topik dalam ielts speaking bahasa inggris

Topik dalam IELTS Speaking Bahasa Inggris

Topik speaking bahasa Inggris dalam IELTS biasanya terdiri dari berbagai jenis. Kamu perlu memahami topik apa saja yang muncul untuk bisa menjawabnya dengan baik. Biasanya, kamu akan ditanya langsung oleh penguji dalam waktu dua menit.

Nantinya, kamu akan memiliki kesempatan selama 1 menit untuk mencatat apa yang ingin kamu utarakan. Penilaian penting yang difokuskan adalah kelancaran berbicara dengan bahasa Inggris dan koherensi kamu dalam membahas topik.

3 Topik yang Sering Muncul dalam Speaking IELTS

Agar dapat meraih skor yang bagus, kamu harus bisa menunjukkan tingkan pemahaman yang baik terhadap topik IELTS Speaking bahasa Inggris. Tanggapan yang kamu berikan harus jelas dan memiliki keterkaitan langsung dengan topik soal.

Jika ingin meraih skor yang hampir sempurna, kamu perlu menggunakan grammar dan tenses dengan tepat. Jangan lupa untuk bicara dengan percaya diri tanpa mengilang isi pertanyaan penguji. Beberapa topik speaking bahasa Inggris yang sering muncul dalam IELTS, antara lain:

1. Perkenalan dan Wawancara

Bagian pertama ini selalu dimulai dengan perkenalan singkat dari penguji, lalu diikuti dengan pengecekan tanda pengenal kamu. Beberapa pertanyaan yang mungkin akan kamu dapatkan adalah:

  • About your hometown or village
  • What kind of place is it?
  • Whats the most interesting part of your town?
  • What kind of jobs do the people in your town?
  • Would you say its a good place to live?
  • About accommodation
  • Tell me about the kind of accommodation you live in?
  • How long have you lived there?
  • What do you like about living there?

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Speaking Skill

2. Candidate Task Card

Di bagian ini, kamu akan diberikan candidate task card yang merupakan sebuah kartu berisi topik atau tugas tertentu. Contoh isi Candidate Task Card adalah:

  • Describe something you own which is very important to you.
  • Where you got it from?
  • How long you have had it?
  • What you use it for?

Dan jelaskan mengapa hal tersebut sangat penting untukmu. Kamu memiliki waktu satu menit untuk memahaminya, lalu bicaralah sesuai dengan perintah yang ada di kartu tersebut dengan durasi 1-2 menit.

3. Diskusi Dua Arah

Di sini, kamu akan melakukan diskusi bersama penguji tentang topik bahasan yang relevan dari bagian sebelumnya. Akan ada tanya jawab yang interaktif dan kamu harus bisa menjawab sambil menjelaskan hal pendukung yang menjadi sudut pandang kamu saat beropini.

Baca Juga:
Materi Speaking Bahasa Inggris

Bagaimana Mendapatkan Skor Terbaik dalam Speaking IELTS?

Saat dihadapkan dengan ujian IELTS, kamu tentu ingin mendapatkan skor terbaik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah bergabung dalam kursus persiapan IELTS. Dengan kursus ini, kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dan materi yang relevan dengan ujian IELTS resmi.

Agar bisa mendapatkan skor terbaik dalam speaking IELTS, kamu harus mendengarkan pertanyaan dari penguji dengan seksama sebelum menjawabnya. Hindari menjawab secara asal dan jangan ragu untuk meminta penguji mengulang pertanyannya.

Ketika berbicara, kamu harus percaya diri, santai dan lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Kamu juga diperbolehkan untuk menggunakan berbagai idiom atau frasa dalam bahasa Inggris.

Pastikan tempo suara kamu tetap teratur saat berbicara dan jangan terlalu cepat maupun terlalu lambat.

Gunakan juga kata sambung dan struktur kalimat yang kompleks untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi