Apa Itu Adjective Phrase dan Contohnya

Apa Itu Adjective Phrase dan Contohnya

Frasa kata sifat atau adjective phrase, adalah frasa yang berfungsi seperti kata sifat dalam sebuah kalimat. Sebagai pembelajar bahasa Inggris, kamu pasti sudah dikenalkan dengan kata, frasa, dan klausa. Dengan mempelajari parts of speech, kamu dapat memahami fungsi kata-kata dan bagaimana perilakunya ketika digunakan di berbagai bagian kalimat.

Frasa dan klausa adalah potongan kata yang lebih besar daripada kata dan merupakan bagian integral dari sebuah kalimat. Frasa adjektiva adalah sekelompok kata yang disatukan untuk memenuhi syarat kata benda atau kata ganti yang bertindak sebagai subjek atau objek suatu kalimat.

Penjelasan tentang Adjective Phrase

Baik frasa maupun klausa diklasifikasikan ke dalam jenis yang berbeda berdasarkan perilakunya saat digunakan dalam sebuah kalimat. Di antara jenis-jenis frasa, frasa kata sifat dapat digunakan untuk memberikan informasi yang rumit tentang subjek atau objek.

Berikut adalah penjelasan tentang adjective phrase, kata sifat, artinya, definisi dan penggunaannya beserta contohnya.

Baca juga :
Perbedaan Noun Clause Dan Adjective Clause

Membentuk Adjective Phrases

Untuk mempelajari cara membentuk frasa kata sifat, kamu harus mengetahui apa saja komponen-komponen yang dapat membentuk frasa kata sifat. Frasa kata sifat dapat terdiri dari:

  • Adjectives
  • Adverbs
  • Prepositions/Prepositional phrases
  • Articles
  • Modifiers/Determiners

Berikut adalah poin-poin yang harus kamu ingat saat membentuk dan menggunakan frasa kata sifat:

  • Perhatikan bahwa frasa tersebut berperan sebagai kata sifat.
  • Menghilangkan frasa kata sifat dari sebuah kalimat tidak akan mengubah makna kalimat karena hanya diperlukan untuk memberikan informasi tambahan tentang subjek atau objek dalam kalimat tersebut.
  • Jika beberapa kata sifat digunakan untuk membentuk frasa kata sifat, pastikan mengikuti urutan kata sifat; jika tidak, kalimat tersebut akan terlihat salah dan mungkin juga mengubah makna kalimat. Hal ini juga akan menggeser prioritas yang kamu berikan pada kualitas subjek atau objek tertentu.
  • Memberi tanda baca pada kalimat yang mengandung frasa kata sifat tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengikuti tiga aturan sederhana.

Jika frasa kata sifat diposisikan di awal kalimat, gunakan koma setelah frasa tersebut. Jika frasa kata sifat muncul di tengah kalimat, pastikan kamu menambahkan koma. Untuk frasa kata sifat yang ditemukan di akhir kalimat, kamu tidak perlu menggunakan tanda baca apa pun. Sangat mungkin jika ada lebih dari satu frasa kata sifat yang menggambarkan kata benda yang sama dalam sebuah kalimat.

Baca juga:
Belajar Kata Sifat Adjektiva Dalam Bahasa Inggris

Cara Identifikasi Frasa Kata Sifat

Dalam mengidentifikasi frasa kata sifat, kamu dapat mencari kata benda atau kata ganti atau frasa kata benda dalam kalimat. Identifikasi kata sifat atau kelompok kata lain yang menggambarkan subjek/objek dalam kalimat. Cek frasa yang memberikan detail deskriptif, yang meskipun dihilangkan, membuat kalimat terlihat lengkap dan tidak mengubah maknanya.

Mengapa harus ada frasa kata sifat dalam sebuah kalimat? Padahal frasa kata sifat tidak mengubah arti kalimat meskipun dihilangkan. Frasa kata sifat memberikan informasi tambahan namun berharga tentang subjek atau objek.

Baca Juga :
Belajar Penggunaan Rumus Adjective Phrase

Perbedaan Antara Frasa dan Klausa Kata Sifat

Satu hal lain yang akan membantu kamu menguasai penggunaan apa itu frasa adjective adalah mengetahui apa yang membuat frasa kata sifat berbeda dari klausa kata sifat.

Frasa Kata SifatKlausa Kata Sifat
Frasa kata sifat adalah sekelompok kata (terdiri dari kata sifat dan salah satu komponen yang telah dibahas) yang memenuhi syarat kata benda atau kata ganti dalam sebuah kalimat.

Frasa kata sifat harus mengandung setidaknya satu kata sifat.

Contoh:The girl, from Russia, has been chosen as our Brand Ambassador.
Klausa kata sifat adalah kumpulan kata yang lebih besar (terdiri dari kata ganti relatif dan bentuk kata kerja) yang mendeskripsikan kata benda atau kata ganti dalam sebuah kalimat.

Klausa kata sifat tidak selalu memerlukan kata sifat.

Contoh:The girl, who is from Russia, has been chosen as the Brand Ambassador of our new product.

Frasa kata sifat menyediakan sarana untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam mendeskripsikan dan memberikan detail tentang kata benda. Frasa ini akan membantu membuat deskripsi yang lebih jelas dan bernuansa.

Memasukkan frasa kata sifat dalam tulisan menambah kedalaman dan kekayaan bahasa. Kamu dapat melukiskan gambaran yang lebih detail, membuat tulisan lebih menarik dan ekspresif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.