trik belajar percakapan bahasa inggris

Trik Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Ketika kamu berada di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian, akan sangat sulit untuk melakukan percakapan bahasa Inggris. Untuk itu, kamu mungkin perlu belajar bahasa Inggris percakapan agar dapat fasih berbicara dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Kamu perlu belajar percakapan dengan orang yang telah ahli dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Atau kamu bisa memanfaatkan aplikasi di ponsel pintar untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Tips Menguasai Percakapan Bahasa Inggris

Dalam berbicara bahasa Inggris, kamu perlu menyiapkan kalimat di otak dan menyampaikannya dengan baik. Namun, kamu mungkin akan salah dalam penyampaiannya. Untuk itu, belajar bahasa Inggris percakapan akan sangat perlu untuk dilakukan.

Baca Juga:
Novel Romance untuk Belajar Bahasa Inggris

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menguasai percakapan bahasa Inggris:

1. Gunakan Teknologi Favorit

Teknologi membuat hidup kita semakin mudah. Ini membuat segalanya menjadi lebih efisien, termasuk juga dalam belajar bahasa Inggris. Kamu bisa latihan banyak aspek bahasa, seperti menulis, berbicara, mendengarkan dan membaca. Semua teknologi ini bisa membantu memaksimalkan pembelajaran bahasa Inggris.

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Google. Kamu dapat menggunakan pilihan speaking Lihat apakah Google memahami apa yang kamu katakan dan memasukkan kata-kata yang benar ke dalam teks.

2. Katakan Apapun dalam Bahasa Inggris

Latih percakapan bahasa Inggris kamu dengan menjelaskan apa yang kamu lakukan. Bicaralah tentang segala sesuatu seolah-olah kamu memiliki sejuta pemirsa, yang tertarik dengan hidup kamu. Jika ada sesuatu yang sulit tentang bagian tertentu dari hari itu, bicarakan tentang bagaimana rintangan itu mudah atau sulit untuk kamu atasi, tentu dalam bahasa Inggris.

Mungkin kamu dapat memasak dan menceritakan kepada penonton apa yang sedang kamu buat dan bagaimana kamu membuatnya. Baca resepnya selangkah demi selangkah secara lantang. Saat menonton pertandingan olahraga, cobalah untuk menceritakan semua yang terjadi seperti penyiar berita yang sebenarnya.

3. Terjemahkan Kalimat Apapun

Ini dapat dilakukan kapanpun. Kamu bisa menerjemahkan kalimat apapun ke dalam bahasa Inggris. Misalnya, ketika kamu sedang mengemudi di jalan dan melihat papan reklame dengan frasa lucu di atasnya. Lihat apakah kamu dapat menerjemahkannya dan mengucapkan terjemahan bahasa Inggris kamu dengan lantang dengan pengucapan yang sangat baik.

Baca Juga:
Contoh Obrolan Bahasa Inggris Sehari Hari

Bagaimana Memulai Percakapan Bahasa Inggris?

Memulai percakapan bahasa Inggris mungkin sedikit sulit. Namun, jika kamu sering melakukannya, maka akan terbiasa dengan hal tersebut dan bisa melakukannya dengan sangat baik.

Sebagian besar percakapan dalam bahasa Inggris, dan dalam banyak bahasa di seluruh dunia, dimulai dengan salam. Dalam bahasa Inggris kamu akan menemukan salam formal dan informal yang dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Contoh kalimat pembuka atau sapaan formal dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan adalah:

  • Hello
  • Its a pleasure to meet you
  • Good morning/afternoon/evening

Sedangkan, salam pembuka informal adalah:

  • Hi
  • Hello
  • Hey
  • Yo!
  • Whats up?

Sebagian besar orang memulai percakapan bahasa Inggris dengan menanyakan kabar orang lain. Kamu bisa menggunakan kalimat hows it going?, Hi, how are you?,hows your day going? dan lainnya.

Pentingnya Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Jika cara belajar percakapan bahasa inggris yang telah kamu lakukan terbukti efektif, maka terdapat sejumlah keuntungan yang akan kamu peroleh. Pertama, pasti kamu akan mempunyai keterampilan berbicara atau bercakap-cakap.

Skill komunikasi ini sangat penting ketika kamu harus dituntut membangun relasi atau jaringan. Mendengarkan orang lain ketika sedang melakukan percakapan bukanlah hal mudah. Mendengarkan membuat kamu akan belajar menjaga kesopanan dan meningkatkan ikatan emosional. Bagi anak, skill percakapan membantu mereka memperoleh rasa percaya diri dan membangun pertemanan jangka panjang.

Terdapat sejumlah hal yang wajib kamu lakukan ketika sedang melakukan percakapan dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks ini. Pertama, kamu harus menyadari sikap atau bahasa tubuh yang tepat. Hindari posisi bersedekap karena dapat membuat siapa saja merasa tidak nyaman. Agar percakapan bisa mengalir, tanyakan hal-hal yang penting. Tindakan bertanya menunjukkan jika kamu sedang mendengarkan lawan bicara dan menunjukkan minat kamu dalam mendengarkan.

Terakhir, berbicaralah dengan pelan. Dengan cara inilah, maka kamu terdengar menjalani percakapan dengan lembut, dan membuat lawan bicara dapat memahami ucapan kamu dengan lebih mudah. Jaga pandangan mata atau eye contact bahwa kamu benar-benar mengikuti obrolan yang kamu lakukan dengan lawan bicara.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi