bahasa Inggris seringkali menjadi momok menakutkan bagi banyak siswa. Ujian bahasa Inggris sendiri bermacam-macam, mulai dari sekadar ujian sekolah hingga TOEFL atau IELTS yang membutuhkan persiapan matang. Mengetahui tips ujian bahasa Inggris menjadi hal penting agar kamu bisa melewatinya dengan baik.

Hampir sama dengan ujian bahasa Inonesia, soal bahasa Inggris akan menguji kemampuan kamu untuk memahami teks maupun gambar. Namun, soal bahasa Inggris terkadang menyertai bagian listening untuk menguji kemampuan kamu untuk memahami percakapan atau pembicaraan.

3 Trik Mengerjakan Ujian Bahasa Inggris

Apapun jenis ujian yang akan kamu lewati, mengetahui tips ujian bahasa Inggris akan membantu kamu meningkatkan skor yang akan didapatkan.

Berikut beberapa tips belajar untuk ujian bahasa Inggris yang harus kamu ketahui:

1. Pahami Petunjuk Soal

Jika ujian bahasa Inggris emiliki bagian listening, biasanya soal ini ada di bagian awal tes. Cobalah untuk membaca dan memahaminya dengan baik agar kamu tidak perlu mengulang pertanyaan ketika soal listening sudah dimulai.

Simak pula soal listening yang akan diputar dnegan baik, sebab biasanya soal tersebut tidak akan diulang kembali. Jika kamu sempat, cobalah untuk mencatat bagian yang kamu anggap penting agar tidak lupa.

Baca Juga:
Penjelasan Adjective Dalam Bahasa Inggris

2 Baca Teks dengan Cepat

Jika kamu sudah berada di tahap reading, kamu akan dihadapkan dengan teks yang cukup panjang dan kamu harus menjawabnya dengan benar. Ketika membaca, kamu tidak boleh lupa bahwa ada durasi tes yang harus kamu taati.

Usahakan untuk membaca soal dengan cepat alias menggunakna teknik skimming. Dengan begitu, kamu dapat memahami pokok gagasan soal dalam waktu yang cukup singkat. Ide pokok soal biasanya ada di paragraph pertama dan terakhir.

3. Lompati Pertanyaan yang Sulit

Jika kamu menemukan pertanyaan yang sulit, jangan ragu untuk melompatinya terlebih dahulu. Manfaatkan waktu kamu untuk mengerjakan soal lain yang lebih mudah dahulu. Jika kamu sudah selesai dan memiliki sisa waktu, kamu bisa kembali ke soal tersebut dan menggunakan sisa waktu yang ada untuk menjawabnya.

Agar persiapan kamu lebih maksimal, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menguasai dan memahami bahasa Inggris lebih baik lagi.

Baca juga:
Macam Keterangan Waktu dalam Bahasa Inggris

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Kunci utama untuk lancar mengerjakan ujian bahasa Inggris adalah dengan memahami terjemahannya. Hal ini agar kamu bisa mengetahui maksud dari soal tersebut. Nah, untuk belajar menerjemahkan, kamu tak lagi harus menggunakan kamus. Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

  • Duolingo
  • AI Grammar Checker
  • CAM Kamus Inggris
  • Google Translate
  • U-Dictionary

Tak hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, berbagai aplikasi di atas jiuga bisa digunakan jika kamu tiba-tiba ingin menambah kosakata. Karena beberapa aplikasi membutuhkan koneksi internet, maka pastikan ponsel kamu menggunakan data seluler yang cukup baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi